Dapatkan Pemberitahuan Terbaru Dari Oldtravian.com dengan FOLLOW Google NEWS

10 Wisata Alam Tersembunyi di Manado

10 Wisata Alam Tersembunyi di Manado
10 Wisata Alam Tersembunyi di Manado


Oldtravian.com - Manado merupakan ibu kota dari Sulawesi Utara yang menyimpan banyak potensi wisata tersembunyi. Selain beragam wisata budaya yang sudah tidak diragukan lagi keaneka ragamannya. Kota Manado juga memiliki wisata alam yang tak bisa anda temukan di tempat lain. Wisata pantai dan pulaunya sangat menggiurkan untuk dijelajahi. Berikut ini wisata alam terbaik yang menjadi surga tersembunyi di Manado.

1. Pulau Siladen

Pulau Siladen

Pulau Siladen merupakan salah satu pulau dari 5 bagian pulau yang termasuk dalam Taman Laut Nasional Bunaken di Manado. Bagi anda yang ingin menikmati taman laut dari Pulau Siladen Manado ini bisa mencoba alternatif dengan snorkling, diving atau dengan berkeliling pantai menggunakan perahu berkaca. Tidak perlu repot-repot untuk membawa alat sendiri di Pulau Siladen pun juga ada tempat penyewaan alat-alat tersebut yang dapat ditemukan di lokasi Siladen 1 dan Siladen 2. Di Pulau Siladen ini juga terdapat event tahunan berupa pembuatan istana pasir. Yang lebih disarankan sebenarnya adalah snorkeling karena pemandangan yang dapat dinikmati sangatlah indah dan dapat sangat jelas anda nikmati.

Berbagai ikan yang berwarna-warni bisa anda lihat lebih jelas dengan dasar pasir putih. Dan beberapa terumbu karang yang anda temui menjadi rumah bagi banyak ikan yang ada.

Alamat :
Pulau Siladen, Kepulauan Bunaken, Manado, Sulawesi Utara – Indonesia

2. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang

Pantai Malalayang merupakan salah satu pantai yang terletak di bagian selatan dari Kota Manado. anda dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan yang dapat dilihat dari pantai ini, anda dapat melihat Pulau Manado Tua dan juga Pulau Bunaken. Di sore hari pemandangan sunset juga sangat bagus untuk dinikmati sambil mencicipi camilan di pinggir pantai khas Manado ini. Kondisi ombaknya pun relatif tenang, sehingga sangat cocok untuk tempat bersantai.

Bagi anda yang ingin melakukan olah raga air, anda bisa melakukan diving di Pantai Malalayang ini.

Alamat :
Manado, Sulawesi Utara – Indonesia

Harga Tiket :
Gratis

3. Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas


Air Terjun Kima Atas merupakan sebuah objek wisata alam yang keberadaanya tak jauh dari Bandara Sam Ratu Langi Manado. Kawasan wisata alam ini namanya sudah cukup termasyur di kalangan anda. Bermain air dan berenang menjadi kegiatan favorit yang dapat anda lakukan di wisata alam Air Terjun Kima Atas Manado ini, terlebih dengan suasana alam yang asri dan jauh dari keramaian kota. Suasana tersebutlah yang banyak dicari wisatawan untuk menghilangkan sedikit kepenatan dari hiruk-pikuk kota. Di air terjun ini terdapat tiga tingkatan air terjun, tingkatan yang dimaksud adalah dalam air terjun ini air terjun yang sama mengalami 2 kali benturan atau permukaan datar.

Dan bagi anda yang tidak ingin berbasah-basahan pun bisa menggelar tikar dan duduk-duduk di sekitar air terjun untuk menikmati suasana merdu gemericik air dan suasana yang rindang.

