Dapatkan Pemberitahuan Terbaru Dari Oldtravian.com dengan FOLLOW Google NEWS

15 Spot Instagramable di Yogyakarta

15 Spot Instagramable di Yogyakarta
15 Spot Instagramable di Yogyakarta

Oldtravian.com - Jogja merupakan sebuah kota dimana selalu membuat rindu siapa saja yang pernah mendatanginya. Tak hanya keragaman budayanya saja, keindahan potensi pariwisatanya juga beragam. Mulai dari wisata alam, wisata hiburan hingga wisata edukasi. Tak heran jika kota Jogja sering dipilih sebagai tempat menghabiskan liburan. Berlibur tanpa foto foto pasti gak afdol dong? Karena memang Anda wajib mengabadikan setiap moment. 

Berikut ini ada rangkuman tentang spot spot wisata di Jogja yang wajib banget Anda kunjungi dan tentu saja take pictures.

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan salah satu gunung berapi di Jawa Tengah yang beberapa puluhan juta tahun silam berstatus aktif. Dan kini Gunung Nglanggeran ini telah resmi dinyatakan gunung tidak aktif. Gunung ini berbentuk bongkahan batu andesit raksasa yang membentang sekitar 800 meter dan berdiri setinggi 300 meter. 

Panorama wisata yang ditawarkan di Pegunungan Nglanggeran ini meliputi sunrise dan sunset matahari, sekaligus terbitnya bulan pada malam hari. Gemerlap jutaan bintang yang tersebar dilangit dapat Anda nikmati pada malam hari. Beragam kegiatan yang dapat Anda lakukan seperti panjat tebing atau rock climbing yang menantang, keindahan alam berupa deretan pegunungan dan perkampungan penduduk yang menarik semakin menambah keunikan Gunung Api Purba. Hal inilah yang menarik banyak para Anda untuk datang berkunjung ketika berada di Jogja.

2. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Jika Anda sedang ingin mencari liburan yang berbeda dengan kebanyakaan pada umumnya, maka yang satu ini perlu diccoba. Kebun Buah Mangunan merupakan sebuah objek wisata yang berada di daerah Bantul atau tepatnya di kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Taman Buah Mangunan dibangun di atas lahan seluas 23,3 hektar dengan berada pada ketinggian 150 – 200 mdpl. Di kebun buah ini Anda bisa melihat berbagai macam pohon buah seperti rambutan, belimbing, durian, jeruk, dan masih banyak lagi. 

Sebenarnya objek utama dari Taman Buah Mangunan adalah puncaknya yang memiliki pemandangan yang sangat indah dengan hamparan perkebunana hijau yang menyejukan mata. Bagaimana tidak, di puncak Taman Buah Mangunan Anda akan disuguhi oleh pemandangan Pegunungan Sewu yang sudah tidak diragukan lagi keelokannya. Pemandangan itu semakin indah dipadu dengan pemandangan Sungai Oyo yang airnya berwarna hijau toska nan bening.

3. Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri

Ingin berlibur dengan nuansa yang berbeda? Yuk, berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri. Hutan pinus ini terletak berdekatan dengan Kebun Buah Mangunan. Hutan Pinus Imogiri ini sendiri memiliki keistimewaan yakni jika Anda berada di hutan ini maka akan merasakan seolah sedang berada di forks, yang merupakan tempat syuting film Twilight. Mengapa demian? Karena tanah yang dimiliki Hutan Pinus Imogiri ini berwarna coklat kemerahan dengan ditumbuhi banyak pohon pinus yang ketinggiannya bisa mencapai puluhan meter persis seperti di film kesukaan Anda tersebut. 

Di hutan Pinus Imogiri ini terkenal keindahannya dan keunikannya sehingga tidak jarang hutan pinus ini dijadikan tempat untuk foto hunting suatu brand, hingga pernah dijadikan lokasi syuting dari salah satu film layar lebar dalam negeri. Hutan Pinus Imogiri ini akan terlihat sangat memukau apabila Anda berkunjung pada pagi hari. Anda akan bisa merasakan hawa segar hutan yang masih tertutup kabut tetapi di sela-sela kanopi pohon terpancar sinar matahari yang menembus sampai ke dasar tanah.

4. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora

Kosakora merupakan nama sebuah puncak dari bukit yang ada di tepian pantai. Puncak Kosakora ini menawarkan keindahan yang sangat menawan. Dari Puncak Kosakora Anda dapat melihat pemandangan perbukitan, pemandangan pantai, sunrise dan sunset diatas Puncak Kosakora. Puncak Kosakora populer sebagai tempat favorite untuk hunting foto di kalangan anak muda kekinian yang hobi jalan-jalan. Tangga batuan karst yang curam pun harus ditaklukkan untuk mencapai puncaknya yang memiliki panorama pantai menawan dari ketinggian. Di Puncak Kosakora ini tak jarang banyak Anda yang mendirikan tenda untuk beristirahat sembari menikmati alam lengkap dengan ditemani para sahabat tercinta.

5. Watu Lumbung

Watu Lumbung

Watu Lumbung merupakan nama dari sebuh pantai yang berlokasi tak jauh dari Pantai Wediombo yakni tepatnya berada di kawasan Jepitu, Girisubo, Yogyakarta. Yang menjadikan pantai ini begitu fenomenal di social media adalah adanya sebuah bukit cantik lengkap dengan hamparan karan disekitarnya yang memiliki formasi yang unik. Untuk bisa sampai ke Pantai Watu Lumbung ada 2 pilihan akses jalan yang bisa Anda tempuh. Yang pertama, Anda dapat berjalan kaki dari Pantai Wediombo ke arah barat selama kurang lebih satu jam. 

Atau yang kedua, yakni setelah Anda tiba di TPR Pantai Wediombo, Anda berbelok ke kanan, melewati ladang warga hingga sampai di ujung jalan, dari sini Anda bisa tracking menuruni perbukitan untuk bisa sampai ke bibir Pantai Watu Lumbung.Selain menyuguhkan panorama pantai selatan yang eksotis, Pantai Watu Lumbung juga menawarkan pemandangan senja yang tidak bisa Anda nikmati di tempat lain. Tak hanya itu saja di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah Kampung Edukasi Watu Lumbung.

6. Queen of South Resort

Queen of South Resort


Queen of The South Resort adalah nama dari sebuah hotel yang berada di atas bukit Pantai Parangtritis. Hotel ini merupakan salah satu hotel yang namanya cukup termasyur. Hotel romantis bergaya semi rumah joglo dengan kolam renang dan kamar kamar luas yang langsung menghadap ke Pantai ini menawarkan kenyaman dan privasi bagi setiap Anda yang datang. Keasyikan menunggang kuda berkeliling taman atau menyusuri pantai adalah beberapa kegiatan uanggulan yang dihadirkan di resort berbintang 3 ini dan tak akan pernah Anda temukan di hotel maupun resort lain. 

Tak hanya itu salah satu kegiatan favorite setiap pasangan yang datang adalah mereka makan malam berdua dengan ditemani cahaya lilin cantik di atas meja. Suasana romantis ditemani jembusan angin dan suara deburan ombak seakan membuat siapa saja ingin menjadikan Queen of The South Resort sebagai saksi tempat melamar.

7. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

Barisan tebing di kawasan pantai ini berwarna hijau segar. Dari atas tebing, Anda bisa menyaksikan hamparan panorama birunya air laut serta debur ombak yang eksotis. Belum banyak orang yang tahu tentang pantai ini, jadi wajar bila suasananya masih terasa alami. Selain menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona, Pantai Kesirat juga merupakan surga bagi para pemancing maupun nelayan untuk mencari ikan laut. Jadi jangan heran bila Anda menemui beberapa pemancing atau nelayan di kawasan ini. Bila mau, Anda bisa bergabung dengan mereka dan memancing bersama. 

Hampir sama seperti Pantai Pok Tunggal yang mempunyai sebuah pohon sebagai ikonnya, Pantai Kesirat juga mempunyai satu pohon abadi yang disebut Pohon Gebangkoro. Pantai Kesirat sangat cocok dijadikan sebagai lokasi pemotretan atau pre wedding. Dari sini, Anda akan mendapatkan pemandangan sunset maupun sunrise yang sempurna.

