Dapatkan Pemberitahuan Terbaru Dari Oldtravian.com dengan FOLLOW Google NEWS

20 Spot Instagram Terbaik di Bandung

20 Spot Instagram Terbaik di Bandung
20 Spot Instagram Terbaik di Bandung

Oldtravian.com - Bandung merupakan sebuah kota sejuk yang berada di kawasan Jawa Barat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Tanah Pasundan ini menyimpan ragam potensi pariwisata yang unik. Mulai dari wisata alam, modern, bangunan hingga kuliner semua ada di Bandung. 

Berikut adalah tempat tempat di Bandung yang wajib kalian jelajahi.

1. Sunrise Tebing Keraton

Sunrise Tebing Keraton

Tebing Karaton merupakan sebuah wisata alam yang berada di daerah Dago Bandung. Wisata yang satu ini berada pada ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Nama Tebing Keraton menjadi sangat populer dan fenomenal akhir akhir ini. Jika kebanyakan wisata alam seperti Bukit Bintang di dago, atau Caringin Tilu di wilayah Bandung timur, yang mana Anda akan disuguhi gemerlap lampu kota metropolitan Bandung yang eksotis dan romantis terutama di senja dan malam hari, maka di Tebing Keraton ini, Anda akan disuguhi dengan hamparan pemandangan hijau penuh aura ketenangan serta kenyamanan berupa lebatnya hutan belantara Tahura Djuanda yang begitu spektakuler. Pemandangan di sini pun akan semakin bertambah eksotis dan romantis, apabila kita datang sebelum matahari terbit atau kira-kira jam 6 pagi untuk menyambut keindahan hamparan pemandangan saat Sunrise.

2. Batu Cinta Situ Patenggang

Batu Cinta Situ Patenggang

Sebuah danau luas yang berada di kawasan wisata ciwidey ini bernama Situ Patenggang. Ada banyak kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di Situ Patenggang ini. Mulai dari bersepeda air, mengelilingi danau dengan perahu angsa, memancing, mengunjungi Batu Cinta, mengelilingi Pulau Asmara, berjalan keliling kebun teh, atau sekedar berpiknik di pinggiran danau. Inilah sebab mengapa objek wisata Ciwidey yang satu ini disukai sebagai salah satu destinasi wisata keluarga favorit di Bandung. Jika Anda sedang kemari bersama pasangan, Anda harus mencoba mengunjungi batu cinta dan berkeliling di pulau asmara agar kisah cinta Anda ever lasting. Meski hanya berangkat dari sebuah mitos lokal, namun hal ini adalah sebuah kegiatan yang menarik untuk melalui waktu bersama pasangan di Situ Patengan. Untuk dapat mengelilingi pulau Asmara, Anda harus menyewa perahu. Pulau ini terletak di bangian tengah danau dan terlihat rindang dengan ditumbuhi banyak pepohonan.

3. Paris Van Java Mall 

Paris Van Java Mall

Paris van Java merupakan satu dari sekian mall yang cukup terkenal di Bandung. Selain berbelanja, banyak Anda yang datang ke Paris Van Java Mall ini hanya untuk berjalan-jalan di sekitar kompleks Ciwalk ini, ber-hangoutria, nge-date, hunting foto. Hal ini dikarenakan yang paling menarik dari konsep Paris van Java Mall ialah memang karena bangunannya didesain dengan menggunakan konsep bangunan yang kental dengan desain Eropa. 

Gedung mall ini terbagi dalam beberapa lantai: first floor, ground floor, upper ground floor, serta juga lower ground dengan ditempati Sogo Departement Store sebagai departement store terbaik di Indonesia yang berada diatasnya. Di mall megah ini juga dibangun wahana permainan baru Ice Skating Rink Gardenice yang semakin memanjakan kunjungan Anda.

4. Kebun Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali

Sebuah wisata alam dengan hamparan kebun teh yang luas, hijau nan asri. Di Kebun Teh Rancabali ini selain mata yang dimajakan, udaranya juga sangat segar dan masih belum banyak tercampur polusi. Hal ini karena Rancabali berada pada ketinggian 1.628 meter dari permukaan laut. Suhu rata-rata berkisar antara 20-22 derajat celcius. Kebun teh rancabali ini sedikit berbeda dengan kebun teh pada umumnya. Posisi kebun teh ini berada lebih rendah dari jalan. Pohon-pohon teh nya berderet tepat di tepi jalan. Banyak wisatawan yang betah berlama-lama di lokasi tersebut untuk menikmati segarnya udara dan berfoto bersama. Wisata perkebunan teh Rancabali ini dapat Anda manfaatkan untuk sekedar beristirahat sejenak melepas lelah perjalanan, ataupun bisa Anda gunakan untuk berfoto bersama orang-orang tersayang. Pemandangan di lokasi tersebut sangat indah untuk hunting foto.

5. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey merupakan sebuah tempat wisata favorite bagi siapa saja yang berkunjung ke Bandung. Bahkan bisa dikatakan tempat ini seperti menjadi icon wisata kota Bandung. Kawah Putih ini sendiri adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patura. Sebenarnya air danau ini berwarna biru kehijauan, namun di sebut kawah putih karena memang tanah kapur disekitar kawahnya berwarna putih seakan seperti salju yang berkabut. 

Selain untuk dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali menjadi tempat kegiatan lain, misalnya tempat shooting film, melukis, pengambilan foto prewedding, sampai dengan kegiatan hiking pun bisa dilakukan di kawasan wisata bandung selatan ini. Jika weekend tiba, tempat wisata ini semakin ramai dikunjungi pecintanya, apalagi akses jalan untuk menuju Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey ini cukup mudah ditemukan.

6. Air Terjun Maribaya

Air Terjun Maribaya

Air Terjun Maribaya merupakan salah satu dari beberapa objek wisata yang ada di kawasan Maribaya, Lembang. Air terjun Maribaya ini adalah air terjun yang masih sangat alami dengan latar pepohonan yang akan membuat siapa saja yang datang merasakan ketenangan. Air Terjun Maribaya ini juga biasa disebut sebagai Curug Omas. Dengan ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter, di dekat air terjun ini juga didirikan dua jembatan yang memudahkan Anda menikmati air terjun tanpa harus takut basah. Selain menikmati keindahan air terjun dari jembatan, Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun dari dekat sambil berfoto di atas bebatuan raksasa yang ada di bawah air terjun. Anda juga bisa menggelar tikar di sekitar air terjun sambil menyantap bekal bersama dengan para sahabat ataupun keluarga. Bersenda gurau bersama orang-orang terdekat sembari diiringi gemercik suara air, dengan udara semilir angin yang sejuk akan menjadikan ini sebagai pengalaman tak terlupakan.

7. Gedung GH Universal

Gedung GH Universal

Sebuah bangunan megah dan mewah seakan menunggu kedatangan Anda. Gedung GH Universal merupakan sebuah hotel berbintang 5 yang di desain dengan gaya Eropa klasik yang sangat menawan. Hotel bergaya klasik Renaissance ini dirancang sendiri oleh putri bungsu sang pemilik, perlu waktu 4,5 tahun untuk menyelesaikan pembangunan hotel ini. Lima dome besar yang ada di rooftop, dihiasi dengan lukisan dan patung-patung cantik bergaya Italia. Hal ini membuat GH Universal hotel berbeda dengan hotel-hotel lain di Bandung. Repetisi pada desain pintu dan jendela-jendela membuat arsitektur hotel ini menarik untuk dinikmati. Warna catnya yang abu-abu akan semakin membuat Anda kagum begitu melihatnya dari dekat. Tak heran jika GH Universal sering dijadikan tempat syuting program program ternama. Selain desainnya yang begitu indah, ragam fasilitas yang dhadirkan juga sangat lengkap dan modern.

8. Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space

Satu lagi tempat yang wajib dikunjungi, ketika Anda sedang berada di Kota Kembang Bandung. Selasar Sunaryo Art Space, merupakan sebuah tempat yang sedang fenomenal. Selasar Sunaryo Art Space merupakan gabungan dari gallery art, gallery shop, library, dan juga café. Art Space ini sendiri dibangun oleh Sunaryo, seniman kontemporer sekaligus mantan dosen seni rupa Institut Teknologi Bandung. Selasar Sunaryo Art Space memberikan suguhan instalasi multimedia yang menampung gagasan yang sulit diungkapkan lewat garis atau volume. Secara garis besar, karya-karya Sunaryo digolongkan dalam tiga wilayah pengungkapkan yakni sosial, religius, dan pengolahan bahan lokal. Saat ini, art galeri ini sudah berakulturasi juga menjadi café dan coffee shop. Pemandangan alam yang cukup mempesona dikelilingi oleh galeri art, tempat pertunjukan seni, perpustakaan dan art shop membuat tempat yang satu ini menjadi salah satu destinasi para pecinta kuliner nusantara.

