Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Tempat Kuliner Terpopuler di Kota Medan

15 Tempat Kuliner Terpopuler di Kota Medan
15 Tempat Kuliner Terpopuler di Kota Medan

Oldtravian.com - Medan merupakan salah satu kota yang sangat populer. Ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara ini bisa dikatakan sebagai pintu gerbang pariwisata dari sisi barat Indonesia. Keragaman budayanya yang khas menjadikan Medan selalu dilirik oleh para wisatawan mancanegara. Seperti Danau Toba beserta Pulau Samosirnya yang selalu membuat jatuh cinta bagi setiap yang melihatnya. Tak hanya itu, aneka kuliner yang dimiliki tanah Batak inipun turut menjadi daya tarik tersendiri. Mau tahu apa aja kuliner yang dimiliki Medan? Simak penjelasan berikut ini ya.

1. Merdeka Walk

Merdeka Walk
Merdeka Walk

Anda termasuk yang meyukai kuliner malam? Nah pas banget dong sama kuliner yang mau kita bahas kali ini. Merdeka Walk merupakan kawasan yang pas bagi Anda pecinta kuliner terutama kuliner malam. Merdeka Walk sendiri sebenarnya merupakan areal hiburan malam sekaligus tempat berkumpulnya para pedagang kulier yang ada di Medan. Hal ini yang menjadikan Merdeka Walk disebut sbut sebagai tempat kuliner terbesar loh! Bagaimana tidak, terdapat lebih dari 30 outlet yang ada di Merdeka Walk ini serta ratusan menu menggoda yang siap menggoyang lidah Anda seperti lontong sayur, soto daging, steak, sushi sampai dengan sop buntut serta aneka jajanan semua ada. Dan menariknya lagi, di Merdeka Walk juga sering dijadikan lokasi berbagai kegiatan seru anak muda seperti lomba band, lomba dance dan juga nonton bareng pertandingan bola.

2. Kedai Durian Ucok

Kedai Durian Ucok
Kedai Durian Ucok

Kota Medan memang tak bisa lepas dari buah durian. Durian Medan terkenal dengan daging buahnya yang begitu legit. Nah salah satu tempat penjual durian yang sangat terkenal akan cita rasanya adalah Kedai Durian Ucok. Jika dahulu Kedai Durian Ucok berlokasi di Jalan Iskandar Muda, maka kini telah beralih tempat ke Jalan Wahid Hasyim, Medan. Saking ramainya Kedai Durian Uck, setiap harinya Bang Ucok atau yang biasa disapa Zainal Abidin, si pemilik kedai mampu menjual 6.000 hingga buah durian dalam semalam saja. Yang unik, Kedai Durian Ucok ini tak pernah kehabisan stok buah durian. Buah Durian tersebut di dapat dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Dan satu lagi, Anda bisa menukarkan buah durian yang telah dibeli jika rasanya tidak sesuai dengan keinginan.

3. Restoran Tip Top

Restoran Tip Top
Restoran Tip Top

Tip Top Restorant merupakan salah satu tempat makan di kota Medan yang sangat terkenal. Restoran Tip Top bisa dikatakan sebagai restoran legendari. Hal ini karena keberadaanya yang sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka alis pada zaman penjajahan Belanda. Awalnya restoran ini berlokasi di Jaln Pandu, dengan nama awal Restoran Jangkie, yang merupakan nama asli dari sang pemilik. Namun pada tahun 1934 restoran ini berpindah ke Jalan Kesawan dan namanya pun ikut berganti menjadi Restoran Tip Top hingga saat ini. 

Restoran Tip Top masih mempertahankan nuansa kha tempoe doeloenya hingga sekarang. Bangunannya yang berarsitektur khas Belanda serta nuansa di dalamnya yang terkesan beratmosfir Eropa semakin menjadikan Anda betah berlama lama di sini. Untuk soal menu makanan, Restoran Tip Top menghadirkan aneka menu hidangan mulai dari Nusantara hingga Internasional. Dan yang menjadi menu andalan di Tip Top Resto ini adalah aneka menu roti dan juga ice creamnya. Konon resep ice cream yang digunakan merupakan resep dari sejak awal Restoran Tip Top ini berdiri dan tidak berubah sedikitpun dari generasi ke generasi.

