ZMedia Purwodadi

15 Spot Terbaik Untuk Menikmati Keindahan Sunrise di Yogyakarta

Table of Contents
15 Spot Terbaik Untuk Menikmati Keindahan Sunrise di Yogyakarta

Oldtravian.com - Sunrise, mendengar kata tersebut pastilah yang terbersit di benak Anda adalah matahari pagi yang perlahan muncul dari balik ufuk barat dengan ditemani oleh sinar kuning ke orange an yang hangat. Ya, fenomena matahari terbit memang menjadi salah satu moment favorite yang sering dicari oleh para Anda. Terlebih sejak kemunculan jejaring sosial semakin meraja lela, para anak muda seakan berlomba lomba untuk mendapatkan foto moment sunrice yang kemudian akan mereka pamerkan kepada khalayak ramai lewat jejaring sosial. 

Perlu diketahui, selain keindahannya yang memukau, sinar matahari juga memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Secara psikologi Anda yang menikmati sinar matahari pagi akan lebih bersemangat dan bergairah dalam menjalani aktifitas sehari hari. Salah satu kota dimana terkenal dengan beragam titik untuk menikmati sunrise adalah jogja. Berikut ini adalah spot terbaik buat kamu kamu yang sedang berburu sunrise di Yogyakarta.

1. Puncak Suroloyo Sunrise 

Puncak Suroloyo Sunrise
Puncak Suroloyo Sunrise 

Puncak Suroloyo Yogyakarta, sudah menjadi cerita lama bahwa kawasan ini menyimpan banyak cerita mistis. Kabarnya di Puncak Suroloyo ini merupakan tempat yang angker dan berbahaya. Konon, dahulu puncak ini menjadi tempat bertapa bagi Raden Mas Rangsang yang akhirnya bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo, seorang Raja Mataram yang bercita-cita menguasai Tanah Jawa. Namun dibalik mitos yang beredar tersebut, Puncak Suroloyo menyimpan kaistimewaan dimana dari sini Anda bisa menyaksikan sunrise yang aduhai. 

Bahkan Puncak Suroloyo terletak lebih tinggi dari Puncak Punthuk Setumbu, sehigga dari sini Anda bisa melihat dengan jelas gagahnya gunung bersaudara Merbabu dan Merapi ditambah lagi Candi Borobudur yang masih berselimutkan kabut pagi. Demi hasrat berburu sunrise yang indah, Anda harus mendaki 286 anak tangga untuk samapi di Puncak Suroloyo ini. Namun tenang kelelahan tersebut akan terbayar begi perlahan sang surya menampakkan diri dengan dikawal oleh cahaya kekuningan yang hangat.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran Sunrise

Gunung Api Purba Nglanggeran Sunrise
Gunung Api Purba Nglanggeran Sunrise

Tak hanya Gunung Berapi saja, di kawasan selatan Jogja atau terkenal dengan kawasan Gunung kidul terkenal memiliki beragam spot cantik untuk menikmati sunrise. Salah satu yang cukup ternama adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Meski namanya berlum semansyur Gunung gunung lainnya yang ada di Jogja, namun keindahan yang dihadirkan gunung api ini tak bisa dianggap remeh. Gunung yang memiliki bentuk unik, yakni seperti bongkahan batu raksasa ini menyediakan spot sunrise yang akan memanjakan Anda. 

Berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran di pagi buta untuk menanti terbitnya sang fajar menjadi ide yang bagus, setelah lelah berkutan dengan rutinitas sehari hari. Dari puncak Gunung Api Purba Nglanggeran ini Anda bisa menyaksikan hamparan view yang menyejukkan mata, semua penjuru Gunung Kidul bisa dilihat dari sini. Kemunculan sang surya yang perlahan terlihat dari ufuk timur semakin menambah keisimewaan yang ada di Gunung Api Purba Nglanggeran.

3. Candi Borobudur Sunrise

Candi Borobudur Sunrise
Candi Borobudur Sunrise

Candi Borobudur, siapa yang tahu wisata ini. Borobudur bahkan masuk kedalam 7 keajaiban dunia yang telah diakui oleh seluruh negara. Keindahan candi peninggalan kerajaan Budha terbesar ini memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, tahukah Anda bahwa tak hanya itu, Candi Borobudur juga menyimpan panorama matahari terbit yang sangat mengagumkan mata. Bagi Anda yang ingin menyegarkan fikiran setelah berkutat dengan rutinitas yang sangat melelahkan, bisa banget datang ke Candi Borobudur untuk menghidup udara pagi hari sembari merasakan hangatnya mentari yang perlanhan lahan mulai menunjukkan jati dirinya. 

