Dapatkan Pemberitahuan Terbaru Dari Oldtravian.com dengan FOLLOW Google NEWS

10 Wisata Alam di Makassar ini siap mereparasi mood-mu

10 Wisata Alam di Makassar ini siap mereparasi mood-mu
Wisata Alam di Makassar


Oldtravian.com - Makassar merupakan sebuah kota di bagian timur Nusantara yang memiliki potensi alam yang luas. Di kota yang sedang berkembang ini menyimpan sejuta keindahan alam yang belum terekspose secara maksimal. Mulai dari lautan pesisir, perbukitan, air terjun, hingga wisata pulau semua ada di Makassar. Berikut ini wisata alam tersembunyi di Kota Makassar yang akan membuat mata anda terbelalak.

1. Pemandian Alam Air Panas Lejja

Pemandian Alam Air Panas Lejja


Salah satu destinasi nyantai yang ada di Makassar yakni Pemandian Air Panas Lejja. Pemandian Air Panas Lejja sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai sejenak. Yang unik, di kawasan pemandian ini anda juga bisa melihat sumber air panasnya secara langsung. Ada jalan setapak di sebelah kolam pemandian menuju bukit. Di sana akan ada sungai kecil dengan air panas dan bebatuan yang dialiri air panas dan mengeluarkan asap. Sampai di ujung jalan anda bisa menemui pohon yang dibawah akarnya terdapat lubang dengan diameter sekitar 50 cm. Disitulah sumber air panas Pemandian Air Panas Lejja berasal.

Jangan heran kalau di sekitar pohon tersebut banyak terdapat kaleng dan botol yang diikat karena menurut informasi hal itu merupakan simbol pengharapan bagi yang menggantunggkan botol atau kaleng tersebut, dimana ketika harapan tersebut sudah terwujud maka orang tersebut akan datang lagi ke Lejja untuk melepas ikatan botol atau kalengnya dan juga sebagai simbol pengikatan hubungan pasangan sejoli yang datang ke tempat ini.

Alamat :
Bulue, Mario Riawa, Soppeng, Makassar, Sulawesi Selatan – Indonesia

Harga Tiket :
Dewasa : Rp. 10.000,-
Anak anak : Rp. 4.000,-

2. Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate


Taka Bonerate merupakan kawasan berupa pulau-pulau kecil, perairan laut dengan ekosistem pantai, terumbu karang, lamun, dan biota-biota laut, membuat keindahan dan keunikan alam menjadi potensi atraksi wisata dengan nilai komparatif dan kompetitif yang besar. Wisata alam di Makassar yang dapat dilakukan dengan berbagai aktifitas seperti melihat keindahan alam (seeing) dan berolahraga (sport). Keindahan alam yang dapat dinikmati berupa keindahan matahari terbit (sunrise) maupun matahari terbenam (sunset), pasir putih disekeliling pantai, keanekaragaman biota laut (terumbu karang, ikan dan biota langka lainnya), rimbunan pohon kelapa, dan berbagai keindahan alam lainnya.

Sedangkan aktifitas olahraga yang dapat dilakukan amat beragam antara lain berenang, snorkeling, menyelam (scuba diving), berperahu (canoeing/ sailing), memancing (fishing), jogging/ trekking serta berjemur (sunbathing). Taman nasional ini menjadi salah satu wisata favorit di kawasan Makassar.

Alamat :
Sulawesi Selatan, Indonesia

3. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Makassar merupakan habitat berbagai macam flora dan fauna dan yang paling menonjol adalah kupu-kupu, setidaknya ada 20 Jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh pemerintah dan berbagai jenis lain atau sekitar 250 Jenis Kupu-kupu yang mendiami tempat ini. Namun tidak hanya itu, kawasan Taman Nasional di Makassar ini memiliki kurang lebih 80 gua alam dan gua prasejarah yang tersebar di kawasan ini, salah satu gua yang paling diminati oleh para wisatawan untuk dikunjungi adalah Gua batu dan gua Mimpi. Objek menarik selain gua dan kupu-kupu serta air terjun yang ada di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Makassar ini adalah Gugusan pegunungan Karts nya, yang merupakan gugusan pegunungan alami yang sangat indah, salah satu lokasi yang mempunyai gugusan indah pegunungan karts.

Selain sebagai tempat konserfasi, Taman Nasional Bantimurung Makassar juga sangat pas untuk dijadikan pilihan bagi anda yang hoby fotografi karena disini banyak spot menarik.

