Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Wisata Bersejarah di Mataram

8 Wisata Bersejarah di Mataram


Oldtravian.com - Mataram merupakan ibu kota dari Nusa Tenggara Barat yang sekaligus terletak di Pulau Lombok. Terletak tepat di pulau cantik yang keindahannya sudah mendunia, tentu saja Mataram memiliki ragam pariwisata yang menarik untuk anda kunjungi. Namun tidak hanya wisata alamnya saja, kota dengan julukan seribu masjid ini menyimpan banyak bangunan bersejarah yang tak kalah unik. Berikut adalah wisata bangunan bersejarah di Mataram yang bisa anda eksplore.

1. Masjid Islamic Center Lombok

Masjid Islamic Center Lombok


Masjid Islamic Center merupakan sebuah masjid yang ada di Kota Mataram. Dikabarkan dalam pembangunannya, masjid ini menelan dana hingga kurang lebih 300 Miliyar. Tentu saja masjid megah islamic center ini dibuka untuk umum.

Selain anda beribadah di masjid yang megah berdiri di Mataram ini, di Masjid Islamic Center ini anda juga bisa berkunjung ke Menara 99. Menara tersebut merupakan bagian dari Islamic Centekota tua ampenan, anda Lombok yang berada di kawasan Masjid. Di menara 99 ini merupakan salah satu objek wisata religi favorit, dimana selain anda untuk beribadah di Islamic Center, anda juga bias berfoto sebagai kenang-kenangan, serta tidak lupa naik ke menara untuk melihat Pulau Lombok dari atas menara Islamic Center tersebut.

Alamat :
Islamic Centre, Jalan Udayana, Selaparang, Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

2. Pura Mayura

Pura Mayura


Di pura yang dibangun pada area seluas 2 hektar ini, anda tidak hanya melihat kekuasaan Kerajaan Karangsem dan Kerajaan Mataram di Lombok, namun juga Kerajaan Singasari. Yang unik di area Pura Mayura ini terdapat sebuah bale yang dibangun terapung. Bale Kambang atau yang juga dikenal dengan sebutan Rat Kerte ini dikelilingi kolam. Sinar matahari yang memantul di atas kolam tersebut menambah indah suasana di sekitar Bale. Kesan asri juga nampak di pura ini dengan keberadaan taman-taman yang tertata rapi dengan pohon-pohon manggis yang mengelilinginya. Biasanya guide akan mengijinkan anda untuk memetik buah manggis di sini.

Dengan semua keindahan yang ditawarkan Pura Taman Mayura Mataram, anda biasanya lupa bahwa di sekitar pura ini masih ada sekomplek pura lain yang menambah kesan spiritual di sini. Pura-pura tersebut berada di hulu kolam dan terdapat roh area Mayura di sana.

Alamat :
Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia
 

3. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat


Museum Negeri Nusa Tenggara Barat merupakan sebuah museum kebanggaan yang ada di Kota Mataram. Memasuki museum anda bisa melihat boneka yang berpakaian adat Sasak, Mbojo, dan Samawa yang merupakan bagian budaya dari NTB, dan di sekitarnya ada beberapa peralatan hidup masyarakat ala peradaban zaman dahulu seperti peralatan dapur mereka, bercocok tanam, melaut, dan lain-lain. Di Museum Negeri NTB di Kota Mataram ini anda juga bisa menemukan koleksi sejarah catatan mengenai Lombok yang tertuliskan naskahnya di daun lontar. Untuk di bagian senjata, di museum ini diperlihatkan berbagai macam model keris yang biasa digunakan sebagai pelengkap upacara adat.

Ada juga di sini riwayat perjalanan sejarah dari Kerajaan Bima, kerajaan Islam di NTB. Beberapa benda peninggalan sultan (raja) seperti ikat pinggang kebesarannya, stempel kerajaan, kertas-kertas dokumen sejarah yang antara lain ada berisi perjanjian sultan dengan Belanda.

Alamat :
Jl. Panji Tilar Negara No.6, Taman Sari, Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

Jam Buka :
08.00 – 14.00 WITA
Hari senin tutup.

Harga Tiket :
Rp. 1.000,-

4. Pura Meru Cakranegara

Pura Meru Cakranegara

Pura Meru merupakan sebuah pura yang ada di kawasan Cakranegara, Kota Mataram. Jika berkunjung ke bangunana religi bersejarah ini selain melihat megahnya bagunan pura, di Pura Meru Cakranegara ini anda juga akan menemui Sekepat (semacam gazebo dengan empat tiang) yang biasanya digunakan oleh tetua adat dalam memimpin upacara. Serta Sake Ulu (gazebo dengan delapan tiang) yang biasa digunakan sebagai tempat sesajen dan banten dalam setiap ritual. Di bagian tengah anda bisa menemui Madya Mandala, dengan gazebo dua tingkat yang biasanya dipakai untuk bernegosiasi.