4. Rumah Makan Tabona 

Rumah Makan Tabona
Rumah Makan Tabona 

Rumah Makan Tabona adalah satu tempat makan yang menyajikan menu hidangan rumahan. Beragam menu ena dan lezat dihadirkan di sisni, seperti bihun kari, kari ayam, kari daging kambing sampai dengan kari daging sapi dan lain lain. Karena kelezatan cita rasanya tersebut, Rumah Makan Tabona tak pernah sepi dikunjungi para pelanggan setianya apalagi ketika waktu makan siang sudah tiba, dijamin bakal diserbu para pemburu kuliner. Apalagi lokasinya yang berada dekat dengan pusat pertokoan dan perkantoran di Jalan Mangkubumi, Medan. Rumah Makan Tabona ini buka setiap hari sejak pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

5. Pasar Malam Jalan Semarang

Pasar Malam Jalan Semarang
Pasar Malam Jalan Semarang

Jalan Semarang merupakan salah satu kawasan di kota Medan yang memiliki dua fungsi yang berbeda. Jika di siang hari dijadikan sentra penjualan onderdil kendaraan di Medan. Namun pada malam harinya, kawasan sepanjang 200 meter ini disulap menjadi sebuah pasar malam dan tempat wisata kuliner favorit di Medan. Terletak di kawasan pecinan kota Medan, tempat kuliner yang satu ini telah populer sejak tahun 1960 lalu sebagai salah satu pusat hiburan yang ada di kota Medan. Ada berbagai menu pilihan yang bisa Anda cicipi di sini. Mulai dari makanan berat hingga aneka janana semua dijual di kawasa Jalan Semarang ini. Salah satu menu favorite yang ada di sini adalah nasi bebek Hainan. Bagaimana penasaran ingin mencoba? Silahkan saja datang langsung pada jam 6 sore hingga 1 dini hari.

6. Kesawan Square 

Kesawan Square
Kesawan Square 

Hampir sama hal nya dengan kawasan Jalan Semarang, di Kesawan Square ini juga tergolong sebagai kawasan kulinernya kota Medan yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Ada beragam makanan yang tersedia di Kesawan Square ini, mulai dari yang halal sampai dengan yang non halal. Bagi Anda yang mencari makanan halal, tidak perlu khawatir kerana disini sudah dibedakan. Tempat makan yang menyajikan menu halal menggunakan kursi warna biru beserta beberapa atribut lainnya, sedangkan untuk non halal, menggunakan atribut berwarna merah. Jadi aman kan? tidak perlu kuatir salah tempat makan. Berada di Kesawan Square yang ada di sepanjang 800 meter ini, Anda seakan dibawa ke masa lalu. Disini Anda akan menikmati kuliner lezat dengan ditemanai ragam bangunan tua peninggalan masa penjajahan dan pastinya bisa menjadi pengalaman menarik. Hal tersebut karena memang Kesawan Square berada di kawasan kota lama atau lebih tepatnya di Jalan Ahmad Yani.

7. Roti Cane & Martabak Perniagaan

Roti Cane & Martabak Perniagaan
Roti Cane & Martabak Perniagaan

Ketika malam tiba biasanya kuliner yang dipilih adalah yang tidak terlalu berat, terutama para kaum wanita yang tentu saja takut gendut. Nah buat kamu yang lagi gak pengen makan nasi, mungkin pilihan kuliner yang satu ini cocok. Berlokasi di kawasan Jalan Perniagaan, terdapat dua pilihan street food yang bisa Anda pilih. Keduanya menyajikan menu yang hampir serupa, yakni roti tisu yang ditaburi coklat & keju, roti cane dengan kuah kari, martabak telor dan aneka terang bulan (martabak manis). Setiap harinya kawasan kuliner yang satu ini selalu ramai diserbu para penikmatnya terutama kaum anak muda yang suka jajan malam malam.

