Dapatkan Pemberitahuan Terbaru Dari Oldtravian.com dengan FOLLOW Google NEWS

10 Tempat Horor di Yogyakarta

10 Tempat Horor di Yogyakarta
10 Tempat Horor di Yogyakarta
Tempat Horor di Yogyakarta

Oldtravian.com - Yogyakarta, kota indah yang satu ini menyimpan sejuta cerita di setiap sudutnya. Yogyakarta, begitu sering disapa seakan selalu membuat setiap orang yang menggunjunginya merasa kecanduan untuk selalu kembali menikmati kota ini. Berada di kota Gudeg ini, dijamin Anda akan menemukan cerita dan pengalaman baru, entah pengalaman hidup atau percintaan yang manis. Banyak cerita romantis saat Anda dan pasangan berlibur ke Yogyakarta, ada cerita pahit saat Anda membeli barang tanpa menawar terlebih dahulu, juga tak ketinggalan rasa asam saat ternyata rencanamu untuk berjalan jalan sore di Malioboro harus terhalang oleh datangnya hujan yang tba tiba. Nah, kali ini kita bakal membahas sesuatu yang akan membuat bulu kuduk meringing. Ya, cerita cerita horor di berbagai tempat yang ada di Yogyakarta. Mau tau dimana aja tempatnya dan bagaimana kisah horornya? Simak yang berkut ini ya.

1. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg menjadi salah satu tempat wisata yang favorite untuk dikunjungi ketika sedang berada di Yogyakarta. Namun siapa yang menyangka jika benteng yang dahulunya merupakan tempat pertahanan Belanda ini selain menyimpan kekayaan sejarah, juga menyimpan cerita horor di dalamnya. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, bahka ketika malam tiba sering terlihat penampakan berupa noni Belanda yang berkaki kuda. Tak hanya itu, ada juga yang menyebut pernah melihat hantu perempuan. 

Dan yang lebih seram ada sebuah cerita mengatakan bahwa pernah mendengar suara pasuka tentara yang sedang berlatih, dimana setelah dilihat ternyata tanpa kepala. Tak berhenti di situ saja, kisah mistis lainnya terjadi pada tahun 1988 saat Pasar Bringharjo sedang mengalamai renovasi ada sebuah kejadian menggemparkan dimana terdengar teriakan yang sangar kencang dari dalam benteng ini. Setelah diusut, ternyata suara tersebut dikabarkan adalah suara teriakan dari arwah yang menjadi tawanan pada zaman Belanda dahulu. Bagimana penasaran ingin menguji nyali Anda? Silahkan saja buktikan sendiri.

2. Gereja Sayidan

Gereja Sayidan
Gereja Sayidan

Gereja Sayidan merupakan sebuah bangunan yang terletak di kawasan Gondomanan yang sudah ada sejak zaman dahulu. Bangunana gereja ini memiliki arsitektur khas gothic dengan salib salin di bagian menara dan patung Yesus yang tengah menunjuk ke arah Keraton, Yogyakarta. Menurut penuturan warga sekitar, Gereja Sayidan ini dahulu adalah milik warga keturunan Tionghoa. Baru melewati bagian luar gereja saja, sudah bisa dipastikan bulu kuduk Anda akan berdiri, aura horor sangat kental terasa. Apalagi begitu memasuki areal dalam gereja, atmosfir mistis akan semakin Anda alami. 

Menurut seseorang yang pernah masuk dan menjelajahi areal Gereja Sayidan ini, begitu masuk satu langkah dari pintu beliau sudah merasakan merinding yang tiada hentinya, banyak terdapat lorong lorong panjang yang kotor, pengap, dan becek, altar yang luas dan lantai yang sudah tak terawat, bahkan ditemukan pula sebuah ruang rahasia bawah tanah. Gereja Sayidan ini juga dipenuhi tulisan tulisan berbahasa Belanda. Bagian dalam gereja yang kosong semakin menambah kesan horor yang dimiliki sebuah bangunan tua ini.

3. Plaza Ambarrukmo

Plaza Ambarrukmo
Plaza Ambarrukmo

Plaza Ambarukmo, siapa yang tak kenal mall yang satu ini? Ambarukno Plaza dan Hotel Ambarukmo merupakan dua gedung yang bersebelahan. Jauh sebelum dibangun seperti sekarang, dahulu lahan tersebut bekas Pesanggrahan Ambarukmo Yogyakarta. Pesanggrahan ini dahulunya berupakan tempat suci yang sering dijadikan sebagai tempat berziarah dan dikeramatkan. Karena dibangun di atas lahan keramat inilah tak heran jika Plaza Ambarukmo memiliki beragam kisah yang membuat bulu kuduk merinding. 

Konon menurut cerita, ada seorang petugan kebersihan yang pernah melihat penampakan hantu di atas toilet lantai 1. Kehororan tak hanya berhenti sampai disitu, pada tahun 2010 di basement pernaha ada kejadihan penampakan yang membuat kehebohan. Lalu di area parkir lantai 1 pernah ditemukan seseorang yang meninggal dalam mobil yang sedang diparkir disana. Semenjak kejadian tersebut, areal parkir ini ditutup hingga saat ini.