Mungkin Anda bertanya tanya bagaimana bisa menikmati matahari terbit di Candi Borobudur, sedangkan pintu masuk wisata baru dibuka pada jam 6 pagi. Tenang, ada satu cara untuk bisa menikmati sunrice yang indah tersebut. Yakni dengan Anda menginap di Hotel Madona, dimana tempat tersebut memiliki akses khusus untuk bisa masuk ke dalam area Borobudur. Jadi Anda bisa berangkat pada waktu subuh, sebelum matahari mulai nampak.

4. Punthuk Setumbu Nirwana Sunrise

Punthuk Setumbu Nirwana Sunrise
Punthuk Setumbu Nirwana Sunrise

Nirwana Sunrise merupakan salah satu objek wisata yang ada di kawasan Candi Borobudur. Berjarak kurang lebih 5 km, tempat yang mempunyai nama asli Puncak Punthuk Setumbu ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh tempat lain. Ya, disebut Nirwana Sunrise karena memang dari tempat ini Anda bisa menikmati indahnya matahri terbit. Dari sini Anda bisa menjadi saksi kemunculan sang surya yang seakan membelah dua wilayah dan gunung, yakni Pegunungan Menoreh di sebelah selatan dan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di bagian utara. 

Untuk bisa sampai ke Nirwana Sunrise ini Anda bisa menggunakan jasa ojek agar lebih tersistematis dan tidak sampai ketinggalan moment matahari terbitnya. Karena kini Puncak Punthuk Setumbu sudah dikelola secara profesional sebagai kawasan objek wisata, maka untuk bisa masuk ke kawasan Nirwana Sunrise Anda perlu membayar tiket seharga Rp. 15.000,-

5. Gunung Merapi Sunrise

Gunung Merapi Sunrise
Gunung Merapi Sunrise

Taman Nasional Gunung Merapi, masih menjadi salah satu tujuan favorite bagi Anda pecinta hiking. Ada dua jalur untuk bisa masuk di kawasan TNGM ini, yakni lewat Selo di utara atau lewat Babadan di barat. Dengan membayar retribusi seharga Rp. 5.000,- Anda bisa memulai perjalanan mendaki. Setelah mengeluarkan unek uneknya yang cukup dahsyat pada tahun 2010 lalu, kini akses yang harus Anda lalui untuk samapi di puncak Merapi cukup sulit. Jalan berbatu dan tebalnya debu membuat Anda harus ekstra hati hati. 

Namun kelelahan dan kesusahan tersebut akan terbayarkan begitu Anda menyaksikan mahakarya sunrise dari Sang Pencipta secara langsung. Kurang lebih perlu 3 jam perjalanan untuk bisa sampai di Puncak merapi, oleh karena itu disarankan jika ingin menyaksikan sunrise, Anda hatus membangun camping di puncak Merapi terlebih dahulu, sebab dikhawatirkan perjalanan 3 jam akan menjadi lebih memakan waktu sehingga Anda tidak bisa mendapatkan sunrise.

6. Kebun Buah Mangunan Sunrise

Kebun Buah Mangunan Sunrise
Kebun Buah Mangunan Sunrise

Kebun Buah Mangunana merupakan sebuah tempat wisata di Bantul, Yogyakarta yang sedang fenomenal dikalangan para Anda. Berkat merebaknya di social media, menjadikan taman agrowisata satu ini banyak diburu. Konon, Kebun Buah Mangunan ini disebut sebut memiliki spot sunrise yang cantik luar biasa memukau. Pada umumnya untuk masuk ke kawasan kebun buah ini, Anda harus merogoh kocek Rp. 5.000,- saja, namun tak jarang jika datang dipagi hari loket belum dibuka dan akhirnya Anda bisa masuk secara gratis deh. 

Eit, jangan dianggat yang grtais gratis itu tak memiliki nilai! Tidak semua! Di Kebun Buah Mangunan ini Anda bisa menaiki bukit, dan dari bukit itulah kecantikan sunrise akan terlihat. Di tambah lagi dari sini Anda bisa melihat deretan pepohonan hijau yang membentang yang menyejukkan mata.

