Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Wisata Sumber Air Terhits di Malang

Wisata Sumber Air Terhits di Malang
Wisata Sumber Air Terhits di Malang

Oldtravian.com - Malang memang sebuah kota dimana menyimpan sejuta keindahan yang tak bisa didefinisikan dengan kata kata biasa. Di kelilingi pegunungan membuat kota ini menjadi kota sejuk nan indah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kota Malang menyimpan ragam pariwisata yang berlimpah. Mulai dari wisata budaya, alam, modern, sejarah hingga wisata belajar semua ada di sini. Banyak para Anda yang menancapkan nama Malang sebagai kota tujuan berlibur, namun kebanyakan dari mereka hanya berwisata ke tempat tempat yang memang sudah terekspose. Padahal disamping itu, Kota Malang masih menyimpan banyak sekali wisata yang belum terjamah tangan tangan manusia, sehingga menjadikannya masih sangat alami dan asri, seperti spot spot wisata berikut yang akan membuat Anda terkagum kagum.

1. Sumber Maron

Sumber Maron,Sumber Mata Air Maron
Sumber Mata Air Maron

Sumber Mata Air Maron merupakan sebuah pemandian yang terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Meski berada di tengah tengah pemukiman pendduduk, namun Sumber Maron merupakaan mata air alami yang sangat menawan. Udaranya yang segar membuat setiap Anda yang datang ke kawasan wisata Sumber Maron ini dijamin akan merasa betah dan puas berlama lama disini. Selain itu, Anda bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dengan bermain-main di kolam sumbernya. Aliran sumber airnya pun mengalir cukup deras dari bawah pepohonan dan membentuk kolam-kolam alami yang sangat jernih. 

Begitu jernihnya air hingga terlihat bebatuan yang berada di dasar pemandian. Yang menjadikan Sumber Maron semakin unik, air dari Sumber Maron juga membentuk air terjun kecil, sehingga Anda bisa bermain-main di jeramnya. Air terjun yang biasa disebut Grojogan Sewu oleh penduduk sekitar ini tidak begitu tinggi.

2. Sumber Jenon

Sumber Jenon,Sumber Mata Air Jenon
Sumber Mata Air Jenon

Nama Sumber Mata Air Jenon mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Pemandian Sumber Jenon sendiri berada di kawasan Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Mata Air Sumber Jenon ini sangat jernih, dilengkapi dengan pemandangan desa yang asri, serta warna airnya yang hijau kebiruan menjadikan daya tarik tersendiri obyek wisata ini. Ditambah lagi dengan kondisi alamnya yang masih sangat asri dan alami. Sumber airnya sendiri berasal dari pegunungan di kaki Gunung Ronggo. 

Begitu jernihnya hingga Anda bisa melihat dasar sumber yang cukup dalam dan juga ikan-ikan yang lalu lalang di dalamnya. Yang menjadikan Sumber Jenon semakin unik adalah adanya fosil akar pohon raksasa yang berada di dasar sumber dan saking beningnya air, akar tersebut bisa terlihat dari permukaan.

3. Sumber Mata Air Taman Gondanglegi

Sumber Mata Air Taman Gondanglegi
Sumber Mata Air Taman Gondanglegi

Sumber Air Taman atau yang biasa di sebut dengan Wisata Sumber Taman merupakan sebuah destinasi wisata baru yang ada di kota Malang. Terletak di anatar dua desa yakni Desa Karangsuko dan Desa Brongkal, keduanya masih dalam satu wilayah kabupaten Malang. Ketika pertama kali datang ke Pemandian Sumber Taman ini Anda akan disambut dengan keindahan dan keasrian rerimbunan pepohonan yang konon berusia ratusan tahun. Banyaknya pepohonan yang ada di sekitar area pemandian membuat suasana terasa sejuk dan menyenangkan karena terhindar dari teriknya matahari. Sumber mata airnya berasal dari dua batang pohon besar yang mengalirkan air yang melimpah. Jernihnya air membuat Anda bisa melihat dasar pemandian dengan sangat jelas. Area pemandian Sumber Taman sendiri cukup luas dengan kedalaman sekitar 1 – 1,5 meter dan luas sekitar 30 meter persegi. Selain sebagai tempat wisata, Sumber Mata Air Taman juga sering dijadikan tempat perkemahan maupun outbound.