4. Cinema XXI Jogja 

Cinema XXI Jogja
Cinema XXI Jogja 

Pasti Anda bakal ketawa kalo ada yang bilang di bioskop itu serem, ya kan? Pasti kamu bakal jawab, ya jelaslah serem, orang kamu lagi nonton film horor. Kecuali kalo kamu lagi nonton film Romeo and Juliet baru deh tuh bioskop bakal jadi romantis serasa ada love dimana mana. Eitss, tapi tunggu dulu. Saat Anda tahu cerita yang sebenarnya, jawaban Anda pasti akan berubah. Cerita itu berawal dari, dahulu sebelum bioskop XXI dibangun, terdapat bioskop Regent yang terlebih dulu ada di tempat yang sama. Namun suatu ketika terjadi kebakaran hebat hingga mengakibatkan 15 nyawa melayang seketika. Dan kemudian dibangunlah Bioskop XXI tersebut, semenjak itu banyak cerita soal keangkeran tempat ini bermunculan. 

Mulai dari terciumnya bau busuk dan daging gosong ketika di tengah tengah pemutaran film hingga suhu ruangan yang tiba tiba menjadi panas. Bahkan yang lebih ekstrim lagi, pernah dikabarakan ada 4 orang penonton yang kebetulan sedang midnight. Mereka bersaksi bahwa saat itu suasana ramai dengan kursi penonton penuh semua. Bahkan mereka juga sempat ngobrol dengan penonton lain tersebut. Namun begitu film selesai, mereka tersadar bahwa ternyata tak ada satu penonton pun selain mereka berempat. Lalu siapa orang orang yang ada tadi? Hiiii… serem banget.

5. Bundaran Fakultas Teknik UGM

Bundaran Fakultas Teknik UGM
Bundaran Fakultas Teknik UGM

Anda yang masih atau pernah menjadi anak kampus UGM pasti sudah tisak asing lagi dengan tempat yang satu ini. Bundaran Fakultas Teknik UGM, memang bukan sekedang bundaran jalan yang ramai. Ya, mungkin memang jika pagi atau siang hari nampaknya biasa biasa saja. Namun keadaan akan berubah ketika malam hari. Sebuah legenda horor menceritakan bahwa bagi siapa saja yang melewati bundaran teknik UGM tersebut, maka jangan sekali kali menyanyikan lagu Gugur Bunga, apalagi jika tengah malam dan sendirian pula. 

Konon katanya, jika Anda melanggar maka akan ada sesosok menyeramkan yang mengikuti dan ikut menyanyikan lagu tersebut bersama dengan Anda. Gimana masih berani jalan sendirian malem malem sambil nyanyi Gugur Bunga di bundaran teknik UGM? Kalo aku sih mending nyanyi lagu yang lain, alamat palsu misalnya (hehehe).

6. Villa Taman Eden Kaliurang

Villa Taman Eden Kaliurang
Villa Taman Eden Kaliurang

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan cerita horor yang memiliki setiing latar belakang tempat berupa villa bukan? Ya, cerita ini umum digambarkan di beberapa kisah film horor. Nah, di kawasan Jalan Kaliurang Yogyakarta, terdapat sebuah villa dimana konon menyimpan cerita horor yang nyata pernah terjadi. Berawal pada tahun 2008, saat sebuah rombongan pelajar SMP dari Jakarta yang bermalam dan menginap di sebuah villa yang berada di Jalan Kaliurang ini. 

Ada sebuah kejadian janggal yang terjadi pada mereka, dimana ketika memasuki salah satu ruangan kamar tiba tiba setingan dari dan tanggak di handphone mereka berganti menjadi 12 September 1977. Seketika mereka sontak kaget dan tak percaya. Dan anehnya begitu keluar dari ruangan tersebut, setingan waktu dan tanggal di handphone mereka kembali normal. Cerita horor tak berhenti hanya disitu. Ketika salah seorang siswa mengambil foto temannya yang sedang berpose, hasil foto yang ada adalah sosok yang sudah tua. Bisa bayangin gak Anda sedang ada di situasi seperti itu? Hiii…. serem banget kan!

7. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran

Ketinggian Gunung Nglanggeran yang hanya 700 mdpl sering dijadikan tempat pendakian para pecinta alam. Gunung Api Purba di Yogyakarta ini bisa dibilang salah satu gunung dengan cerita mistisnya yang selalu terngiang ngiang di telinga. Cerita tersebut bermula dari dimana ada 2 orang pendaki yang tengah melakukan pendakian. Karena ketinggiannya yang hanya 700 mdpl, mereka yakin jika bisa sampai di puncak hanya dalam satu malam pendakian. Namun ketika baru setengah jalan, entah kenapa langkah mereka menjadi terasa berat. 

