ZMedia Purwodadi

10 Wisata Sejarah Yang Ada Di Semarang

Table of Contents
10 Wisata Sejarah Yang Ada Di Semarang

Oldtravian.com - Semarang merupakan ibu kota dari provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga termasuk salah satu kota wisata yang menjadi jujukan para Anda. Selain wisatanya, kota Lumpia ini juga msih sangat menjaga kebudayaannya. Di Semarang ini memang tak kalah dengan Kota Jogja yang memiliki banyak tempat bersejarah. Semarang juga memiliki beraneka ragam wisata bangunan yang menjadi saksi bisu sejarah. Berikut adalah wisata bangunan bersejarah yang patut untuk Anda eksplore.

1. Monumen Tugu Muda

Monumen Tugu Muda

Sebuah kota memang tak bisa dipisahkan dari sebuh tugu yang menjadi ciri khas kota tersebut. Begitu juga semarang yang tidak bisa lepas dari Tugu Muda-nya. Tugu Muda Semarang merupakan tempat favorit bagi masyarakat terutama para kawula muda untuk berkumpul dan menghabiskan malam. Disini Anda bisa menikmati indahnya suasana Kota Semarang yang terkenal akan bangunana history-nya. Anda bisa menikmati aneka bangunana peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Selain berfoto foto ria, disini Anda juga bisa bercanda gurau sembari duduk duduk di kursi kursi yang memang sengaja disediakan pemerintah setempat untuk menikmati keindahan icon kota Semarang ini. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa berwisata kuliner, karena memang di kawasan Tugu Muda Semarang banyak terdapat tempat kuliner.

Alamat :
Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

2. Goa Kreo

Goa Kreo


Goa Kreo merupakan goa yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Goa ini terletak di sebuah bukit yang menghadap langsung ke sebuah danau. Hal ini sudah barang tentu menjadikan tempat ini memiliki keindahan yang luar biasa. Untuk sampai ke mulut goa Anda harus menyusuri puluhan anak tangga terlebih dahulu. Goa yang menjadi sarang puluhan kera liar ini juga memiliki sebuah air terjun kecil yang indah. Anda bisa bermain-main dan menikmati udara sejuk secara bebas. Sebuah pemandangan yang sulit di temui di kota besar.

Disamping memiliki pemandangan yang indah Goa Kreo juga dilengkapi sarana-sarana lain, seperti tempat bermain anak seperti ayunan, papan luncur, dan lain lain.

Alamat :
Jl. Talun Kacang, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

Jam Buka :
08.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket :
Rp. 4.000,-

3. Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang merupakan sebuah masjid yang tidak hanya menjadi kebanggana kota Semarang, namun bisa dikatakan juga masyarakat Jawa Tengah. Masjid luas ini memiliki kemegahan yang tak kalah dengan masjid masjid di kota besar. Di Masjid Agung Semarang ini Anda tidak hanya bisa menunaikan ibadah sholat saja namun juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Pasalnya di area masjid ini terdapat sebuah menara yang diberi nama Menara Asmaul Husna yang mana di dalam menara tersebut tepatnya di lantai 3 dan 4 terdapat sebuah perpusatakaan yang berisi banyak buku pengetahuan tenatng islam. Terdapat pula sebuah al-qur’an berukuran raksasa.

Tidak hanya itu saja ada juga lantai menara paling atas yang menjadi tempat paling favorite pengunjung. Dari sini Anda bisa menikmati pemandangan kota Semarang dengan ditemani semilir angin yang sejuk. Sungguh wisata religi yang patut untuk Anda kunjungi.

