Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tempat Wisata di Subang yang Akan Membuat Sobat Oldtravian Merem Melek Karena Keindahannya

7 Wisata Subang
Wisata Subang

Oldtravian.com - Subang, nama ini pasti sudah tidak asing lagi bukan di telinga Sobat Oldtravian. Ya, Subang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Memiliki luas eilayah sekitar 1.894 kilometer persegi, Subang memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan beberapa kabupaten lain yang ada di Jawa Barat. Salah satu keistimewaannya terletak dari segi pariwisatanya yang lengkap dan beragam. Maulai dari Subang Utara yang kaya akan wisata pesisir pantainya, Subang Tengah dengan daratan yang memiliki ragam wisata hiburan, hingga wisata pegunungan yang berjajar di Subang Selatan. Dengan bervariasinya pariwisata yang dimiliki Subang, menjadikan kabupaten yang satu ini bisa dibilang menonjol diantara kabupaten lain. Bahkan ada beberapa tempat wisata yang menjadi favorite dan selalu diburu oleh para wisatawan yang datang ke Subang. Penasaran mau tahu wisata apa saja yang banyak dicari tersebut? Yuk mari kita menjelajahi Tanah Pasundan bersama.

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Tangkuban Perahu

Masih di wilayah Subang bagian Selatan, tak jauh dari Pemandian Aiar Panas Sari Ater terdapat sebuah tempat wisata paling ternama yang ada di Subang. Sebuah gunung yang telah menjadi genda di Jawa Barat.Ya, Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu tempat yang paling diburu karena memiliki sebuah mitos turun temurun yang masih dipercayai hingga saat ini. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa Barat, Gunung Tangkuban Perahu terbentuk dari sebuah perahu yang ditendang oleh Sangkuriang. Cerita tersebut bermula dari pada jaman dahulu ada sebuah anak remaja bernama Sangkuriang yang mencintai ibunya sendiri. Untuk menolak anaknya yang mencintai ibunya yang bernama Dayang Sumbi, ia memberikan syarat kepasa Sangkuriang agar membuat danau dengan membendung sungai dan sebuah perahu. Namun karena batas waktu yang disepakati perahu tidak bisa diselesaikan oleh Sangkuriang dan akhirnya Sangkuriang murka dan menendang perahu itu, maka jadilah Gunung Tangkuban Parahu yang hingga kini berdiri kokoh. Entah benar atau tidak yang pasti jika Sobat Oldtravian sedang berada di Subang, maka wajib hukumnya untuk berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu ini, sebuah gunung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Utara. Tak hanya cerita asal usulnya saja yang menarik, namun panorama yang akan Sobat Oldtravian dapatakan juga tak kalah menakjubkan.

2. Curug Cileat

Curug Cileat
Curug Cileat

Curug. Ya, wisata alam yang satu ini memang tidak bisa dipisahkan dari Jawa Barat. Di Kabupaten Subang sendiri terdapat banyak curug dengan keistimewaannya masing masing. Salah satu yang paling terkenal bernama Curug Cileat. Curug Cileat sendiri merupakan curug tertinggi di kawasan Kabupaten Subang yang lokasinya berada di Kecamatan Cisalah, Subang, Jawa Barat. Selain memiliki ketinggian nomer satu, panorama pemandangan yang akan Sobat Oldtravian dapatkan juga tak kalah indah. Mulai dari perjalanan hingga sampai ke lokasi utama Sobat Oldtravian akan disuguhi panorama hijaunya alam. Melewati hutan dan persawahan adalah patualangan yang harus Sobat Oldtravian lewati. Namun tenang, rasa lelah tersebut tak akan pernah menjadi beban, mengingat selama di perjalanan Sobat Oldtravian akan dimanjakan dengan alam yang bersahabat. Apalagi jika jalannya ditemani sang pujaan hati (hehe).

3. Wisata Air Panas Ciater

Wisata Air Panas Ciater
Wisata Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Sari Ater merupakan salah satu wisata alam yang bisa Sobat Oldtravian kunjungi di Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat. Tempat wisata yang satu ini bukan sekedar hanya tempat wisata biasa alam biasa, hal ini karena Pemandian Air Panas Sari Ater sudah sejak lama dikenal hingga ke macanegara. Selain banyak dikunjungi oleh warga lokal dari berbagai daerah di Indonesia, ternyata wisata air panas ini juga sangat digandrungi oleh wisatawan dari berbagai belahan negara, terutama dari Timur Tengah. Jika akhir pekan datang, sudah dipastikan wisata alam yang satu ini akan banyak dikerumuni oleh bule bule asal luar ngeri, apalagi bule Timur Tengah yang selalu mendominasi jumlahnya. Wisata alam yang satu ini buka hingga malam hari. Dan memang tempat paling rekomended adalah di malam hari, dimana udara Subang yang dingin dingin sejuk akan terasa hangat ketika Sobat Oldtravian berendam di Pemandian Air Panas Sari Ater ini. Apalagi sembari mencicipi minuman tradisinal khas Jawa Barat yakni Bajigur atau juga Bandrek. Hmmmm dijamin pasti akan menjadi liburan yang menyenangkan.

