ZMedia Purwodadi

8 Potensi Alamnya yang Masyhur! Di Mataram Nusa Tenggara Barat

Table of Contents
8 Potensi Alamnya yang Masyhur! Di Mataram Nusa Tenggara Barat


Oldtravian.com - Berada di Pulau Lombok, pulau yang notabene sudah mendapat pengakuan bahwa menyimpan sejuta keindahan, tentu saja menjadikan Kota Mataram memiliki keuntungan yang tak ternilai. Seakan menjadi tempat yang komplite dengan beragam pariwisata, Kota Mataram ini sering menjadi jujugan bagi para anda. Beragam potensi wisata alam ada disini, yang paling terkenal adalah wisata pantainya. 

Yuk mengintip kekayaan potensi wisata alam di Mataram terpopuler yang bisa anda kunjungi selama berada disana.

1. Taman Air Mayura

Taman Air Mayura


Taman Air Mayura di mataram ini sangat asri di mana terdapat banyak pepohonan dan tanaman lain yang masih terawat, seperti contohnya banyak pohon manggis yang masih suka berbuah dan bisa anda nikmati bila sedang banyak buahnya. Suasana di taman ini memang dapat menenangkan pikiran anda sambil bersantai-santai menikmati pemandangan yang asri jauh dari ramainya Kota Mataram. Ada lagi yang akan menarik perhatian anda yaitu Bale Kambang atau juga banyak yang menyebutnya dengan nama Gili Kencana, yang merupakan sebuah bangunan mirip pendopo terbuka yang letaknya di tengah kolam dan disambungkan oleh jalan kecil dari pinggir ke tengah kolam. Letak bale ini sering menarik perhatian wisatawan yang betah berlama-lama di tengah bale karena suasana tenang dengan suara gemericik air.

Taman Air Mayura Mataram ini juga sering dijadikan tempat pemotretan pre wedding, hal ini karena banyak spot menarik disini.

Alamat :
Jl. Purbasari, Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 10.000,-


2. Pantai Loang Baloq

Pantai Loang Baloq


Mataram memang memiliki banyak destinasi pantai ayng bagitu indah. Di Pantai Loang Baloq Mataram, anda bisa menikmati wisata di pantai dilengkapi dengan fasilitas taman air beserta jogging track. Tidak hanya itu, di tempat ini kamu juga bisa berwisata religi. anda bisa jogging sore mengelilingi sebuah taman air yang cukup luas. Jogging track yang nyaman dengan jarak yang lumayan juga untuk satu putaran. Atau anda bisa bermain sepeda air bebek yang terdapat di taman air.

Sedangkan yang berminat wisata religi atau ziarah makam, bisa juga ke area makam. Cukup menyebrang jalan, area makam ini berhadapan dengan lokasi taman dan Pantai Loang Baloq. Ada beberapa makam tokoh di dalam komplek makam ini. Seperti Syeikh Gaus Abdur razak. Beliau adalah seorang tokoh penyebar agama Islam di Lombok.

Alamat :
Tanjung Karang, Sekarbela, Mataram, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

3. Pantai Gading

Pantai Gading


Pantai Gading Mataram merupakan sebuah pantai yang tergolong dibuka oleh dinas pariwisata di Nusa Tenggara Barat ini. Pemerintah sengaja menata ulang pantai ini agar bisa menjadi salah satu destinasi unggulan di Kota Mataram. Beragam kegiatan bisa anda lakukan ketika sedang berkunjung ke Pantai Gading ini, seperti bermain air, berenang, memancing, serta bermain pasir. Yang unik setelah Pantai Gading Mataram ditata dan dibuat lebih rapi, dibuat tulisan dengan huruf besar warna merah “PANTAI GADING”, ya sama seperti yang ada di Pantai Losari di Makassar. Sejak saat itu spot ini jadi spot wajib anda yang sedang berkunjung ke Pantai Gading.

Tak hanya itu saja di sepanjang pantai ini banyak terdapat kios kios pedagang makanan/minuman, mulai dari sate ikan, plecing, urap, mihun, mie rebus, es kelapa, jagung bakar/rebus, sampai seafood ada disini.