Alamat :
Jagalan, Semarang Tengah, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

4. Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya merupakan tempat beribadah sekaligus berwisata bagi Anda yang kebetulan sedang mampir di kawasan Banyumanik, Semarang. Didalam Vihara ini terdapat Patung Dewi Kwan Im yang besar sekali, disini juga Anda dapat melakukan Ciam Si yaitu bertanya kepada Dewi Kwan Im dengan menggunakan peralatan yang sudah disediakan disana. Jika pertama Anda melempar sepasang batu, dan apabila posisi batu pada saat jatuh dengan posisi terbuka 1 artinya diijinkan bertanya, namun apabila tertutup berarti tidak diijinkan sedangkan apabila batu posisinya terbuka semua saat jatuh berarti dapat diulang kembali.

Di sana Anda juga bisa mendengar sejarah awal mula dibangunnya Vihara ini dari sang penjaga Vihara. Tidak lupa di area Pagoda ini Anda bisa mengabadikan setiap moment dengan spot spot menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Alamat :
Pudakpayung, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

Jam Buka :
07.00 – 21.00 WIB

5.Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang


Berlibur di Kota Semarang, kurang afdol rasanya jika belum menginjakkan kaki sekaligus merasakan atmosfir Lawang Sewu. Mendengar nama Lawang Sewu, mungkin yang terbersit adalah wisata misterinya. Karena memang di lawang sewu ini sering dijadikan tempat untuk syuting film horor. Bagi Anda yang ingin berjuji nyali, Anda bisa mengunjungi penjara bawah tanah yang terdapat di area lawang sewu ini.

Namun tidak hanya wisata mistisnya saja, ada beberapa spot yang sangat bagus untuk berfoto di Lawang Sewu. Salah satunya di lantai 2 pada sebuah teras yang langsung menghadap ke Tugu Muda. Anda akan mendapatkan sebuah angle foto berbackground museum Mandala Krida, Wisma Perdamaian dan Tugu Muda akan kelihatan sangat indah. Sangat menarik dan layak untuk dicoba. Tak heran jika di Lawang Sewu ini sering dijadikan tempat untuk pengambilan foto pre wedding.

Alamat :
Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

Jam Buka :
07.00 – 21.00 WIB

Harga Tiket :
Dewasa : Rp. 10.000,-

6. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan sebuah kompleks peninggalan dari kerajaan Hindu di zaman dahulu. Di namanakan Gedong Songo karena memang dalam satu kompleknya terdapat 9 candi. Candi ini terletak di kawasan perbukitan Unggaran. Selain tentunya berwisata sejarah, di kawasan wisata Candi Gedong Songo ini Anda juga bisa melakukan beragam kegiatan alam terbuka seperti out bound, berkemah ataupun mandi air panas, karena di komplek ini juga disediakan pemandian air panas yang bersumber dari panas bumi.

Anda juga bisa naik kuda sambil berkelilingi menikamti suasana yang ada di kawasan Candi Geding Songo ini.

Alamat :
Desa Candi, Kec. Bandungan, Banyukuning, Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

Jam Buka :
06.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket :
Wisatawan Domestik : Rp. 7.000,-
Wisatawan Mancanegara : Rp. 35.000,-

7. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong

Kota Semarang memang tidak bisa dipisahkan dari sejarah masyarakat Tionghoa nya. Tak heran jika di kota ini terdapat beberapa tempat ibadah masyarakat Tionghoa yang masih digunakan hingga sekarang. Klenteng Sam Poo Kong selain merupakan tempat ibadah dan ziarah juga merupakan tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Tempat ini dikenal juga dengan sebutan Gedong Batu. Di halaman yang cukup luas di depan kelenteng, terdapat sejumlah patung, termasuk patung Laksamana Cheng Ho, yang cukup menarik untuk dinikmati. Di sinilah Anda bisa menyaksikan atraksi-atraksi kesenian berupa tari tarian, barongsai atau bentuk kesenian lain digelar untuk memperngati hari hari bersejarah yang berhubungan dengan Cheng Ho atau budaya China.

Selain melihat kemegahan bangunan klenteng, Anda juga bisa berfoto dengan kostum khas Tionghoa. Dengan menbayar Rp. 80.000,- untuk menyewa kostum dan bisa berfoto di lokasi yang Anda inginkan.