7. Sunrise Persawahan Jogja

Sunrise Persawahan Jogja
Sunrise Persawahan Jogja

Sunrise memang merupakan moment dimana selalu ditunggu tunggu oleh kebanyakan orang. Tak perlu jauh jauh pergi ke pantai atau naik ke gunung untuk bisa menikmati mahakarya Sang Pecipta yang luar biasa ini. Area persawahan juga bisa dijadikan spot untuk menanti matahari terbit ini. Sembari berolahraga pagi, disamping menikmati sejuknya udara, Anda juga bisa menikmati hangatnya sanga mentari yang secara malu malu menampakkan diri. Di kota Jogja sendiri terdapat banyak area persawahan yang berpadu dengan panorama sunrise yang memukau. 

Tak hanya di area persawahan, Anda juga bisa menikmati kemunculan matahari dari atas jembatan. Di Jogja sendiri ada beberapa jembatan, di mana Anda bisa menyaksikan keindahan sunrise yang tak kalah epic dengan yang terlihat dari di pegunungan. Atau, bahkan Anda juga bisa menyaksikan keelokan matahari terbit ini dari lantai paling atas gedung-gedung bertingkat.

8. Embung Tambakboyo Sunrise

Embung Tambakboyo Sunrise

Embung Tambakboyo, mungkin yang akan Anda temukan hanya sebuah danau buatan yang dikelilingi oleh pepohonana hijau nana rindang. Namun jangan salah, keistimewaan lain akan Anda dapatkan ketika berkunjung di waktu subuh. Tempat yang terletak di Condongcatur, Depok, Sleman, ini merupakan salah satu spot terkenal sebagai tempat para pecinta mancing mania. Tak banyak yang tahu, bahwa disampaing itu Embung Tambakboyo juga menyimpan keindahan tersendiri, terutama di kala pagi buta. Dari Embung Tambakboyo ini Anda bisa menyaksikan kemolekan sebongkah fajar yang tersembunyi.

9. Pantai Sundak Sunrise

Pantai Sundak Sunrise
Pantai Sundak Sunrise 

Pantai Sundak, mungkin memang pantai yang satu ini tak sefenomenal pantai pantai lain yang berada di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Namun jangan salah, Pantai Sundaj memiliki keistimewaan tersendiri. Pantai yang berlokasi di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul ini memang tergolong sebagai pantai kecil. Namun uniknya di pantai ini terdapat 2 buah batu raksasa yang seolah sedang mengapit Pantai Sundak. Tak hanya itu, Pantai Sundak juga menyimpan panorama matahari terbit yang patut untuk Anda buktikan keindahnnya. 

Jadi buat Anda yang pingin mengabadikan moment sunrise tapi males buat naik gunung, dateng ke Pantai Sundak merupakan pilihan yang tepat. Tenang aja kecantikan matahari terbitnya gak kalah indah kok sama yang dari atas puncak gunung. Malah lebih seru ini, ada deburan ombaknya gitu.

10. Pundung Imogiri Sunrise

Pundung Imogiri Sunrise
Pundung Imogiri Sunrise

Pundong Imogiri merupakan sebuah kawasan di DI Yogyakarta yang namanya perlahan mulai naik daun. Terletak di Kecamatan Imogiri Bantul, kawasan Pundong Imogiri dikenal sampai ke penjuru dunia semenjak terjadi gempa dahsyat di Yogyakarta. Gempa tersebut memang pernah meninggalkan dampak yang parah di daerah ini, namun hal tersebut kini tinggal mimpi buruk. Di balik itu kawasan Pundong Imogiri menyimpan keelokan panorama matahari terbit yang membuat Anda takjub. 

Dengan udara khas ala pedesaan yang masih alami semakin menjadikan waktu menanti sunrise Anda menjadi lebih menyenangkan. Disuguhkan bersama hamparan sawah yang hijau dengan background Gunung Merapi, Pundong Imogiri menjadi salah satu spot terbaik untuk menemukan sunrise yang menawan di Jogja.

11. Candi Prambanan Sunrise

Candi Prambanan Sunrise
Candi Prambanan Sunrise

Candi Prambanan merupakan wujud dari keberadaan zaman purbakala. Candi ini menyimpan sebuah cerita sejarah yang diukir dengan apik di dinding dindingnya. Selain menikamati kemegahan bangunan kerajaan Hindu terbesar ini, Anda juga bisa berkunjung ke sebuah moseum yang berada dalam kawasan Prambanan ini. Namun di balik itu semua, tak banyak yang tahu bahwa Candi Prambanan menyimpan spot terbaik untuk menikmati golden sunrise di pagi hari. Ya, dari areal kawasan candi ini Anda bisa menjadi saksi kemunculan sang surya yang secara perlahan akan menampakkan diri. Seakan mucul dari balik stupa, sunrise tersebut terlihat semakin sempurna.