4. Penangkaran Buaya

Penangkaran Buaya
Penangkaran Buaya

Untuk yang satu ini mungkin kedengarannya masih membuat ngeri, yakni Wisata Buaya. Tepatnya berada di wilayah Kecamatan Blanakan, Subang, Jawa Barat terdapat sebuah tempat penangkara buaya yang sudah cukup lama terkenal. Bernama Pengangkaran Buaya Blanakan. Wisata menantang yang satu ini bisa menjadi referensi berlibur Sobat Oldtravian yang bosan dengan tempat yang itu itu saja. Di Penangkaran Buaya Blanakan ini Sobat Oldtravian bisa melihat lihat banyak buaya hidup yang dikembangbiakkan. Mulai dari memberi makan, menyaksikan mereka bertelur, hingga melihat anak anak buaya yang masih sangat kecil kecil. Selain itu Sobat Oldtravian juga bisa berinteraksi dengan buaya buaya secara langsung. Tak perlu khawatir, karena di Penangkaran Buaya Blanakan ini sebagian besar buayanya sudah jinak. Dan tentu saja ada pengawas sekaligus pawangnya pula.

5. Pantai Kelapa Patimban Pusakanegara

Pantai Kelapa Patimban Pusakanegara
Pantai Kelapa Patimban Pusakanegara

Beranjak ke wilayah Subang bagian Utara yang menyimpan keindahan wisata pesisir pantainya yang aduhai. Di kawasan Utara Subang ini memang banyak sekali terdapat pantai panati seperti yang menawan, seperti Pantai Pondok Bali, Cirewang dan lain sebagainya. Namun ada sebuah pantai yang bisa dibilang paling favorite di Subang. Pantai tersebut bernama Pantai Kelapa Patimban Pusakanegara atau masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan Pantai Kelapa kelapa. Hal ini mungkin berkaitan karena banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di sekitar bibir pantai. Berada di Pantai Kelapa Patimban Pusakanegara ini, Sobat Oldtravian akan disuguhi panorama keindahan pantai lengkap dengan deburan obak Pantai Utara yang berbatasan langsung dengan Indramayu. Birunya air lanut yang kernih, putihnya pasir serta angin sepoi sepoi khas pesisir dijamin akan membuat Sobat Oldtravian betah berlama lama di Pantai Kelapa kelapa.

6. Capolaga Adventure Camp

Capolaga Adventure Camp
Capolaga Adventure Camp

Dari Subang bagian Selatan, maka Sobat Oldtravian bisa turun sedikit menuju ke Subang bagian Utara. Di Tepatnya berada di Kecamatan Sagalaherang, Subang, Jawa Barat terdapat sebuah tempat wisata antimainstream berbeda dengan yang lain. Benama Capolaga Adventure Camp, adalah sebuah tempat wisata yang wajib banget dikunjungi bagi Sobat Oldtravian yang sangat menggilai kegiatan camping. Bermalam di Capolaga Adventure Camp akan menjadikan liburan Sobat Oldtravian spesial. Dimana di sini Sobat Oldtravian akan bermalam dengan menggunakan tenda yang kemudian diiringi suara aliran sungai dan curug secara alami yang memang berada disekitar areal camping tersebut. Camping rame rame bersama para sahabat akan menjadikan kenangan manis tak terlupakan hingga kelak Sobat Oldtravian menjadi kakek nenek.

7. Wisata Wangunharja

Wisata Wangunharja merupakan salah satu tempat dimana Sobat Oldtravian bisa me-refreshingkan pikiran yang sedang suntuk. Wangunharja sendiri sebenarnya adalah nama dari sebuah Desa yang berada di Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat. Semenjak dinobatkan sebagai desa wisata oleh pemerintah, Desa Wangunharja semakin hari kian ramai dikunjungi para wisatawan penikmat pariwisata. Sebenarnya, di kawasan Subang ada banyak desa wisata lainnya, namun Wisata Wangunharja merupakan yang paling bagus dan ramai. Hal ini karena di desa ini terdapat sebuah keistimewaan yakni adanya sebuah perkampungan bernama Kampung Bancey yang masih menjaga adat leluhur mereka hingga di era modern seperti saat ini. Berkunjung ke Wisata Wangunharja, Sobat Oldtravian bisa berwisata sekaligus belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan.

Gimana seru seru kan tempat wisata di Subang? Sekarang Sobat Oldtravian sudah tak ragu lagi dong pasti untuk menjadikan Subang sebagai destinasi liburan berikutnya. Jangan khawatir selain beberapa tempat wisata di atas, Subang masih menyimpan sejuta tempat wisata yang aduhai lainnya. Untuk itu Sobat Oldtravian wajib eksplore Subang. Selamat berlibur.