Alamat :
Jl. Simongan Raya No.129, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 3.000,-

8. Masjid Layur

Masjid Layur


Selain Masjid Agung yang terkenal dengan arsitekturnya yang menyerupai Masjidil Haram di Mekkah. Kota emarang juga masih memiiliki masjid lain yang tak kalah bersejarah. Salah satunya adalah Masjid Layur. Tidak seperti masjid kebnayakn yang bergaya arab, Masjid Layur ini memiliki memiliki lebih banyak unsur lokal. Lantai bangunan setangkup tersebut dinaikkan dan hanya dapat dicapai dengan tangga yang terdapat pada sisi muka. Walaupun sudah dimakan usia namun masjid ini masih kokoh dan masih digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah. Sampai sekarang masjid ini masih terus dirawat oleh yayasan masjid setempat sebagai upaya pelestarian sejarah dan sebagai masjid tua kebanggaan Kota Semarang.

Secara menyeluruh Masjid Layur masih asli seperti pertama kali dibuat, hanya ada sedikit perbaikan seperti penggantian genteng dan penambahan ruang untuk pengelola pada sisi kanan kompleks masjid.

Alamat :
Jalan Layur, Kelurahan Dadapsari, Semarang Utara, Jawa Tengah – Indonesia
 

9. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang


Bagi Anda yang mempunyai hoby fotografi, Kota Lama Semarang wajib untuk Anda kunjungi. Pertama-tama Anda bisa mengunjungi Stasiun Tawang yang masih nampak megak dengan kubah besar di tengahnya. Di depannya terdapat Polder Air Tawang yang berfungsi sebagai pusat pengendali banjir dan penampungan air sebelum dialirkan ke laut. Di seberangnya terdapat Pabrik Rokok Praoe Lajar yang merupakan pabrik rokok indie yang beroperasi sejak jaman pemerintahan Belanda sampai sekarang. Bangunannya pun masih terawat sampai saat ini.

Tidak jauh dari situ terdapat gedung Marabunta dengan ciri khas semut besar di kedua atapnya. Gedung ini dulunya merupakan gedung pertunjukan. Ada juga gedung Marba yang terdapat di salah satu sudut area Kota Lama ini dengan ciri khas warna merah marun di dinding luarnya. Dari situ sudah nampak Gereja Blenduk yang sudah berusia lebih dari 2,5 abad. Berjalan ke arah Barat Anda akan menemui Jembatan MBerok yang dulunya merupakan salah satu pintu gerbang untuk masuk ke kawasan gedung-gedung “Belanda” ini.

Alamat :
Jl. Letjen Suprapto, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

10. Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito merupakan sebuah museum yang bisa dibilang terlengkap di Kota Semarang. Di Museum ini Anda bisa menemukan aneka jenis wayang wayangan. Selain itu, Anda juga akan menemukan lukisan alam semesta, bebatuan meteroit, zaman prasejarah, peradaban Hindu-Budha serta perjuangan kemerdekaan semasa perjuangan fisik dan diplomasi. Terdapat sebuah ruangan yang disana Anda bisa menemukan ragam keris peninggalan dari Jawa Tengah.

Tak sampai disitu saja, Anda bisa mengunjungi wahana 3 dimensi. Hanya dengan Rp. 10.000, Anda dapat menonton film prasejarah berdurasi sekitar 20 menit. Anda juga bisa memilih film yang akan Anda tonton seperti film tentang pembuatan candi borobudur, proses terjadinya gunung melutus, penemuan candi, dsb, tergantung dari permintaan pengunjung.

Alamat :
Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

Jam Buka :
08.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket :
Dewasa : Rp. 4.000,-
Anak anak : Rp. 2.000,-

Demikianlah artikel kali ini tentang 10 Wisata Sejarah Yang Ada Di Semarang, Semoga bermanfaat.