12. Istana Ratu Boko Sunrise

Istana Ratu Boko Sunrise
Istana Ratu Boko Sunrise

Candi Ratu Boko atau yang lebih fenomenal dengan sebutan Istana Ratu Boko merupakan sebuaah candi dengan perpaduan antara unsur-unsur Hindu dan Buddha. Berbeda dengan candi lain yang ada di kawasan Yogyakarta, Istana Ratu Boko terletak di atas bukit. Perbukitan yang hijau berpadu dengan bangunan candi yang berwarna coklat keabu abuan menjadikan perpaduan yang unik. Keindahan sunset yang dihadirkan di Candi Ratu Boko mungkin sudah sangat termasyur. Namun ternyata tak hanya sunset, hadirnya sunrise di pagi hari juga tak kalah menakjubkan. Jika Anda berada di lokasi candi ini pada saat pagi buta untuk menunggu kemunculan fajar, nuansa sekitar candi akan semakin cantik dengan kehadiran sinar kuning yang semakin lama akan dibarengi dengan munculnya matahari.

13. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis

Parangtritis memang sudah terkenal memiliki pemandangan yang unik yang tidak terdapat pada obyek wisata lain, yaitu pantai yang memiliki ombak yang besar dan terdapatnya gunung-gunung pasir disektar kawasana pantai tersebut yang disebut dengan gumuk. Salah satu kegiatan favorite disini adalah bermain layang layang. Hal ini karena Pantai Parangtritis memiliki angin yang cukup kencang. Sehingga, sangat mudah dan asyik menerbangkan layang-layang di sini. Namun sebenarnya, ada satu kegiatan lain yang wajib Anda lakukan ketika sedang berada di Pantai Parangtritis ini. Ya, menunggu terbitnya matahari dari ufuk timur. Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa keindahan sunrise yang dihadirkan di Pantai Parangtritis ini sangat menggoda untuk dilirik.

14. Pantai Krakal Sunrise

Pantai Krakal Sunrise
Pantai Krakal Sunrise

Pantai Krakal merupakan salah satu dari banyak pantai yang berderet di kawasan Gunung Kidul Ypgyakarta. Pesona keindahan dari Pantai Krakal ini diantaranya garis pantai yang sangat panjang, permukaan pantai yang landai, ombak yang tidak begitu besar, adanya banyak ikan hias yang berada di karang – karang dekat pantai pada musim – musim tertentu, tebing pantai yang sangat cantik. Namun seakan belum lengkap jika nelum menyembut bahwa Pantai Krakal ini juga mempunyai spot indah untuk melihat sunrise. Keelokan sunrisenya yang begitu menawan menarik hati sudah menjadi rahasia umum di kalangan para Anda. Hal ini menjadikan Pantai Krakal tak jarang dijadikan tempat camping guna melihat keindahan matahari terbit di keesokan harinya.

15. Pantai Indrayanti Sunrise

Pantai Indrayanti Sunrise
Pantai Indrayanti Sunrise

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai yang difavoritekan di kawasan Gunung Kidul. Pantai ini memiliki fasilitas ysng cukup modern. Dimana juga telah dibangun penginapan yang terletak di dekat bibir pantai. Tak hanya itu keindahan restaurant di atas tebing juga semakin menabah romantisme yang dihadirkan Pantai Indrayanti ini. Pantai Indrayanti juga terkenal sebagai spot yang pas untuk menikamti sunrise maupun sunset. Jika Anda ingin menikamti sunrise, Anda bisa naik di atas tebing yang terdapat di sisi kiri pantai. Dari sini hangatnya mentari pagi akan terasa masuk ke dalam tubuh. Dengan ditemani hamparan hijau rumput berbukitan dan birunya laut, pagi Anda akan terasa lebih spesial.

Demikianlah informasi tentang 15 Spot Terbaik Untuk Menikmati Keindahan Sunrise di Yogyakarta, semoga dapat menambah wawasan tentang wisata yang ada di indonesia khususnya yogyakarta.