Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tempat Berpanorama Memukau yang Hanya Bisa Sobat Oldtravian Temukan di Pulau Timor

6 Tempat Berpanorama Memukau yang Hanya Bisa Sobat Oldtravian Temukan di Pulau Timor
6 Tempat Berpanorama Memukau yang Hanya Bisa Sobat Oldtravian Temukan di Pulau Timor

Oldtravian.com - Berbicara soal keindahan yang di miliki Indonesia tak akan pernah ada batasnya. Negara kepulauan ini seolah tak pernah habis untuk dijelaji. Sambung menyambung antar satu pulau dengan pulau yang lainnya menciptakan kilauan tersendiri dari lintasan garis Khatulistiwa. Sejak dahulu Indonesia pun sudah tersohor memiliki potensi pariwisata yang kaya raya. Salah satu tempat yang menyimpan kekayaan potensi tersebut adalah Pulau Timor yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain terkenal akan keindahan alamnya, yang membanggakan dari Pulau Timor adalah sejak zaman dahulu, pulau yang satu ini telah harum masyhur dikenal luas sebagai nusa cendana di perdagangan internasional. Hebat banget kan? Eits, tapi Sobat Oldtravian uda pada tahu belum dimana letak Pulau Timor?

Pulau Timor Nusa Tenggara Timur

Pulau Timor adalah salah satu wilayah di Indonesia bagian selatan yang menyimpan kejutan mengagumkan. Di pulau yang menjadi lokasi kota Kupang, ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Timur ini berdiri, memang dikenal memiliki cuaca yang panas. Namun siapa yang menyangka bahwa keras dan keringnya Pulau Timor ternyata menyimpan jutaan pesona kekayaan alam yang menakjubkan. Pantai berpasir putih dengan perairan yang jernih, hutan yang unik nan menarik, serta kehidupan suku suku Timor yang hingga detik ini masih menjaga tradisi makin memperkaya Pulau Timor. Dan kali ini tim Dolandolen akan membahas tentang tempat tempat menakjubkan yang bisa Sobat Oldtravian jelajahi di Pulau Timor. Penasaran apa aja tempatnya?

Walau menyandang status pulau paling selatan Indonesia, namun tak terlalu sulit mencapainya. Percaya deh!
Meskipun lokasi dari Pulau Timor ini berada di beranda selatan Indonesia, yang berhadapan dengan Benua Australia, namun Pulau Timor tidaklah susah untuk dikunjungi. Setiap hari banyak penerbangan langsung maupun tidak langsung dari Jakarta, Surabaya dan Bali. Dengan aksesnya yang mudah, tampaknya Pulau Timor bisa menjadi destinasi petualangan Sobat Oldtravian selanjutnya. Selain itu, masyarakatnya yang ramah juga menjadi daya tarik pulau yang terkenal dengan cuacanya yang tak kering ini. Hanya saja yang agak susah adalah transportasi lokal di Pulau Timor. Disini Sobat Oldtravian perlu rajin rajin bertanya tentang jadwal angkutan umum. Atau yang paling nyaman dan gampang adalah Sobat Oldtravian bisa menyewa mobil atau motor sendiri. Giman, Sobat Oldtravian suda Siap siap packing dan angkat ransel?

Masyarakat Pulau Timor siap menyambut Sobat Oldtravian dengan keramahannya yang bersahabat
Memang benar bahwa Pulau Timor masih masuk ke dalam wilayah Indonesia, namun yang unik adalah Pulau Timor mempesona yang satu ini ditempati tak cuma oleh Indonesia saja lho. Namun, juga oleh Timor Leste, si mantan provinsi ke-27 Indonesia yang kini sudah berdiri menjadi negara sendiri. Iya, mantan (ups. Maaf ya mblo, hehe). Masyarakat Timor juga terkenal dengan keramahannya yang bersahabat. Saking ramahnya, bahkan hingga muncul ungkapan ”walau tampang kami ganas, tapi hati kami lembut”. Ungkapan tersebut memang pas untuk menggambarkan keramahan masyarakat yang terlihat ‘garang’ dari luar. Dengan begitu, Sobat Oldtravian tak perlu khawatir untuk menyanjung keindahan Pulau Timor dengan sepenuh jiwa. Berikut ini beberapa tempat wisata di Pulau Timor yang memiliki panomara menakjubkan:

1. Pantai Tablolong

Pantai Tablolong
Pantai Tablolong

Pulau Timor adalah satu dari sekian banyak pulau pulau yang ada di Indonesia yang mendapat anugerah dari Sang Kuasa berupa ragam pesisir pantai yang aduhai cantiknya. Salah satu buktinya adalah Sobat Oldtravian bisa berkunjung ke Pantai Tablolong yang berada sekitar 30 km dari pusat kota Kupang. Keistimewaan dari Pantai Tablolong ini ialah keindahan berupa pasir putih yang lembut dengan perairan tenang nan jernih yang bisa Sobat Oldtravian nikmati sepanjang waktu. Di pantai ini, Sobat Oldtravian bisa bermain air sepuasnya, menikmati terumbu karang pesisir atau sekedar mendinginkan badan dengan panorama yang menawan. Panorama di seberang pantai juga elok karena diwarnai oleh Pantai Semau dan Pantai Kambing yang mengisi ruang cakrawala. Sesekali keberadaan nelayan berlalu lalang yang membuat obyek makin sedap untuk difoto. Jangan lupa, temani kunjungan Sobat Oldtravian di Pantai Tablolong dengan suguhan air kelapa yang menyegarkan.

2. Pantai Kolbano

Pantai Kolbano
Pantai Kolbano

Pantai Kolbano merupakan sebuah wisata alam pesisir yang berbeda dengan kebanyakan pada umumnya. “Sesuatu yang indah tak gampang didapat”, ungkapan tersebut sepertinya pas untuk menggambarkan Pantai Kolbano. Hal ini karena lokasi dari pantai yang satu ini memang menyepi di pesisir selatan Pulau Timor yang tak gampang dijangkau. Sekitar 130 km dari Kupang yang ditempuh 3-5 jam perjalan. Namun, perjalanan ke Kolbano tak akan sia sia. Sobat Oldtravian akan menjumpai pantai langka nan rupawan yang dihampari oleh batuan kerikil berwarna warni. Ada merah, hijau, kuning, hitam, bahkan batu yang bercorak pun ada. Unik kan? Kerikil ini begitu cantik berharmoni dengan perairan Laut Timor yang gemerlap hijau toska. Keistimewaan Pantai Kolbano lainnya adalah Sobat Oldtravian bisa menikmati sunset dan sunrise dengan panorama memukai yang mengesankan.

3. Jalan Pantai di Timor Leste

Jalan Pantai di Timor Leste
Jalan Pantai di Timor Leste

Jika Kupang berada bagian ujung selatan pulau, maka Atambua ada di tengah Pulau Timor yang dibelah sebagai garis perbatasan antara RI dengan Timor Leste. Berada di Pulau Timor, salah satu destinasi yang wajib Dolaner kunjungi adalah kawasan Atambua. Untuk bisa sampai perbatasan dua negara ini, Sobat Oldtravian bisa melakukan perjalanan overland yang seru sejauh 274 km. Setiba di Atambua, Sobat Oldtravian masih harus berkendara 20 km untuk menuju Pos Perbatasan. Nah, asyiknya sepanjang perjalanan menuju perbatasan Sobat Oldtravian akan dihibur oleh pantai elok yang berpasir putih. Meski sekedar tengara perbatasan dengan bangunan imigrasi, Sobat Oldtravian tak akan merasa mati gaya di pos perbatasan ini. Disini, Sobat Oldtravian bisa hunting foto bersama para sahabat dan wisatawan lain. Yang lebih serunya lagi, Sobat Oldtravian bisa melintas sejenak garis perbatasan untuk masuk ke wilayah Timor Leste tanpa perlu visa. Lokasi pos perbatasan ini juga berada di tepi pantai yang lumayan asyik untuk dinikmati saat senja tiba.