Alamat :
Makassar, Sulawesi Selatan – Indonesia

Harga Tiket :
Wisatawan Domestik : Rp. 20.000,-
Wisatawan Mancanegara : Rp. 50.000,-

4. Kebun Teh Malino Highland 

Kebun Teh Malino Highland

Kebun Teh Malino Higland merupakan sebuah tempat dimana sudah tidak diragukan lagi keindahannya. anda Berjalan-jalan di areal kebun teh, ketika sampai di bagian puncaknya anda akan menemukan sebuah cafe bernuansa arsitektur jepang dengan menyediakan suguhan teh terbaik dari alam. Segala fasilitas serba eksklusif dan bergaya Jepang. Di cafe ini selain menikmati teh hangat anda akan di buat terpesona oleh pemandangan perkebunan teh yang berbukit-bukit dan hijau. Malino Higland juga menawarkan beberapa permainan aktifitas di luar ruangan antara lain paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolines, cross country running, bersepeda, kegiatan festival layang-layang, jalur tracking, tempat outbond, taman satwa, serta disiapkan teropong untuk melihat benda-benda angkasa.

Tidak jauh dari lokasi Malino Highland, anda dapat menikmati dua air terjun. Untuk sampai ke air terjun tersebut anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 600 – 800 meter. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, anda kembali disuguhi pemandangan alam yang hijau nan elok menawan.

Alamat :
Pattapang, Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan – Indonesia

Harga Tiket :
Dewasa : Rp. 50.000,-
Anak anak : Rp. 25.000,-


5. Pantai Losari

Pantai Losari

Pantai losari bisa dikatakan merupakan sebagai icon wisata di Makassar. Pantai yang terkenal dengan sejuta kulinernya ini memang menjadi tempat favorite untuk menghabiskan waktu santai. Waktu yang tepat untuk andaberkunjung ke Pantai Losari ini adalah sejak pukul 3 sore hingga 9 malam. Disini anda bisa kumpul-kumpul sambil menunggu dan menikmati keindahan matahari tenggelam Pantai Losari, kemudian berlanjut menikmati kuliner hidangan laut yang enak dan murah. Selain dapat menikmati keindahan pantai, anda juga dapat menikmati fasilitas internet di sepanjang Pantai Losari. Ini merupakan salah satu keunikan dari Pantai Losari, sebuah pantai yang mempunyai fasilitas hotspot internet gratis. Pantai Losari Makassar juga sering kali dimanfaatkan sebagai tempat untuk berolahraga. anda bisa datang ke Pantai Losari Makassar untuk lari pagi karena udara yang sejuk dan angin yang sepoi-sepoi.

Pantai Losari adalah tempat wisata alam yang jarang ditemui di kota lain, karena jarang sekali ada tempat wisata alam di tengah kota seperti di Pantai Losari Makassar.

Alamat :
Jalan penghibur, Makassar, Sulawesi Selatan – Indonesia

6. Wisata Danau Tempe

Wisata Danau Tempe

Danau Tempe merupakan tempat dimana disebut sebut sebagai penghasil ikan air tawar terbesar di dunia. Selain banyak terdapat spesies ikan air tawar, di Danau Tempe Makassar juga bisa anda temui keunikan yang lain. Di tengah danau Dolaner bisa jumpai ratusan rumah terapung milik nelayan yang berjejer dengan dihiasi bendera yang berwarna-warni. Dari atas rumah terapung itu, pengunjung dapat menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari di satu posisi yang sama, dan juga bisa menjumpai berbagai bunga air serta beberapa jenis burung yang jarang ditemui. Burung-burung tersebut berpindah dari benua satu ke benua yang lain, dan Danau Tempe Makassar menjadi tempat persinggahan burung-burung tersebut.

Selain itu, anda bisa berkeliling menikmati keindahan alamnya dengan menggunakan perahu, sambil memancing ikan. Setiap tanggal 23 Agustus, anda bisa melihat pemandangan yang luar bisa karena di sini diadakan sebuah ritual tahunan untuk menyucikan danau yang disebut dengan Maccera Tappareng.

Alamat :
Makassar, Sulawesi Selatan – Indonesia

7. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira


Lembutnya pasir berwarna putih bersih yang berpadu dengan birunya air laut menjadi ciri khas ysng bisa menggambarkan Pantai Tanjung Bira. Pantai Tanjung Bira termasuk dalam kategori pantai yang bersih dan tertata rapi di Makassar. Di kawasan Pantai Tanjung Bira Makassar ini, anda dapat menghabiskan waktu liburnya dengan berenang, menyelam, snorkeling, bermain aneka permainan air seperti banana boat atau hanya sekedar berjemur menikmati segarnya angin yang berhembus.