8. Kedai Kopi Apek

Kedai Kopi Apek
Kedai Kopi Apek

Anda termasuk pecinta minuman kopi? Wah, berarti wajib nih datang ke tempat ngopi yang satu ini. Bernama Kedai Kopi Apek, tempat ngopi yang satu ini bisa dikatakan kedai kopi tertua di Medan. Bagaimana tidak? Kedai Kopi Apek ini telah ada sejak tahun 1922 lalu dan hingga saat ini masih tetap berjaya. Hal tersebut bukan tanpa sebab, ini karena racikan kopinya masih sama tidak ada yang berubah dari dulu hingga sekarang. 

Kedai Kopi Apek telah berdiri sejak tahun 1922 dan hingga sekarang cita rasa kopinya tidak berubah. Konon katanya, kunci kenikmatan kopi di sini ada pada pemilihan kopi terbaik, pengaturan suhu air sampai dengan teknik mengaduk yang harus dilakukan secara tepat. Adapun menu favorit di kedai kopi ini yaitu Kopi O yang merupakan kopi hitam tanpa gula. Sebagai teman menikmati secangkir kopi, Anda juga bisa memesan menu lain seperti roti bakar, roti kukus, martabak telur atau bisa juga nasi soto. Jadi tunggu apa lagi? Silahkan Anda mampir ke Jalan Hindu No. 37, Medan.

9. Soto Kesawan Enak Tenan

Soto Kesawan Enak Tenan
Soto Kesawan Enak Tenan

Soto Kesawan merupakan salah satu tempat makan yang menyediakan menu kuliner soto. Namun soto disini sangatlah unik karena dalam sajiannya menggunakan udang. Sesuatu yang pastinya jarang Anda temukan di hidangan soto soto lain. Udang yang dipakai adalah udang gala yang ukurannya relatif besar. Ditempat ini udang digoreng terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah soto. Meski menu andalan di Warung Kesawan ini adalah soto udang, tetapi tempat wisata kuliner ini juga masih menyediakan menu soto lain seperti soto daging ayam dan sapi sebagai pilihannya. Ada juga menu unik yakni soto campur yang merupakan campuran dari soto udang dengan soto daging sapi atau ayam. Jika ingin mencoba, silahakan datang langsung ke kawasan kota lama yang berada di Jalan Ahmad Yani No. 116, Medan.

10. Soto Sinar Pagi

Soto Sinar Pagi
Soto Sinar Pagi

Bagi Anda yang hobby makan soto, Anda juga bisa loh menikmati sajian berkuah kuning yang satu ini di kota Medan. Rumah Makan Sinar Pagi merupakan salah satu tempat makan yang menghadirkan menu hidangan soto sebagai primadonanya. Soto di RM Sinar Pagi ini terkenal memiliki cita rasa yang lezat dengan kuah santan kental dan kaya rempah. Sajikan sotonya terdiri dari potongan daging sapi, perkedel, rempeyek dan sambal kecap. Bila Anda kurang menyukai soto bersantan, Anda bisa memesan soto ayam yang tidak kalah nikmatnya. Berlokasi di Jalan Sei Deli, Medan, rumah makan yang satu ini buka setiap harinya sejak pukul 7 pagi hingga 4 sore. Sangat cocok kan untuk menu sarapan pagi?