4. Sumber Mata Air Sirah Gondanglegi

Sumber Mata Air Sirah Gondanglegi
Sumber Mata Air Sirah Gondanglegi

Sumber Mata Air Sirah atau yang lebih hits dengan sebutan Sumber Sirah merupakan sebuah objek wisata alam yang kini sedang naik daun dan digandrungi kamu anak hits kekinian kota Malang. Sumber Sirah sendiri merupakan wisata pemandian air tawar yang sangat jernih dan masih alami. Terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Sumber Mata Air Sirah menawarkan surga bawah air yang indah. Hamparan tanaman air yang hijau nan eksotis seolah akan menyapa setiap Anda yang mencelupkan dirinya ke dalam pemandian sumber ini. 

Bagi Anda yang belum bisa berenang, tak perlu ceman karena di pemandian Sumber Sirah ini telah disediakan penyewaan pelampung. Sumber Sirah tak hanya memiliki pemandangan air yang indah, tetapi disana Anda juga bisa menikmati pemandangan di sekitar yang juga tak kalah indah dan masih sangat alami. Udara yang segar dan sejuk juga akan membuat Anda merasa betah berlama lama disana.

5. Sumber Pitu Tumpang

Sumber Pitu Tumpang
Sumber Pitu Tumpang

Air Terjun Sumber Pitu merupakan salah satu air tejun menawan yang ada di kawasan Malang Raya atau lebih tepatnya berada di Desa Duwetkrajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Air di sumber pitu ini berasal dari mata air yang muncul dari tujuh titik yang hampir berdekatan. Yang menjadikannya unik, mata air ini berada di tebing dan air yang keluar dari tanah langsung menyembur sebagai air terjun yang jumlahnya sangat banyak. 

Debit sumber air di Sumber Pitu mencapai 1.600 L/detik. Mengingat banyaknya sumber dan debit air yang keluar tersebut, kemungkinan mata air ini adalah sebuah sungai di bawah tanah. Perpaduan antara keindahan, kedamaian, tantangan, serta panorama yang ada di Sumber Pitu sungguh memikat stiap Anda yang datang. Tujuh buah air terjun dengan tinggi mencapai 70 meter yang berada di tengah hutan menjadikan Air Terjun Sumber Pitu ini mempunyai keistimewaan tersendiri.

6. Sumber Mata Air Krabyakan

Sumber Mata Air Krabyakan

Terletak di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, wisata pemandian Sumber Air Krabyakan merupakan sebuah mata air alami. Karena keindahan alamnya yang tidak tak bisa dianggap sepele, Sumber Krabyakan menjadi perbincangan di kalangan para Anda akhir akhir ini. Keunikan dan daya tarik dari Sumber Krabyakan ini terletak pada sumber mata airnya yang dibentuk seperti kolam dan tersusun dari batu kali yang ditata melingkar di tepi kolam. Paduan kolam alami dan pemandangan sekitar yang masih terjaga dijamin memanjakan mata Anda. Suara gemericik air sungai pun menambah kesejukan yang ditawarkan obyek wisata ini. 

Tak hanya itu, mata air yang mengalir deras di sejumlah anak sungai juga bisa dijadikan tempat bermain air yang nyaman dan menyenangkan. Di Sumber Krabyakan ini, Anda akan menikmati lengkap dengan pemandangan sawah dan bukit yang menghijau serta udara yang masih segar. Kealamian panorama yang sangat jarang ditemukan ini bisa menjadi pelepas penat para Anda yang datang.

Demikianlah artikel kali ini tentang 6 wisata sumber air terhits di malang, semoga dapat menambah wawasan wisata yang ada di indonesia khususnya kota malang.