8. Jembatan Gantung Selopamioro

Jembatan Gantung Selopamioro

Bukit terjal di antara jembatan dan Sungai Oya menjadi pemandangan dahsyat yang bisa Anda temukan ketika sedang berdiri di atas Jembatan Gantung Selopamioro. Sepoi angin silir dan hijaunya persawahan dan bukit saat musim penghujan akan berubah kontras dengan meranggasnya pepohonan ketika musim kemarau tiba. Jembatan Gantung Selopamioro sebenarnya merupakan akses penting antar Desa Selopamioro dengan Desa Sriharjo yang terpisah oleh Sungai Oya. 

Yang membuat unik, saat sore hari, air dari Sungai Oya ini memantulkan cahaya jingga efek dari tenggelamnya sang surya. Semuanya seakan menggambarkan kemolekan hamparan tebing batu yang menjulang gagah di sebelah Selatan dan Utara Jembatan Selopamioro. Keunikan serta keberadaan jembatan ini menarik banyak para pecinta fotografi untuk datang. Tak jarang tempat ini dijadikan lokasi foto pre-wedding. Lokasi perbukitan dengan segudang keunikan yang khas menjadi alasannya.

9. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran


Mau tau apa aja yang baru di Jogja? Ini nih yang lagi hits di social media. Adalah Embung Nglanggeran, embung sendiri adalah sebutan orang Jawa bagi kata telaga. Sebenarnya Embung Nglanggeran merupakan sebuah telaga buatan yang difungsikan untuk mengairi perkebunan buah yang ada di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Namun karena keelokannya, kini selain sebagai sumber pengairan, Embung Nglanggeran juga mempunyai fungsi ganda sebagai objek wisata. Embung Nglanggeran sendiri terletak di pinggang daripada Gunung Api Purba Nglanggeran. 

Lokasi embung dulunya merupakan sebuah bukit yang kemudian dipotong dan dijadikan telaga buatan. Untuk mencapai lokasi Embung Nglanggeran Anda harus mendaki puluhan anak tangga yang berkelok-kelok. Begitu tiba di puncak, mata akan disuguhi pemandangan telaga buatan yang indah. Ditambah lagi pemandangan gugusan batu raksasa yang memanjakan mata. Di sisi lain Anda juga bisa memandang hamparan lembah berwarna hijau.

10. Bukit Gupit Giricahyo

Bukit Gupit Giricahyo

Pingin tahu bagaimana cara menikmati keindahan Pantai Parangtritis yang terkenal akan fenomena sunsetnya? Gini nih caranya. Bagi Anda para pecinta olahraga ekstrime paralayang di Yogyakarta maka bukit Gupit ini sudah tidak asing lagi di telinga. Bukit Gupit Giricahyo atau yang biasa disebut Bukit Paralayang Parangtritis ini memang menjadi lokasi favorite bagi mereka yang sedang berlatih paralayang. Tempat ini memang sangat cocok untuk dijadikan lokasi kegiatan olahraga paralayang, bahkan pernah digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event bertaraf nasional yaitu Jogja Air Show 2014. 

Bukit ini sendiri masuk ke dalam wilayah Desa Giricahyo, Gunungkidul Di Bukit Paralayang Parangtritis Anda juga bisa menemukan beragam situs peninggalan bersejarah seperti Candi Gembirowati, Sendang Beji dan Pasanggrahan Gembirowati. Ada pula Goa Lengse yang juga tak kalah fenomenal.

11. Jembatan Plunyon

Jembatan Plunyon

Jembatan Plunyon dan kali kuning bagai dua mata uang yang tak dapat dipisahkan. Jembatan Plunyon merupakan satu satunya bangunana yang masih kokoh berdiri hingga sekarang, setelah pada tahun 2010 terjadi letusan Gunung Merapi yang maha dahsyat. Bangunan Jembatan Plunyon ini tetap tegak tak bergeming meski diterjang awan panas. Padahal seperti yang Anda tahu alam disekelilingnya telah berubah wujud. Kini setiap Anda yang datang ke wisata Gunung Merapi sudah dapat dipastikan akan mengunjungi Jembatan Plunyon ini. Anda berbondong bondong berburu foto di atas jembatan yang melegenda ini. Jembatan Plunyon sendiri berlokasi di lereng selatan dari Gunung Semeru yang masuk pada kawasan Dusun Plunyon, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