Alamat :
Mapanget Manado, Sulawesi Utara – Indonesia

4. Taman Laut Nasional Bunaken

Taman Laut Nasional Bunaken


Bunaken merupakan sebuah taman laut yang namanya sudah mendunia. Di Taman Laut Nasional Bunaken Manado ini anda bisa melihat 2.000 jenis ikan dan beragam biota laut. Selain itu anda bisa melihat jenis ikan yang bisa dikatakan jarang ditemui bahkan hampir punah seperti dugong, kura-kura, maupun ikan raja laut (coelacanth). Disini anda juga bisa menyelam dan menikmati snorkling. Selain menyelam ataupun snorkling, ada beberapa cara menarik lainnya yang dapat anda lakukan untuk dapat menikmati keindahan Bunaken Manado. anda bisa berjalan kaki atau menyewa kapal untuk berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya. Hanya dengan berjalan kaki mengelilingi pantai sudah menjadi pengalaman yang menakjubkan.

anda juga bisa menggunakan Katamaran, kapal semi selam yang disewakan di lepas pantai Pulau Bunaken, Manado. Kapal ini dilengkapi dengan dinding-dinding kaca supaya anda bisa menikmati keindahan bawah laut Bunaken.

Alamat :
Jalan Raya Molas, Batusaiki, Kec. Bunaken, Manado, Sulawesi Utara – Indonesia

Harga Tiket :
Wisatawan Domestik : Rp. 2.500,-
Wisatawan Mancanegara : Rp. 50.000,-

5. Bukit Kasih

Bukit Kasih


Berjalan-jalan menikmati cuaca dingin di Bukit Kasih Manado sambil menaiki anak tangga satu-persatu menuju puncak pertama dan kedua akan memberikan kenangan berbeda untuk perjalanan anda. Melewati kawasan wisata kawah belerang di sisi kanan Monumen. Sambil menyaksikan penggunaan energi panas dari tempat ini yang dimanfaatkan untuk memasak jagung, ubi dan pisang oleh wisatawan dan penduduk setempat pastinya akan sangat berkesan. Tidak hanya itu saja, salah satu kegiatan favorite adalah ketika anda menaiki tangga, anda bisa melihat indahnya pemandangan kawah belerang.

anda juga dapat menyaksikan aktivitas di sekitar Air panasnya. Air panas ini digunakan oleh wisatawan dan masyarakat setempat untk memasak jagung, kacang dan telur.

Alamat :
Desa Kanonang, Kec. Kawangkoan Barat, Manado, Minahasa, Sulawesi Utara – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 3.000,-

6. Danau Tondano

Danau Tondano


Danau Tondono merupakan salah satu danau yang ada di Kota Manado. Kecantikan alam dan track yang menantang ditawarkan oleh wisata Danau Tondano yang memang berada di rute perbukitan. Sedangkan bagi anda yang ingin lebih santai menikmati nya panorama apik seputaran Tondano juga dinikmati dengan menaiki delman. Arsitektur khas Eropa milik sebuah bangunan yang berdiri di dekat danau bisa anda saksikan. Di sini anda juga bisa mencoba memancing ikan air tawar sambil ditemani pemandangan Gunung Kaweng Manado.

Sungguh tak bakal merugi jika anda mengarungi danau Tondano karena pulau Likri yang berdiri di tengah danau juga memberikan panorama tersendiri bagi kawasan Tondano. anda bisa juga berkungjung ke sebuah kawasan wisata keluarga ‘Sumaro Endo’ juga menjadi bagian dari keberadaan danau Tondano.

Alamat :
Minahasa, Manado, Sulawesi Utara – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 4.000,-

7. Gunung Tumpa

Gunung Tumpa


Gunung Tumpa memang sudah terkenal di Manado untuk pemandangannya. Ukuran gunung yang cukup kecil, cocok untuk para anda yang bukan berprofesi sebagai pecinta alam namun ingin mencoba menaklukan gunung tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Gunung ini merupakan hutang lindung yang hijau dan rindang yang juga ditumbuhi oleh sekumpulan pohon kelapa berupa perkebunan kelapa rakyat. Dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi untuk sebuah gunung dari Gunung Tumpa para pendaki dapat melihat dengan indah keseluruhan Kota Manado serta kepulauan Bunaken.