Alamat :
Jl. Lingkar Selatan, Mataram, Nusa tenggara Barat – Indonesia

4. Pantai Ampenan

Pantai Ampenan


Pantai Ampenan merupakan sebuah pantai yang berada di kawasan Kota Tua Ampenan, Mataram. Pantai ini dahulu merupakan sebuah pelabuhan bernama Pelabuhan Ampenan. Semasa masih menjadi pelabuhan, Pantai Ampenan merupakan tempat bersandarnya kapal-kapal baik dari dalam dan luar negeri. Namun, sejak dua tahun terakhir, Pemerintah Kota Mataram gencar melakukan penataan terhadap kawasan yang dahulunya sebagai Pelabuhan Ampenan Mataram. Kini pantai ini menjadi salah satu objek wisata menarik yang patut disambangi di Kota Mataram. Pantai ini juga sangat ramai di akhir pekan. Bahkan di bulan bulan tertentu anda bisa mencoba surfing di Pantai Ampenan Mataram, tepatnya di kawasan pantai paling pojok kiri, pas di muara Sungai Jangkok Mataram.

Di sepanjang pantai ini juga banyak terdapat kios kios pedagang makanan/minuman, mulai dari sate ikan, plecing, urap, mihun, mie rebus, es kelapa, jagung bakar/rebus, sampai seafood ada disini.

Alamat :
Jalan Pabean, Kec. Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

5. Taman Narmada

Taman Narmada


Taman Narmada adalah salah satu tempat berlibur favorite yang bisa anda kunjungi. Di bagian bawah dari taman Narmada Lombok ini terdapat tiga kolam yang yang mendapat air dari sumber mata air jernih dan wujudnya seperti danau yang indah.


Di Taman yang asri ini beragam kegiatan bisa anda lakukan, seperti bersantai menikmati kegiatan taman sembari menghirup udara segar, berkunjung ke Pura Kelasa dengan menaiki puluhan anak tangga, mengunjungi Balai Loji, Balai Teran, Telaga Padmawangi, dan Hakaman Bencingah. Bahkan anda bisa melakukan aktivitas outbond seperti flying fox.

Alamat :
Jl. Ahmad Yani, Narmada, Lombok Barat, Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

Harga Tiket :
Wisatwan Domestik : Rp. 4.000,-
Wisatawan Mancanegara : Rp. 10.000,-

6. Pantai Tanjung Karang

Pantai Tanjung Karang


Pantai Tanjung Karang, merupakan salah satu pantai yang berada di Pulau Lombok tepatnya di Kota Mataram. Yang menjadi pantai ini istimewa adalah letaknya yang menghadap tempat ke gunung Agung Bali, sehingga setiap kali sore hari Daolaners yang datang bisa melihat keindahan panorama sunset yang menarik diufuk senja.

Setiap harinya anda yang datang ke Pantai Tanjung Karang ini cukup banyak, apalgi jika weekend tiba. Begitu anda memasuki pantai yang masuk wilayah kelurahan Kekalik, Kota Mataram ini, anda akan melewati semak belukar dan pohon Pandan liar yang banyak tumbuh disana selain pohon kelapa.

Alamat :
Kelurahan Tanjung Karang, Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia


7. Pantai Penghulu Agung

Pantai Penghulu Agung


Mataram memang mempunyai banyak wisata pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Pantai Pehulu Agung. Secara administrasi pantai ini terletak di kawasa Ampenan Selatan. Di Pantai Penghulu Agung ini anda bisa bermain air, mandi, berenang, mancing, bermain pasir layaknya di pantai pantai lain. Yang lebih menarik disini anda bisa melihat nelayan yang baru datang dari melaut, dan juga bisa membeli hasil tangkapan mereka yang berupa seafood.

Tak lupa pula anda juga bisa mengabadikan setiap moment, karena disini banyak spot spot menarik untuk di potret.

Alamat :
Ampenan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

8. Kali Jangkok

Kali Jangkok


Kali Jangkok yang membelah Kota Mataram dengan daerah-daerah kecil di sekitarnya ternyata memiliki banyak keunikan tersendiri. Selain berfungsi sebagai aliran air dan irigasi, Kali Jangkok juga terkenal dengan menjamurnya tumbuhan sayur jenis kangkung yang ditanam oleh masyarakat Mataram dan sekitarnya. Kangkung yang tumbuh di sepanjang aliran sungai ini telah lama dikenal sebagai kangkung yang memiliki cita rasa gurih dan renyah. Jika anda menelusuri kawasan pinggiran Kali Jangkok pada pagi hari, maka dengan sangat mudah anda menemui petani-petani yang sedang memetik kangkung untuk dijual atau dibawa pulang ke rumah.

Karena keunikan bentuk dan citarasa ini juga lah yang membuat kangkung Kali Jangkok menjadi terkenal di belahan Nusantara. Dari kangkung inilah, makanan khas Pulau Lombok dibuat. Kangkung adalah bahan dasar utama dalam pembuatan dan penyajian kuliner khas Sasak yaitu Plecing Kangkung.

Alamat :
Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

Demikianlah informasi tentang 8 Potensi Alamnya yang Masyhur! Di Mataram Nusa Tenggara Barat, semoga bermanfaat.