Tepat di depan pura ini, anda bisa menemui Nista Mandala. Yaitu sebuah halaman kosong. Tempat ini biasa digunakan untuk menggelar berbagai kesenian dalam upacara-upacara tertentu. Setelah puas berkeliling dan menjelajah area dalam Pura Meru Mataram ini, anda bisa mampir toko-toko cinderamata yang berada di kawasan Pasar Cakranegara. Letaknya di sebelah Barat Pura Meru.

Alamat :
Jl. Selaparang, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

Jam Buka :
08.00 – 18.00 WITA

5. Pura Lingsar

Pura Lingsar

Sebuah pulau yang terletak di kawasan Lombok Barat adalah Pura Lingsar. Selain bisa melihat ritual keagamaan yang unik, anda juga harus menjelajahi kemegahan Pura ini. Selain pura Gaduh dan Kemaliq, di Pura Lingsar Mataram terdapat kolam yang dibangun untuk menghormati Dewa Whisnu dengan luas 6.230 meter persegi. Kolam bernama Telaga Ageng ini dihuni ikan yang jika tidak dipanggil keluar tidak akan menampakkan diri.

Di dasar kolam anda akan melihat banyak uang koin yang berserakan. Uang-uang tersebut dilempar oleh pengunjung. Konon katanya setiap orang yang melempar koin ke dalam kolam akan mendapatkan kemudahan rejeki dari Tuhan.

Alamat :
Desa Lingsar, Narmada, Lingsar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

6. Kota Tua Ampenan

Kota Tua Ampenan

Di kawasan Kota Tua Ampenan ini anda akan menemukan Kampung Cina, Kampung Melayu, Kampung Bali, Kampung Bugis, Kampung Arab dan Kampung Banjar. Keragaman etnis ini memperkuat sejarah dari keberadaan pelabuhan yang mempermudah akses masuknya beragam kebudayaan ke wilayah Ampenan ini. Salah satu area favorit adalah wilayah bekas dermaga. Ketika anda memasuki wilayah bekas dermaga ini, anda masih bisa menemukan sisa reruntuhan dari dermaga tersebut. Saat ini, sisa dermaga tersebut digunakan sebagai lokasi memancing bagi masyarakat lokal maupun wisatawan yang ingin menikmati suasana di wilayah dermaga ini.

Selain itu, kegiatan memancing ini sering dilakukan untuk menunggu sunset yang indah dari tempat ini. Hal ini tak terlepas dari fungsi bekas dermaga ini sudah menjadi objek wisata berupa pantai. Ketika bewisata, tentunya anda juga harus menikmati kuliner khas Kota Mataram ini.

Alamat :
Ampenan, Mataram, Nusa tenggara Barat – Indonesia

7. Taman Narmada

Taman Narmada


Taman Narmada adalah salah satu tempat berlibur favorit yang bisa anda kunjungi. Di bagian bawah dari Taman Narmada Mataram Lombok ini terdapat tiga kolam yang yang mendapat air dari sumber mata air jernih dan wujudnya seperti danau yang indah.

Di Taman yang asri ini beragam kegiatan bisa anda lakukan, seperti bersantai menikmati kegiatan taman sembari menghirup udara segar, berkunjung ke Pura Kelasa Mataram dengan menaiki puluhan anak tangga, mengunjungi Balai Loji, Balai Teran, Telaga Padmawangi, dan Hakaman Bencingah. Bahkan anda bisa melakukan aktivitas outbond seperti flying fox.

Alamat :
Jl. Ahmad Yani, Narmada, Lombok Barat, Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

Harga Tiket :
Wisatwan Domestik : Rp. 4.000,-
Wisatawan Mancanegara : Rp. 10.000,-

8. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong merupakan sebuah pura kecil yang terletak di area Pantai Sengigi. Di Pura Batu Bolong anda tidak hanya bisa beribadah, namun juga bisa menyalurkan hoby fotografi anda. Maklum pura ini sangat indah dikunjungi pada saat sunset. Saat matahari melebur dengan alam, laut yang disapuh warna matahari keemasan, siapkan kamera anda untuk mengabadikan momen berharga ini.

Saat malam tiba, bintang-bintang memayungi Pura Batu Bolong dan deburan ombak Pantai Senggigi semakin keras terdengar. Kawasan Pura Batu Bolong Mataram ini cukup ramai. Banyak pedagang souvenir, makann dan minuman yang siap menjamu anda kala lapar dan haus datang.

Alamat :
Jl. Raya Senggigi, Batu Layar, Mataram, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

Demikianlah artikel kali ini, tentang 8 Wisata Bersejarah di Mataram, semoga bermanfaat.