11. Mie Ayam Jamur Kumango

Mie Ayam Jamur Kumango
Mie Ayam Jamur Kumango

Mie memang kuliner yang hampir semua orang gemar menyantapnya. Nah di kawasan Jalan Mangkubumi, Medan ini ada sebuah tempat makan sajian si kriting panjang ini bernama Mie Ayam Jamur Kumango. Tempat makan mie yang satu ini berbeda dengan yang lain. Cita rasa yang dihadirkan sanagt lezat dan membuat ketagihan. Mienya yang tipis dan kenyal dipadukan dengan irisan daging ayam dan jamur serta beberapa taburan tauge, sawi dan bawang goreng bisa membuat Anda tak berhenti mengunyah saking lezatnya. Bahkan tak jarang ada yang menikmati hingga dua porsi sekaligus. Menikmati Mie Ayam Jamur Kumango ini terasa belum lengkap jika tidak ditemani dengan secangkir kopi susu tradisinal yang dijamin akan menambah nikmat santapan kuliner Anda.

12. Kuliner Pagaruyung

Kuliner Pagaruyung
Kuliner Pagaruyung

Ingin menikmati kuliner khas India? Tak perlu jauh jauh pergi ke negara asalnya, di kota Medan juga ada loh! Sesuai dengan namanya, kawasan Kuliner Pagaruyung ini berada di Jalan Pagaruyung daerah Kampung Madras, tidak jauh dari Jalan Zainul Arifin, Medan. Jalanan ini akan dipadati para penjual kuliner sejak pukul 6 petang hingga lewat tenagh malam. Yang membuat kawasan kuliner Pagaruyung sangat populer adalah banyaknya pedagang yang menawarkan masakan khas India dan Nusantara dengan cita rasa kelezatan yang telah diakui sampai ke luar kota Medan. Kebanyakan menu-menu India yang ditawarkan disini adalah seperti martabak India, roti cane, atau nasi briani. Ada juga minumannya yang khas yaitu teh tarik. Yang unik, selain bisa menikmati menu makanannya, Anda juga bisa melihat proses pembuatannya.

13. Bihun Bebek Asie

Bihun Bebek Asie

Bihun Bbebk Asie merupakan salah satu kuliner yang sudah ada sejak zaman lalu di kota Medan. Dikelola dari generasi ke generasi oleh keturunan sang pemilik, rumah makan yang satu bercita rasa khas yang kelezatannya sangat terasa hingga kunyahan terakhir. Dijamin sekali mencoba, Anda langsung ketagihan dengan rasanya yang nendang banget. Hal ini dikarenakan sang pemiliknya Om Asie mengolah kaldu bebeknya sampai kental dan super enak rasanya. Cita rasa asin gurih yang dihadirkan sangat pas di mulut. Suwiran bebeknya pun sangat banyak hingga menutupi mangkuk bihunnya.

14. Sate Padang Al-Fresco

Sate Padang Al-Fresco
Sate Padang Al-Fresco

Meski bernama sate padang, namun kuliner yang satu ini juga ada loh di kota Medan. Bahkan Sate Padang Al-Fresco merupakan salah satu kuliner wajib yang tak boleh dilewatkan ketika sedang berada di kota Medan. Sate Pedang Al-Fresco ini dihidangkan bersama dengan taburan keripik singkong pedas. Campuran rasa gurih, pedas dan suara kriuk-kriuknya membuat selera makan Anda dijamin semakin bertambah. Buka setiap hari sejak pukul 7 hingga 12 malam, Kedai Sate Padang Al-Fresco ini berada di Jalan Perniagaan (Pajak Ikan) dan selalu ramai diburu penikmatnya setiap hari.

15. Pancake Durian Nelayan

Pancake Durian Nelayan
Pancake Durian Nelayan

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kota Medan terkenal akan buah duriannya yang manis legit. Nah kali ini kita bukan berbincang soal buah durian melainkan variasi olahan dari buah durian, bernama pancake. Pancake Durian kini salah satu menjadi snack yang wajib dicicipi jika berkunjung ke kota Medan. Salah satu pancake durian yang cukup terkenal adalah Pancake Nelayan. Pancake Durian Nelayan memang berbeda dengan yang lain, rasanya lebih legit dan tentu saja lezat.

Demikianlah informasi tentang 15 Tempat Kuliner Terpopuler di Kota Medan, semoga ddapat menambah wawasam tentang kuliner indonesia khususnya di kota medan.