4. Fatumnasi Pulau Timor

Fatumnasi Pulau Timor
Fatumnasi Pulau Timor

Sobat Oldtravian ingin melihat negeri dongeng? Lonely Planet memberikan kesan pada Fatumnasi sebagai spectacular alpine scenery. Bayangan Sobat Oldtravian akan tertuju pada panorama ala dataran tinggi di Eropa. Nah, buktikanlah di Fatumnasi yang terletak di lereng Gunung Mutis (2.427 m dpal), gunung tertinggi di Pulau Timor. Hamparan padang rumput yang melapisi bukit bukit dengan ternak yang bermain gembira menjadi panorama yang menyejukkan jiwa kepada siapa pun yang melihatnya. Uniknya, di Fatumnasi terdapat Hutan Eucalyptus yang sanggup melemparkan Sobat Oldtravian pada perjalanan bak di negeri dongeng. Amazing! Panorama yang tersaji sangat jauh dari gambaran Pulau Timor selama ini yang dikenal kering. Uda fix lah disini tempat hunting foto paling kerensssss! Oh ya, jangan lupa, temuilah masyarakatnya juga untuk tahu kearifan lokal dan eksotika tradisinya yang diwariskan turun temurun.

5. Suku Boti Pulau Timor

Suku Boti Pulau Timor
Suku Boti Pulau Timor

Pulau Timor memiliki khasanah budaya yang menarik untuk diselami. Salah satu masyarakat yang teguh menjaga tradisi dan memiliki perangkat budaya yang unik adalah masyarakat Boti. Tak gampang untuk menuju ke kampung Boti di Timor Tengah Selatan. Namun lelah diperjalanan, akan terbayar ketika Sobat Oldtravian begitu menginjakkan kaki di tujuan utama. Sobat Oldtravian disambut oleh pengalaman yang sangat mengesankan. Begitu masuk, Sobat Oldtravian akan berjumpa dengan lelaki Boti yang semuanya memiliki rambut digulung. Para perempuannya tampak di sudut sudut rumah begitu cermat menenun. Istimewanya lagi, setiap yang datang akan dijamu di Istana Raja Boti. Wah, uda kayak kaum bangsawan kan Sobat Oldtravian? Di Boti, Sobat Oldtravian juga bisa mendapatkan kisah nyata kehidupan luhur suatu masyarakat yang berharmoni dengan alam. Para tetuah akan dengan senang hati menceritakan kisahnya. Nuansa penjaga tradisi suku Atoni ini sanggup melemparkanmu pada kehidupan yang jauh dari hiruk pikuk media sosial. Tak ada sinyal di kawasan Boti, yang ada hanya keseruan yang tak berujung.

6. Pasar Kampung Solor 

Pasar Kampung Solor
Pasar Kampung Solor 

Dianugerahi hasil laut yang kaya di perairan sekitar Timor, Pulau Timor sekan menjadi surga hasil laut yang menggoda. Nah, bagi Sobat Oldtravian yang sedang berada di pulau menawan satu ini, tak ada salahnya Sobat Oldtravian menikmati kuliner serba laut di Kupang. Yang paling jadi favorit adalah di Pasar Kampung Solor, Pulau Timor. Aneka ikan dan hasil laut lainnya disuguhkan secara masih segar. Pilih saja kakap merah, kerapu, baronang, dusun, kue, bulat dan berbagai jenis ikan lainnya yang siap untuk disantap dengan dibakar, digoreng, atau dijadikan kuah asam, makanan khas Kupang. Jadi, sambil memesrai suasana Kupang yang tenang, manjakan lidah Sobat Oldtravian dan kenyangkan perut dengan suguhan seafood. Pasar Kampung Solor yang terletak di Jalan Siliwangi, Kupang ini buka setiap hari sejak pukul 5 sore hingga tengah malam. Harganya pun sangat bersahabat dan kualitas seafoodnya juga masih sangat segar. Bagaimana kapan berkunjung ke Pulau Timor?