9. Lawangwangi Creative Space 

Lawangwangi Creative Space

Bandung memang tidak pernah kehabisan ide kreatif. Ada satu lagi yang unik dari kota ini, sebuah cafe yang menggabungkan konsep resto tempat makan dengan galeri karya seni tempatnya orang orang kreatif. Bernama Lawangwangi Creative Space, tempat unik yang satu ini berhasil menggabungkan konsep yang berbeda tersebut. Desainnya sangat memikat dan mendapatkan sambutan yang lumayan antusias dari pelbagai lapisan masyarakat terutama kaum muda dan pecinta seni. Disini Anda bisa menyantap makanan yang dipesan dibarengi dengan kesempatan untuk melihat-lihat aneka karya seni yang dihasilkan. 

Terlebih jika kebetulan kunjungan Anda kesini berbarengan waktunya dengan pergelaran atau pertunjukkan kesenian yang tentunya akan semakin menambah keseruannya. Resto ini juga memiliki background suasana pegunungan khas Bandung utara yang sejuk dan damai. Pegunungan yang hijau dan suasana yang adem jauh dari hiruk pikuk keramaian merupakan ciri utama dari kawasan ini. Banyak spot yang unik untuk Anda potret menggunakan kamera kesayangan.

10. Gedung Sate

Gedung Sate

Gedung Sate sendiri merupakan kantor dinas bagi Gubernur Provinsi Jawa Barat. Namun yang menarik tempat ini dibuka untuk wisata umum. Di wisata Gedung Sate ini selain Anda bisa berkelilling keliling kawasan gedung sambil belajar mengenai hal hal baru. Terdapat banyak benda benda antik bersejarah baik yang masih digunakan maupun yang sudah tidak digunakan. Lukisan lukisan menarik. Ruangan ruangan yang digunakan untuk tugas pemerintahan. Di bagian belakang gedung terdapat taman gazebo yang megah dan asri. Di sini Anda yang memiliki hobby fotografi bisa mengekspresikan bakat Anda. Dijamin foto yang dihasilkan akan memukau, dikarenakan pemandangannya yang menakjubkan.

11. Kebun Bunga Cihideung

Kebun Bunga Cihideung

Taman Wisata Bunga Cihideung terletak di kecamatan Parongpong, Desa Cihideung, kabupaten Bandung yaitu sekitar 20 Km dari kota Bandung. Kebun Cihideung ini merupakan tempat budidaya tanaman hias terbesar dan terlengkap. Desa yang sebelumnya hanya dijadikan tempat bercocok tanam sederhana telah berkembang menjadi Kawasan Wisata Bunga yang produknya telah terkenal hingga ke mancanegara. Di Taman Bunga Cihideung ini selain menikmati pemandangan taman bunga yang indah, Anda juga bisa melihat cara petani bunga bercocok tanam. 

Bagi Anda yang memiliki hobby fotografi, Taman Bunga Cihideung sangat cocok untuk dijadikan destinasi. Selain itu disini Anda juga bisa membeli beraneka macam tanaman hias dengan harga yang berfariasi dari yang murah hingga yang lumayan merogoh kocek.

12. Air Terjun Pelangi

Air Terjun Pelangi

Mungkin mnikmati air terjun di pasgi, siang atau sore hari sudah biasa. Melihat adanya pelangi setelah hujan turun juga sudah mainstream. Tapi gimana kalo melihat pelangi di air terjun terus waktu malam hari? Nah, gak pernah kebayang kan? Air Terjun Pelangi atau yang biasa disebut dengan Curug Cimahi merupakan sebuah objek wisata di mana Anda bisa melihat pelangi di air terjun saat malam hari. Hal itu terjadi berkat lampu instalasi yang secara khusus dipasang di dinding bagian belakang air terjun. Panorama wilayah sekitar Lembang menjadi lebih memukau saat senja menjelang hingga malam hari berkat Curug Cimahi. Selain menikmati keindahan air terjun setinggi 71 meter ini, Anda juga bisa menikmati keindahan flora dan fauna yang ada sepanjang jalan menuju Curug Cimahi. Anda bisa mendengar kicauan burung, selintas Anda pun bisa menyaksikan beberapa ekor monyet ekor panjang bergelantungan di dahan-dahan pohon.

