Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tempat Wisata Wow di Sumenep ini Tak Kalah Dengan yang Dimiliki Pulau Bali

5 Tempat Wisata Wow di Sumenep ini Tak Kalah Dengan yang Dimiliki Pulau Bali
5 Tempat Wisata Wow di Sumenep ini Tak Kalah Dengan yang Dimiliki Pulau Bali

Oldtravian.com - Sebagai negara kepulauan, Indonesia tak pernah kehabisan tempat tempat indah untuk berlibur. Mulai dari kota paling barat Indonesia hingga paling timur memiliki keanekaragaman tempat yang tak bisa dianggap remeh keindahannya. Bercerita tentang pulau-pulau cantik, pastilah yang terbersit di fikiran Sobat Oldtravian yakni Pulau Lombok, Kepulauan Seribu, Pulau Bunaken, Pulau Derawan, ataupun pulau-pulau yang sudah tersohor lainnya. Namun ternyata tak hanya itu itu saja pulau yang menyimpan kemolekan luar biasa. Di Sumenep yang berada di Pulau Madura, menyimpan banyak tempat yang tak kalah indahnya dengan yang dimiliki pulau pulau terkenal lainnya di Indonesia. Apa saja wisata menarik yang dimiliki Sumenep? Mari mengulas keistimewaan yang di miliki Jawa Timur dengan seksama.

1. Hadiah dari ujung timur Madura, Pulau Kangean

Hadiah dari ujung timur Madura, Pulau Kangean
Hadiah dari ujung timur Madura, Pulau Kangean

Hamparan pasir pantai bertekstur sangat lembut dengan warna putih berkilau yang terkena matahari, bak butiran permata adalah gambaran nyata dari Pulau Kangean, Sumenep. Air lautnya yang sangat jernih dengan pemandangan koral beragam, mulai dari koral lembut maupun keras, bahkan yang berbentuk sponge pun semua ada di perairan Pulau Kangean di Sumenep ini. Di pinggir pantai terdapat sebuah kolam kecil sebagai penampungan air. Bak kecil ini biasa digunakan oleh warga sekitar untuk kegiatan mencuci. Memandang jauh ke ujung batas antara laut dan langit menyesapi udara yang sejuk sungguh kegiatan yang bisa mendatangkan kesenangan tak ternilai. Karena ombak yang dimiliki di tempat wisata ini cukup besar sehingga Sobat Oldtravian bisa menggunakannya sebagai kegiatan surfing. Selain surfing, diving dan snorkeling juga masih menjadi kegiatan favorite di Pulau Kangean Sumenep.

2. Pulau Mamburit yang menyimpan beragam suku namun tetap rukun

Pulau Mamburit yang menyimpan beragam suku namun tetap rukun


Pulau Mamburit merupakan salah satu pulau unik di area Sumenep yang memiliki keistimewaan yang tak bisa Sobat Oldtravian temukan di tempat lain. Uniknya, Sobat Oldtravian tak perlu ke Kalimantan untuk bertemu Suku Dayak, tak perlu pula berkunjung ke Sulawesi untuk mengenal dekat dengan Suku Bugis. Karena di pulau ini mereka hidup secara rukun antara Suku Madura, Jawa, Bugis, dan Dayak yang masih memegang tradisi. Pulau cantik di Sumenep ini tergolong sebuah pulau yang cukuo sepi, selain namanya masih belum se harum pulau lain, Pulau Mamburit hanya ditinggali 47 kepala keluarga saja. Menikmati keindahan yang dihadirkan Pulau Mamburit Sumenep ini rasanya tak cukup jika hanya sehari saja. Sempatkanlah Sobat Oldtravian untuk bermalam disini. Banyak kegiatan mengasyikkan yang bisa Sobat Oldtravian lakukan, seperti menyepi di pinggir pantai sambil menatap senja dengan background kapal-kapal besar, rona merah menyemburat dari ufuk barat begitu indah. Atau berkeliling pulau dengan sewa perahu, pun bisa berjalan melihat ikan-ikan di keramba nelayan. Sambil menunggu sunset, Sobat Oldtravian bisa turut melakukan kebiasaan warga sekitar yakni camilan sukun goreng khas Mamburit dan segelas kopi panas menjadi bisa menjadi pelengkapmu menatap matahari tenggelam di tepian Pulau Mamburit Sumenep.

