Dapatkan Pemberitahuan Terbaru Dari Oldtravian.com dengan FOLLOW Google NEWS

10 Wisata di Pulau Bintan kepulauan Riau

10 Wisata di Pulau Bintan kepulauan Riau
10 Wisata di Pulau Bintan kepulauan Riau

Oldtravian.com - Riau merupakan salah satu wilayah dari Indonesia yang terletak di sebelah barat. Sebuah kota cantik yang satu ini menyimpan kekayaan dan keaneka ragaman potensi wisata yang tak bisa dianggap sepele. Salah satu wilayah yang paling terkenal di Riau adalah Pulau Bintan. Di tempat yang satu ini Anda bisa menenangkan fikiran yang sedang kacau karena masalah hidup ataupun perkerjaan. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di Pulau Bintan. Jika suatu saat Anda memiliki kesampatan untuk menginjakkan kaki di pulau cantik ini, Anda harus memulai petualangan dengan melakukan hal hal menyenangkan berikut. Apa saja itu?

1. Hutan Mangrove Pulau Bintan

Hutan Mangrove Pulau Bintan
Hutan Mangrove Pulau Bintan

Menyusuri sungai yang hijau dan berkelok diantara pemandangan mangrove di kanan kiri membuat otak terasa tenang. Suara air menambah ritme segar yang menuju ke alam bawah sadar. Selain mangrove yang bisa Anda lihat, beberapa hewan seperti monyet, burung, ular juga akan Anda temukan, mereka akan sesekali muncul dari dedaunan lebatnya hutan mangrove. Untuk bisa mengelilingi hutan mangrove Pulau Bintan ini, Anda hanya perlu menyewa kapal boat, sang supir akan mengantarkan berkeliling menyusuri hutan mangrove dengan melewati sungai berkelok berwarna hijau akibat lumut. Berada disini Anda akan dibuat seolah sedang berada di hutan amazone.

2. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat

Pulau Penyengat merupakan saksi dari kejayaan Kesultanana Johor. Di sini terdapat sebuah bangunan yang sangat megah. Bernama Masjid Raya Sultan Riau, saking megahnya masjid ini dibutuhkan waktu hingga 40 tahun salam pembangunannya di zaman dahulu. Masjid Raya Sultan Riau memiliki keunikan yang tidaka akan bisa Anda temukan di tempat lain. Salah satu keunikan itu adalah dinding masjid yang terbuat dari perekat putih telur. Namun jangan salah meski salah satu bahan bangunannya perekat putih telur namun bangunan masjid ini sama sekali tak berbau amis sedikit pun. Kemegahan masjid yang berwarna kuning dan hijau ini sudah dapat Anda lihat dari kejauhan ketika masih berada di perahu sebelum mendekati Pulau Penyengat ini.

3.Kite Surfing Bintan

Kite Surfing Bintan
Kite Surfing Bintan

Selain hanya duduk memilihat dan menikmati keindahan panorama pantai yang ada di Pulau Bintan, Anda juga bisa menikmatinya dengan melkaukan kegiatan lain. Salah satu kegiatan favorite yang sering dilakukan di pulau cantik ini adalah olah raga surfing. Karena lokasi Pulau Bintan yang memiliki angin dan ombak yang cukup besar, terutaman di akhir tahun, maka tak heran jika banyak penggemar surfing yang berbondong bondong mengunjungi Pulau Bintan. Bahkan di pulau ini juga sering diselenggarakan berbagai event surfing Internasional. Sementara bagi Anda yang belum bisa surfing, Anda juga bisa menikmati alam bawah laut Pulau Bintan dengan cara menyelam, yakni diving atau snorkeling. Salah satu spot yang menarik adalah di Kepulauan Anambas yang ada di Laut Cina Selatan, di tempat ini menghadirkan kehidupan bawah laut yang masih sangat alami.

4. Pantai Trikora

Pantai Trikora
Pantai Trikora

Pantai Trikora adalah salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di Pulau Bintan. Pantai ini terletak di pesisir timur dari pulau cantik itu. Merupakan pantai dengan garis panjang di pesisir timur Pulau Bintan. Berjemur di pinggir pantai sembari memandang ke laut lepas dan berandai andai tentang kisah kehidupan yang seperti diimpikan, apalai dengan menikmati sepoi-sepoi angin pantai adalah hal yang sangat menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Pantai Trikora ini. Atau Anda bisa juga menyewa pondok pondok kecil yang ada di sekitar Pantai Trikora ini untuk berteduh dari matahari. Saat air laut sedang pasang dan diterpa matahari, akan terlihat beling beling pasir di tengah laut yang seperti kristal. Pantai Trikora juga memiliki keunikan tersendiri dimana terdapat banyak batu batu granit yang berwarna cantik yang semakin menambah eksotis pantai ini.

5. Pantai Lagoi

Pantai Lagoi
Pantai Lagoi

Pantai Logai merupakan sebuah pantai yang terletak di kawasan Pulau Bintan. Banyak orang yang menyebut Pantai Lagoi sebagai miniatur dari negara Singapura. Uniknya meski terletak di Pulau Bintan namun untuk berkunjung ke Pantai Logai ini Anda harus membayar dengan menggunakan mata uang dollar. Dan yang istimewa Pantai Logai memiliki kemiripan dengan pantai pantai yang ada di Pulau Bali. Ragam fasilitas nomer satu yang tersedia di Pantai Logai juga hampir sama dengan yang dimiliki di pantai pantai terkenal di Pulau Bali. Seperti contohnya fasilitas diskotik, private spa, lapangan golf, dan resort resort dengan beragam kelas. Pemandangan alam yang indah juga akan semakin menambah Anda betah berlama lama di Pantai Logai, Batu batu granit seperti yang ada di Pantai Trikora juga turut menghiasi pasir pantainya yang putih. Oh ya, Pantai Logai juga berhadapan langsung dengan Singapura dan Malaysia loh. Jadi dari sini Anda bisa melihat dua negara tersebut di seberang.

6. Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara
Vihara Avalokitesvara

Pulau Bintan adalah salah satu tempat di Inodesia dimana memiliki penduduk keturunana Tionghoa berbanyak. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah bangunan kompleks vihara yang diyakini menjadi vihara terbesar yang ada di Asia Tenggara. Vihara tersebut bernama Vihara Avalokitesvara. Saat memasuki bangunan vihara Anda akan disambut oleh belasan patung budha yang berdiri di samping kanan dan kiri. Yang menjadi Vihara Avalokitesvara ini istimewa adalah adanya patung Dewi Kuan Yin, yang diletakkan di dalam ruangan dengan berat mencapai 40 ton dan berlapis emas 22 karat. Tak hanya itu saja, Vihara Avalokitesvara ini juga memiliki bagunan yang megah dengan taman indah yang biasa digunakan untuk pengambilan foto prewedding.

7. Bintan Lagoon Resort

Bintan Lagoon Resort
Bintan Lagoon Resort

Selain pantai pantai yang indah, Pulau Bintan juga memiliki sebuah waduk yang bisa dibilang cukup besar. Ukurannya mencapai 14,7 km. Inilah waduk terbesar di Pulau Bintan yang mampu menampung berjuta-juta meter kubik air. Bahkan, air-air ini sanggup menenggelamkan satu desa beserta isinya. Fungsi utaman dari waduk ini adalah untuk memasok kebutuhan air minum. Pengelola begitu serius untuk memaksimalkan wisata Pulau Bintan ini. Salah satu buktinya adalah waduk terbesar ini tidak dibiarkan begitu saja tanpa daya guna lain. Selain fungsi utamanya, Pengelola setempat menggunakan waduk tersebut untuk wisata memancing, olahraga mendayung, atau bermain kayak. Tak hanya bisa berwisata di waduk saja, ketika Anda menginapa di Bontan Resort, Anda juga bisa mengunjungi habitat rusa dan bercengkarama dan bermain bersama mereka. Dijamin liburan Anda akan semakin mengesankan dan melekat dalam ingatan.

8. Desa Sri Bintan

Desa Sri Bintan
Desa Sri Bintan

Berlibur ke Pulau Bintan jangan lewatkan untuk mengunjuni desa-desa yang ada di kawasan ini. Hal ini karena desa desa di Pulau Bintan memiliki keunikannya masing-masing yang akan membuat Anda ingin menelisik lebih dalam lagi. Masyarakat Pulau Bintan sebagian besar masih berbudaya Melayu. Oleh karena itu kebanyakan dari mereka memiliki tradisi gemar menyanyi. Hampir disetiap acara masyarakat, menyanyi menjadi agenda wajib. Desa Sri Bintang, adalah salah satu andalan desa wisata yang ada di pulau ini. Disini Anda bisa melihat masyarakat yang membuat kerajinan tangan berbahan dasar pandan. Tak hanya itu saja, di Desa Sri Bintang Anda juga bisa berwisata di perkebunaan karet. Di Sri Bintan, Anda juga bisa menikmati trekking Gunung Sri Bintan yang hanya memiliki ketinggian 2000 mdpl. Trekking ini jauh lebih santai karena gunung ini lebih mirip seperti bukit wisata.

9. Desa Nelayan Tradisional

Desa Nelayan Tradisional
Desa Nelayan Tradisional

Selain Desa Sri Bintan, Desa Nelayan Tradisional adalah salah satu tempat yang wajib untuk Anda kunjungi ketika sedang berada di Pulau Bintan. Sepeti namanya, Desa Nelayan Tradisional, di wilayah ini memang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Dahulu sebelum mereka menetap di rumah panggung berdinding dan berlantai kayu dan terletak di pinggir-pinggir pantai yang oleh masyarakat setempat disebut dengan rumah bedeng, mereka tinggal di atas perahu. Makan, minum, tidur, dan segala aktivitas sehari hari juga dilakukan di atas perahu. Mengunjungi desa yang penduduknya sangat ramah ini, Anda dijamin akan menemukan hal hal baru tentang pengalaman hidup maupun pengetahuan.

10. Laguna Bintan Golf Club

Laguna Bintan Golf Club
Laguna Bintan Golf Club

Di Pulau Bintan telah banyak tersedia penginapan berupa resort resort mewah. Salah satunya di Bintan Resort yang menyediakan fasilitas lapangan golf. Menginap di resort-resort di Pulau Bintan, sayang sekali jika melewatkan untuk bermain golf. Laguna Bintan Golf Club namanya, adalah salah satu fasilitas yang perlu Anda coba ketika sedang berada disini. Pulau Bintang memang terkenal sebagai surganya penikmat golf, terutama di mancanegara. Hal ini karena selain meang harga paket bermain golf disini cukup terjangkau. Anda juga alan mendapat bonus ditemani dengan pemandangan keindahan Pulau Bintan sebagai pulau tropis. Bermain golf sambil menikmati pemandangan pantai langsung, sungguh menjadi pengalaman tak terlupakan dalam hidup. Tak jarang Anda dari dari Ibu kota Jakarta atau bahkan Singapura yang datang ke Pulau Bintan untuk berlibur dan berelaksasi sejenak dari rutinitas pekerjaan.

Demikianlah artikel kali ini tentang 10 Wisata di Pulau Bintan kepulauan Riau, semoga dapat menambah wawasan wisata di indonesia, khususnya dikepulauan riau.
Oldtravian.com Merupakan Situs Informasi Seputar Wisata dan Traveling.

Post a Comment