12. Wisata Kalibiru Kulon Progo

Wisata Kalibiru Kulon Progo


Kalibiru dengan konsep desa wisata menawarkan beragam aktifitas yang dapat Anda lakukan, seperti kegiatan outbound (tersedia flying fox, jembatan gantung), wisata pedesaan, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata keluarga, dan juga wisata trekking. Fasilitas yang tersedia pun sudah terkelola dengan baik, tempat makan, tempat pertemuan, mushola, kios-kios penjual makanan, kamar mandi umum. Namun ada satu hal yang sayang untuk Anda lewatkan ketika berkunjung ke Desa Wisata Kalibiru, yaitu berfoto di papan kayu yang terpasang di atas pohon di pinggir jurang yang sudah disediakan pengelola. Dengan latar belakang Waduk Sermo, foto tersebut seolah menjadi icon tersendiri bagi Kalibiru, kurang lengkap rasanya jika kita tidak mengambil foto di spot tersebut.

13 Landasan Pacu Aeromodeling Pantai Depok

Landasan Pacu Aeromodeling Pantai Depok

Pernah gak terbersit di pikiran Anda, nongkrong di tengah landasan pacu pesawat terbang? Ternyata pertanyaan Anda tersebut terjawab sudah. Landasan Pacu Aeromodeling merupakan tempat dimana Anda bisa menikmati suasana penerbangan di tengah landasan secara langsung. Landasan dengan panjang kurang lebih 500 meter ini memang jarang digunakan, dan justru sering digunakan sebagai tempat nongkrong para Anda sembari menikmati pemandangan pantai selatan. Ya, sebelah selatan landasan ini memang pantai, Pantai Depok tepatnya. 

Mata awam mungkin tak akan kagum olehnya. Sepintas, memang tak ada yang spesial, landasan pacu ini hanyalah sebuah jalan lurus berujung lengkap dengan marka jalannya yang tepat berada di tepi pantai. Pohon cemara udang dan belukar khas pantai adalah penghuni sisi kanan dan kirinya. Namun, siapa mengira landasan pacu aeromodeling ini begitu fotogenik. Tempat ini begitu ketika sebuah pesawat aerobatik hilir mudik. Tak heran jika banyak pasangan yang mengunakan Landasan Pacu Aeromodeling ini sepagai tempat pengambilan foto pre-wedding.

14. Candi Abang Candi Abang 

Candi Abang Candi Abang


Candi Abang merupakan sebuh candi yang berada di kawasan sebuah desa wisata. Terletak di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta, Candi Abang berada di puncak bukit. Candi ini berbentuk seperti piramida dengan luas alas 36 x 34 meter. Dinaman Candi Abang karena memang candi ini terbentuk dari batu bata berwarna merah yang dalam bahasa jawa disebut ‘abang’. Bentuk candi yang unik yakni menyerupai bukit lengkap dengan rerumputan berwarna hijau seperti karpet yang menutupi sehingga jika dilihat dari jauh nampak mirip seperti gundukan tanah atau bukit kecil. Bahkan tak jarang banyak Anda yang menyebutnya sebagai bukit teletubies, karena memang bentuknya yang mirip dengan sebuah bukit yang ada di film anak anak tersebut.

15. Abhayagiri Restaurant

Abhayagiri Restaurant

Menikmati makan malam bersama pasangan di puncak bukit, sembari ditemani dengan pemandangan yang terpampang luas adalah kenikmatan yang sangat luar biasa. Ditambah lagi di sekeliling terdapat pepohonan hijau yang membuat udara semakin sejuk. Sedikit kalimat tersebut dapat menggambarkan keindahan yang ditawarkan di Abhayagiri Restaurant, Yogyakarta. Tak hanya berhenti disitu saja, tempat makan yang sangat terkenal dengan suasana romantisme yang kental ini juga dilengkapi dengan adanya kolam renang yang memang diperuntukkan untuk setiap Anda yang datang. 

Kesan romantis yang dihadirkan di Abhayagiri Restaurant ini menjadikannya sering dipilih sebagai tempat melamar pasangan di Jogja. Jika Anda mau mencoba sensasi melamar pasangan untuk dijadikan pendamping hidup di Abhayagiri Restaurant, Anda bisa datang ke Dusun Sumberwatu Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Demikianlah artikel kali ini tentang 15 Spot Instagramable di Yogyakarta, semoga bermanfaat.
Oldtravian.com Merupakan Situs Informasi Seputar Wisata dan Traveling.

Post a Comment