3. Padang Lamun, pemandangan menakjubkan hadiah dari Pulau Sapudi

Padang Lamun, pemandangan menakjubkan hadiah dari Pulau Sapudi

Pulau Sapudi merupakan sebuah wilayah yang masuk dalam kawasan Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sebuah pulau yang masih belum begitu terdengar ini menyimpan kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang cantik, keberadaan hutan mangrove yang sejuk, dan padang lamun terhampar luas di tepi peraian laut dangkal. Padang lamun ini terlihat menyerupai tanaman rumput laut, namun ini berasal dari 6 flora berbeda. Tak hanya wisata alamnya saja yang kaya, di Pulau Sapudi Sumenep ini juga menyimpan wisata religi yang semakin melengkapi liburanmu di Jawa Timur. Gimana udah gak sabar kan berlibur ke pulau anti-mainstream Sapudi?

4. Tak hanya cantik fisik, Pulau Sapeken juga menjadi lumbung ikan menjanjikan

Tak hanya cantik fisik, Pulau Sapeken juga menjadi lumbung ikan menjanjikan


Pulau Sapeken, sebuah pulau yang termasuk dalam wialayah Sumenep, Madura ini memiliki keistimewaan seperti pulau pulau indah lainnya yang ada di sebelah timur Indonesia. Keunikan lain yang tersimpan dari Pulau Sapeken adalah pulau wisata ini tidak hanya terkenal akan pantai nan elok untuk bermain ataupun tentang aneka flora dan fauna bawah laut yang membuat orang-orang merasa memiliki aquarium priadi. Pulau ini juga berpotensi sebagai lumbung ikan oleh para nelayan. Pelabuhan cukup besar membuat pemandangan lain dari pantai ini. Sepanjang pulau ini, Sobat Oldtravian juga akan diajak untuk menikmati wisata hutan mangrove yang sejuk. Selain untuk memepercantik pemandangan, pepohonan ini juga sangat berguna untuk ekosistem di masa depan.

5. Gili Labak, surga bawah laut di Pulau Garam yang menyilaukan mata penikmatnya

Gili Labak, surga bawah laut di Pulau Garam yang menyilaukan mata penikmatnya

Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang namanya sedang diperbincangkan oleh para Sobat Oldtravian. Tentu saja karena keindahan yang sangat menawan, tak jarang banyak Sobat Oldtravian yang penasaran ingin menginjakkan kaki disini. Pulau ini memang tidak sebesar Raja Ampat ataupun Maratua, namun Gili Labak bisa menjadi rekomendasi kunjungan Sobat Oldtravian ketika ke Sumenep. Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Gili Labak, Sobat Oldtravian akan merasakannya seperti mimpi. Seperti tempat tempat dinegeri dongeng yang memiliki keindahan yang tak bisa digambarkan dengan kata kata. Gili Labak seakan menjadi surga nyata bagi Sobat Oldtravian yang masih hidup di dunia. Hamparan pasir putih lengkap dengan riak riak ombak seolah melambai lambai mengajak bercengkrama. Ditambah lagi panoraman keindahan bawah lautnya yang aduhai. Rimbunan terumbu karang yang menjadi tempat bermain petak umpet bagi ikan laut yang berwarna warni menjadi salah satu kecantikan yang dihadirkan oleh Gili Labak, Sumenep. Ketenangan airnya memjadikan Sobat Oldtravian pecinta snorkeling dan diving akan dimanjakan di pualu kecil di Sumenep ini.