Keindahan Pulau Manado Tua dan Pulau Bunaken terlihat sangat indah dan jelas bentuknya saat memandang ke sisi barat laut. Selain itu di Gunung Tumpa juga bisa ditemukan lokasi wisata bukit doa, meski tak semegah dan seluas bukit doa yang ada di Tomohon, namun bukit doa ini termasuk cukup untuk menjadi tempat refleksi diri sambil menenangkan diri dari kehirukpikukan kota Manado, malah ketenangannya lebih sunyi disini.

Alamat :
Tongkaina, Manado, Sulawesi Utara – Indonesia
 

8. Taman Margasatwa Tandurusa

Taman Margasatwa Tandurusa


Jika anda sedang berlibur ke Manado, Sulawesi Utara, maka salah satu tempat yang wajib anda kunjungi adalah Taman Margasatwa Tandurusa. Di Taman Marga Satwa Tandurusa ini anda bisa menemukan hewan langkah yang dilindungi. Yakni salah satunya adalah Tarsius. Di dalam kandang Tarsius tersebut anda bisa masuk kedalam kandang dengan leluasa karena kandangnya tidak dikunci dan melihat Tarsius dari dekat. Saat siang hari sebaiknya tidak terlalu lama saat melihat-lihat Tarsius, karena Tarsius adalah hewan yang hidup di malam hari jadi sebaiknya tidak terlalu lama menganggu waktu tidurnya.

Di dalam Taman Marga Satwa Tandurusa Manado tidak hanya memiliki tarsius, ada juga buaya, beberapa jenis ular, burung cendrawasih dan beberapa hewan lainnya. Tak jauh dari kandang tarsius juga dapat ditemukan kasuari yang cantik.

Alamat :
Jalan Raya Aertembaga, Aertembaga, Kota Bitung, Manado, Sulawesi Utara – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 8.000,-

9. Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak


Tidak hanya Bunaken, namun Manado juga masih menyimpan ejuta keindahan taman laut lainnya. Salah satunya dalah Taman Laut Tumbak. Yang membuat unik, Pulau Tumbak ini memiliki sebuah bukit. Dari atas bukit ini anda bisa menyaksikan hamparan laut biru dengan gugusan pulau yang berjajar indah di perairan tenggara Sulawesi Utara. Selain bukit, Pulau tumbak juga memiliki padang savana yang belum banyak dijamah oleh manusia.

Diselingi rerimbunan pohon, padang savana Pulau Tumbak Manado menjadi kawasan yang cocok bagi mereka yang mendambakan tempat hening di tengah pulau. Diperkaya spot snorkeling yang banyak, Pulau Tumbak Manado merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menawarkan paket wisata bahari yang lengkap. Selain snorkeling, di pulau ini pengunjung juga bisa memancing dan menyelam.

Alamat :
Desa Tumbak, Manado, Sulawesi Utara – Indonesia

10. Kota Bunga Tomohon

Kota Bunga Tomohon


Kota Bunga Tomohon adalah salah satu tempat wisata yang ada di Sulawesi Utara. Tempat wisata yang dekat dengan Manado ini sangat disarankan untuk anda yang mencari tempat wisata yang tergolong itu itu saja. Kota Bunga Tomohon ini mempunyai koleksi bunga yang sangat beragam. Kondisi tanahnya yang subur dan udaranya yang sejuk membuat tempat ini cocok untuk menanam segala jenis bunga.

Tak heran jika anda dapat menjumpai banyak bunga dari tempat ini. Selain itu juga ada festival bunga yang biasanya diselenggarakan pada bulan juni – juli. Untuk anda yang senang dengan bunga, sempatkan ke Tomohon untuk dapat melihat beberapa macam jenis bunga dan kalian juga dapat membelinya di tempat ini.

Alamat :
Kota Tomohon, Sulawesi Utara – Indonesia

Demikianlah informasi tentang 10 Wisata Alam Tersembunyi di Manado, semoga bermanfaat.
Oldtravian.com Merupakan Situs Informasi Seputar Wisata dan Traveling.

Post a Comment