Dan kemudian mereka memilih untuk beristirahat terlebih dahulu. Kemudian dari kejauhan terlihat sosok wanita penjual jamu yang melambaikan tangannya kepada kedua pendaki tersebut. Saat mereka ingin memastikan, tiba tiba sosok tersebut menghilang. Seketika, tanpa berfikir panjang kedua pendaki tersebut lari menuju kebawah tanpa menoleh kebelakang sekalipun. Gimana percaya dengan cerita ini, atau ingin membuktikan sendiri?

8. Jembatan Fakultas Pertanian UGM

Jembatan Fakultas Pertanian UGM
Jembatan Fakultas Pertanian UGM

Lagi lagi Universitas Gajahmada, tak hanya terkenal karena prestasinya melainkan juga karena cerita mistisnya. Salah satu spot horor yang ada di UGM ini adalah jembatan angker yang menghubungkan laboratorium diagnostik Fakultas Kedokteran Hewan dengan Fakultas Pertanian. Terletak di sebelah utara Lembah UGM, jembatan ini konon menyimpan kisah mistis yang hingga kini masih dipercayai oleh mahasiswa UGM. Konon cerita tersebut bermula ketika di malam hari, Anda melewati jembatan ini, maka Anda akan melihat sosok wanita yang dipercaya bernama Rohana berjalan di atas jembatan.

Setelah beberapa saat terlihat berjalan, tiba tiba sosok tersebut akan terlihat melompat dari atas jembatan. Yang membuat bulu kuduk berdiri adalah, begitu Anda melihat ke bawah, Anda tak akan menemukan apapa. Bahkan tak ada darah setetes sekalipun. Lalu tang tadi melompat itu siapa ya?

9. Hantu Sisca Student Center UNY

Hantu Sisca Student Center UNY
Hantu Sisca Student Center UNY

Universitas Negeri Yogyakarta atau yang biasa disebut dengan UNY merupakan salah satu kampus tertua yang ada di Yogyakarta. Telah ada sejak tahun 1964, UNY juga menyimpan cerita mistis yang telah ada sejak lama. Sosok wanita cantik dikabarkan sering menampakkan diri di kawasan Student Center UNY ini. Salah satu cerita mengatakan bahwa, ada satu waktu dimana beberapa mahasiswa UNY berniat untuk mengembalikan alat alat yang telah digunakan dalam suatau kegiatan kampus. Seperti biasa, alat alat tersebut harus disimpan dan dikembalika di tempat asalanya yakni ruang gedung Student Center. Setelah semua alat telah selesai dimasukkan, para mahasiwa berniat untuk mengunci kembali pintu Student Center. 

Saat pintu telah mereka kunci, tiba-tiba muncul sesosok wanita dari balik kaca jendela gedung tersebut. Dia tampak memanggil-manggil meminta untuk mendekat. Dan ketika pintu Student Center kembali dibuka, sosok wanita tersebut menghilang seketika. Hingga kini cerita horor ini selalu terdengar turun temurun di kalangan mahasiswa UNY. Hantu tersebut sering disebut sebagai Sisca si penghuni Student Center.

10. Ayunan Puncak Becici

Ayunan Puncak Becici
Ayunan Puncak Becici

Kawasan Puncak Becici memang menjadi salah satu tempat wisata favorite bagi para Anda. Puncak Becici memiliki spot yang istimewa dimana Anda bisa menikmati pemandangan seluruh kota Yogyakarta dari ketinggian. Tapi siapa yang menyangka, dibalik keistimewaan tersebut Puncak Becici menyimpan cerita horor. Terdapat sebuah ayunan yang tergantung di sebatang pohon. Konon katanya ada seseorang yang memainkan ayunan tersebut tanpa permisi maka dia akan merasa ada dorongan yang kuat dari belakang. 

Hal tersebut dikatakan, bahwa anak kecil penunggu ayunan tersebut merasa terganggu dengan adanya orang yang main tanpa permisi di tempatnya. Dan malam harinya di dalam tenda seseorang tersebut terdengar suara gaduh, padahal dia beserta teman temannya sedang berada di luar tenda. Dan betapa terkejutnya setelah dia ingin melihat apa yang ada, ternyata sosok pocong terlihat dari dalam tenda tersebut. Bayangin jika kejadian tersebut terjadi pada kalian?

Bagaimana pernah mengalami salah satu kejadian di tempat tempat tersebut? Boleh percaya atau tidak semua tergantung diri masing masing. Yang jelas kota Yogyakarta selalu menghadirkan cerita indah yang menjadi alasan untuk selalu merindukan kota Gudeg yang satu ini. Hingga boleh dibilang tak cukup sekali untuk bisa puas mengunjungi Yogyakarta. Ingat cerita certa tersebut jangan kamu jadikan alasan untuk tidak berani berkunjung ke Yogyakarta ya!
Oldtravian.com Merupakan Situs Informasi Seputar Wisata dan Traveling.

Post a Comment