13. Balitsa Lembang

Balitsa Lembang

Balitsa merupakan salah satu pilihan destinasi wisata yang ada di Bandung. Berkat menjamurnya media social mejadikan tempat ini sekarang naik daun. Sebenarnya balitsa sendiri merupakan sebuah balai penelitian yang focus pada penelitian tanaman dan sayuran yang ada di Indonesia. Namun kini selain menjalankan fungsi aslinya, balitsa juga menjadi objek wisata baru. Suasana asri, sejuk, serta pemandangan alam yang nampak di kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan muda yang ingin ngehits di antara teman-temannya. 

Banyak spot ditempat ini yang bisa menjadi latar pengunjung untuk berfoto, salah satunya di antara jajaran pohon pinus yang seakan menampilkan bahwa pengunjung sedang berada di luar negeri. Jajaran pohon pinus yang berada di sisi kanan kiri jalan membuat seolah-olah pemandangan berada di Amerika Serikat. Rumah kaca atau green house yang menjadi tempat untuk meneliti suatu tumbuhan pun bisa dijadikan spot berfoto menarik untuk Anda yang memang ingin memuaskan hasrat dalam bidang fotografinya.

14. Gedung Merdeka Jalan Asia-Afrika

Gedung Merdeka Jalan Asia-Afrika

Sebuah gedung bersejarah yang menjadi saksi bisu masa lalu. Gedung ini sengaja dibangun karena dahulu digunakan sebagai tempat berlangsungnya Konferensi Tinggi Tingkat Asia Africa. Gedung Merdeka ini memiliki 2 bangunan utama seluas 7500 meter persegi, yaitu tempat sidang utama disebut Gedung Merdeka sedangkan disampingnya adalah museum konferensi Asia Afrika sebagai memorabilia KAA. Di bagian Museum KAA ini juga terdapat sebuah perpustakaan yang memang dibuka secara umum. Jadi bagi Anda yang berkunjung ke Gedung Merdeka ini selain bisa menyalurkan hoby fotografi di sini Anda juga bisa menambah ilmu dengan cara berkunjung ke museum dan perpustakaannya juga.

15. Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda


Taman Hutan Ir. H. Djuanda atau yang bisa disebut Dago Pakar menyajikan suasana alam yang sangat indah kondisi geografis yang mendukung dengan berada tepat pada cekungan Bandung yang membentang mulai dari curug dago, dago pakar sampai Maribaya yang termasuk dalam kawasan hutan Gunung Pulosari sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata alam dan wisata pendidikan kecintaan terhadap lingkungan. 

Di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda /Dago Pakar terdapat beberapa tempat wisata yang bisa wisatawan kunjungi yaitu :
  • Curug Dago
  • Curug Omas
  • Gua Belanda
  • Gua Jepang
  • Obyek Wisata Maribaya

16. Stone Garden Padalarang

Stone Garden Padalarang

Puncak bukit Stone Garden merupakan destinasi wisata yang kini sedang hits. Stone Garden berada di kawasan Cipatat, Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Objek wisata yang satu ini mempunyai pemandangan yang mengagumkan untuk dikunjungi. Dengan ketinggian puncak 907 meter di atas permukaan laut, perlu kondisi prima untuk bisa mendaki puncak bukit ini. Namun, rasa letih Anda pun terbayar dengan keindahan dan panorama indah yang bisa dilihat di atas bukit. Dengan disuguhi batu-batu gamping yang berjajar tak beraturan, pesona alam ini pun tampak sangat luar biasa. Selain itu, Anda juga akan diberi panorama indah alam dengan pemandangan gunung yang ada di sekeliling bukit tersebut. Saat hari mulai senja, matahari pun terlihat terbenam di ufuk barat.

17. De Ranch Lembang

De Ranch Lembang

De Ranch Lemabng masih menjadi salah satu objek wisata favorite yang ada di Bandung. Kegiatan menunggang kuda menjadi permainan andalan di De Ranch. Tak heran, objek wisata yang satu ini kerap disebut sebagai wisata ala koboi. Dengan menyediakan kuda impor dan lokal, aktivitas menunggang cocok untuk pemula atau anak-anak hingga dewasa. Setelah puas menunggang kuda, Anda bisa menikmati kegiatan lain yang tak kalah seru, yaitu memerah sapi. Yup, di sini memang tersedia peternakan sapi yang ditempatkan di sebuah kandang yang sangat luas. Di area ini, Anda tak sekadar menyaksikan sapi, tapi juga diberi kesempatan merasakan kehidupan peternakan yang sebenarnya. 