Pada saat pagi atau menjelang malam, wisatawan juga dapat melihat pesona matahari terbit dan terbenam dalam satu lokasi. Sebatas mata memandang ke laut lepas, anda juga dapat menikmati keindahan Pulau Liukang dan Pulau Kambing.

Alamat :
Jl. Tj. BIra, Bonto Bahari, Bulukumba, Makassar, Sulawesi Selatan – Indonesia

Harga Tiket :
Wisatawan Domestik : Rp. 10.000,-
Wisatawan Mancanegara : Rp. 20.000,-


8. Pulau Samalona

Pulau Samalona


Pulau Samalona merupakan sebuah pulau yang terletak di Ujung Pandang Kota Makassar. Pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih. Air lautnya masih berwarna biru jernih. Di Pulau Samalona Makassar ini terdapat banyak pohon kelapa yang semakin menambah kecantikannya. Pulau Samalona juga terkenal dengan keindahan dunia bawah lautnya. Selain berenang, anda juga bisa menyelam di sini. Terumbu karangnya masih cantik dengan ikan lautnya yang berwarna-warni.

Selain itu, pulau di Makassar ini juga menyimpan misteri tentang karamnya sejumlah kapal peninggalan Perang Dunia Ke-2. Setidaknya ada tujuh buah kapal yang tenggelam di kawasan pulau ini. Diantaranya adalah Kapal Maru (sebuah kapal perang milik Jepang yang tenggelam di kedalaman sekitar 30 meter), Kapal Lancaster Bomber, Kapal Kargo Hakko Maru buatan Belanda dan beberapa kapal lainnya. Saat ini kapal-kapal tersebut telah berubah menjadi karang dan menjadi rumah bagi ratusan biota laut. Para anda biasanya datang ke Pulau Samalona Makassar ini untuk berenang diantara bangkai kapal-kapal tersebut.

Alamat :
Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan – Indonesia
 

9. Pegunungan Karst Makassar

Pegunungan Karst Makassar


Karst merupakan gugusan tebing Cadas yang terbentuk oleh erosi bawah tanah batuan seperti Batu Kapur dan Marmer yang larut dalam air. Kawasan Pegunungan Karst Makassar ini juga dikenal sebagai Hutan Batu terbesar dan terindah kedua di Dunia setelah Karst di Yunnan, Cina. Kawasan Karst Maros sendiri terbentuk oleh batuan gamping sejak ribuan tahun yang lalu membentang di wilayah kabupaten Maros dan kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, dengan luas sekitar kurang lebih 40 ribu hektar. Keunikan karst Maros-Pangkep terletak pada bentuknya yang seperti menara dan benteng batu yang berdiri sendiri maupun berkelompok membentuk gugusan pegunungan batu gamping yang menjulang tinggi dengan berbagai macam bentuk yang unik, ada sebuah menara batu yang jika dilihat dari titik yang pas akan membentuk siluet wajah.

Selain menikmati indah tebing batu, anda juga dapat menjelajahi Gua-gua disekitar karst dengan bantuan pemandu setempat, tentunya dengan peralatan dan pakaian yang sesuai dengan wisata jelajah Gua.

Alamat :
Desa Salenrang, Kec. Bontoa, Kab. Maros, Makassar, Sulawesi Selatan – Indonesia

10. Air terjun Takapala

Air terjun Takapala

Air terjun Malino atau dikenal dengan Air Terjun Takapala merupakan salah satu destinasi wisata dari Kawasan Malino, Kabupaten Gowa. Untuk mencapai Air Terjun Takapala, cukup berjalan kaki melalui kebun teh Malino Highland tanpa perlu balik ke pintu keluarnya. Air Terjun Takapala merupakan salah satu dari dua air terjun yang dimiliki Malino. Air Terjun Takapala Makassar memiliki ketinggian 100 meter dengan debit air cukup besar yang dapat membuat kabut sekitar 20 meter, sehingga jangan heran jika kamu dapat melihat cahaya seperti pelangi di air terjun ini.

Dan di sekeliling air terjun terdapat tebing curam dengan corak unik yang membuat kesan air terjun ini nampak masih alami. Untuk menikmati pemandangan air terjun lebih dekat dan natural, anda bisa menaiki bukit batu yang dikenal dengan 1000 anak tangga untuk memudahkan pengunjung melihat dari dekat Air Terjun Takapala.

Alamat :
Bonto Lerung, Tinggimoncong, Gowa Regency, Makassar, Sulawesi Selatan – Indonesia

Demikianlah informasi tentang 10 Wisata Alam di Makassar ini siap mereparasi mood-mu, semoga bermanfaat.
Oldtravian.com Merupakan Situs Informasi Seputar Wisata dan Traveling.

Post a Comment