Mulai dari memberi pakan hingga memerah sapi yang menjadi favorit para pelancong, khususnya anak-anak. Wahana permainan di De Ranch pun lumayan lengkap, mulai dari flying fox, memancing, naik sepeda hingga panahan tersedia di sini. Anda tinggal memilih wahana favorit mereka yang masing-masing dikenai harga mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 200.000 tiap permainan. 

18. Bukit Moko

Bukit Moko

Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang keberaan Bukit Moko di Kota Bandung. Namun akhir akhir ini setelah banyak foto yang bermunculan di media socia menjadikan wisata Bukit Moko ini diburu oleh para Anda. Bukit Moko adalah salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi pada akhir pekan. Bukit Moko adalah sebuah tempat rekreasi yang berada 1,500 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, banyak orang yang menyebut bahwa Bukit Moko adalah puncak tertinggi di kota Bandung. 

Dari Puncak Bukit Moko ini, Anda bisa melihat hamparan kota Bandung secara jelas dan terperinci. Lengkap dengan hijaunya hutan dan tingginya gedung gedung pencakar langit. Ada satu lagi yang unik dari Bukit Moko ini yakni adanya sebuah warung bernama Warung Daweung. Warung Daweung adalah satu-satunya warung di lokasi ini, sehingga sangat populer dan diketahui secara luas oleh para Anda. Warung Daweung menawarkan tempat terbaik untuk menikmati makanannya, yaitu di puncak tertinggi dengan pemandangan kota Bandung yang indah.

19. Stamford International School

Stamford International School

Hunting foto di sekolah? Kata Siapa gak banget? Pasti tak pernah terbersit di pikiran Anda bahwa sekolah yang notabene sebagai tempat menimba ilmu juga bisa dijadikan lokasi pengambilan foto. Stamford Internasional School merupakan sebuah sekolah dimana mempunyai desain gedung yang menarik dan mendukung untuk dijadikan background gambar. Berlokasi di kawasan Dago, Cuma lima puluh meter dari terminal Dago, walaupun hanya gedung sekolah, lokasi yang satu ini sering dijadikan lokasi para model melakukan photo session. Karena merupakan wilayah sekolah, sebaiknya Anda minta izin terlebih dulu kepada pihak sekolah atau satpam yang menjaga sekolah sebelum hunting foto. Selain lebih sopan, tidak jarang mereka yang ketahuan hunting tanpa meminta izin didenda dengan tarif yang cukup tinggi. Atau lebih baiknya Anda datang kesini di hari hari libur agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.

20. Cafe D’Pakar

Cafe D’Pakar

Cafe D’pakar merupakan sebuah cafe unik yang berdiri di bibir tebing. Pemandangan alam menjadi daya tarik utama. Kursi-kursinya tidak terbuat dari besi atau rotan melainkan kayu. Bentang alamnya tidak dibuat-buat melainkan asli pohon pinus yang berdiri rapat. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka akan petualangan alam. Cocok juga untuk bersantai dan menemukan kedamaian setelah sibuk di ibukota. 

Angin semilir dengan kesejukan yang akan menemani Anda santap siang di sana. Lingkungan hijau, dengan matahari bersinar sedang, dan halimun kabut dikejauhan. Rasanya seperti berada di alam mimpi. Ditambah lagi dengan bangunan utama Cafe D’Pakar berupa rumah joglo. Selain fasilitas outdoornya, fasilitas indoornya juga tak kalah seru. Karena ragam keunikan dan keindahan yang dimiliki Cafe D’Pakar, tak heran jika Cafe D’Pakar sering dijadikan pilihan tempat untuk pengambilan foto pre wedding atau acara ulang tahun. Untuk melaksanakan acara tersebut Anda bisa menyewa beberapa spot yang akan ditunjukkan oleh pelayan Cafe D’Pakar.

Demikianlah artikel kali ini tentang 20 Spot Instagram Terbaik di Bandung, semoga dapat menambah wawasan wisata yang ada di indonesia khususnya bandung. 
Oldtravian.com Merupakan Situs Informasi Seputar Wisata dan Traveling.

Post a Comment