ZMedia Purwodadi

10 Pantai Unik di Malang Raya

Table of Contents
10 Pantai Unik di Malang Raya


Oldtravian.com - Kawasan Malang Selatan memang terkenal akan keindahan wisata pantainya. Mulai dari yang berpasir putih, berwarna gradasi, hingga yang menyerupai Tanah Lot di Bali ada. Bagi anda yang ingin mengisi liburan dengan menjelajahi pantai pantai yang ada di luar kota atau bahkan di luar negeri, nampaknya harus berfikir ulang. Pasalnya setelah membaca artikel berikut dijamin anda akan mengurungkan niat untuk pergi berwisata ke luar kota ataupun luar negeri. 

Berikut 10 Pantai Unik di Malang Raya yang seakan menjadi surganya alam di Jawa Timur.

1. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung merupakan sebuah pantai yang unik. Di bibir pantai ini terdapat barisan batu karang yang membentuk seperti barisan pembatas. Jika ombak datang, maka batu karang tersebut akan memcah ombak, sehingga tak jarang bila air laut yang terjebak diantara karang karang tersebut akan menghasilkan seperti kolam air asin alami yang bisa digunakan untuk berenang. Di pantai yang terletak di Malang Selatan ini anda juga dapat berjalan jalan, berfoto foto ria atau bahkan hanya bersantai di gubuk gubuk yang telah disediakan di tepian pantai sebagai tempat berteduh. Bagi anda yang menyukai tantangan, anda juga dapat memanjat bukit batu bengkung.

Tak lama lagi anda juga dapat menikmati snorkeling, scuba diving, surving dan wisata air lainnya di Pantai Batu Bengkung Malang ini.

Alamat :
Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 10.000,-

2. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang


Sudah sejak lama Pantai Balekambang disebut sebut sebagai Tanah Lot di Pulau Jawa. Pantai ini memiliki 3 Pulau cantik, yakni Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni. Tiap-tiap pulau disambungkan oleh sebuah jembatan. Dan, di pulau Ismoyo terdapat sebuah Pura yang di bangun pada tahun 1985, Pura ini lah yang menjadikan pantai ini disebut sebut sebagai duplikat dari Tanah Lot Bali. Suasana yang ditawarkan di Pantai Balekambang Malang ini sangat menarik sekali, di tumbuhi oleh aneka pepohonan yang rindang sehingga kesan alaminya sangat terasa.

Di sini anda juga bisa memanfaatkan bumi perkemahan yang terdapat di sekitar area Pantai Balekambang Malang. Di suguhi pula wahana permainan berupa flying fox yang sangat seru untuk dicoba.

Alamat :
Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 15.000,- per orang


3. Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak

Kebersihan dan kelembutan pasir putih milik Pantai Kondang Merak sangat menggiurkan siapa saja yang melihat. Suasana pesisir yang tidak terlalu ramai membuat pantai yang dulu kondang oleh kawanan burung merak yang sering melepas rasa haus ini begitu pas untuk tempat singgah guna melapas stress dan penat. Ditambah lagi suara deburan ombak yang dipadu dengan angin sejuk semakin membuat anda akan merasa tenang ketika sedang berada di Pantai Kodnang Merak Malang ini.

Di pantai yang kondang dengan komoditi ikan hiasnya ini menyimpan panorama planet bawah laut yang begitu memukau, ombaknya yang tidak ganas bahkan nyaris tidak bergelombang membuatnya sebagai wahana memikat untuk bersnorkeling.

Alamat :
Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 5.000,- per orang

4. Pantai Clungup

Pantai Clungup


Malang Selatan memang menyimpan banyak pantai dengan segala keunikannya masing masing. Salah satunya adalah Pantai Clungkup. Dengan segala keunikan yang dimiliki, yakni hamparan pasir putih sepanjang setengah kilometer, air pantai yang begitu bening, dan riak ombak kecil serta gugusan pulau kecil di sekitar pantai, membuat pantai ini sering dijadikan sebagai jujugan untuk berlibur. Pulau-pulau kecil di lepas pantai itu akan menghalangi ombak besar dari Samudera Hindia, sehingga ombak di Pantai Clungup cukup tenang sampai jarak sekitar 500 meter. Gugusan pulau ini di pantai ini sering disebut-sebut seperti gugusan pulau di Raja Ampat.

Kedalaman pantai cukup aman bagi anda yang ingin berenang di Pantai Clungup Malang ini. Namun anda juga tetap harus berhati-hati karena banyak batu dan karang tajam di dasar pantai di Malang ini.

Alamat :
Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 6.000,- per orang

5. Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok


Termasuk salah satu Pantai favorit di Malang Selatan, Pantai Banyu Anjlok ini membentang luas menghadap ke samudra. Memiliki air yang jernih, dan pasir putih yang lembut. anda akan di suguhi oleh atraksi yang menarik dari air terjun yang juga terdapat di kawasan pantai, air terjun tersebut menghadap ke lautan. Air terjun bebas lepas melenggang ke bawah, kemudian menyiram air laut yang berada di bawahnya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, terdapat bebatuan di sekitar air terjun, sehingga anda yang bisa memanjat tentu bisa mencoba naik ke atas.

Pantai Banyu Anjlok Malang tidak hanya menawarkan wisata pantai dan air terjun saja, melainkan terdapat pula Goa yang di beri nama Goa Sarang Wallet.

Alamat :
Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 5.000,-

6. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep


Pantai Ngliyep adalah sebuah pantai yang terkenal akan ombak pantai selatannya. Namun tidak hanya itu saja yang dimiliki pantai ini, Ngliyep juga memiliki hamparan pasir putih nan lembut menghiasi pantai dengan luas area kurang dari 10 Ha. Selain itu luasnya area bermain yang dinanungi rindangnya pohon, angin pantai yang berhembus sepoi menyapu kulit dan gelombang air laut yang alunannya manarik membuat setiap mata orang terliyep-liyep alias mengantuk dan tertidur.

Tidak sampai disitu anda bisa mengamati indahnya pagar alami berupa hijaunya hamparan hutan tropis serta jajaran tebing yang cukup curam dan kokoh mengintari Pantai Ngliyep Malang.

Alamat :
Desa Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 5.000,- per orang

7. Pantai Sendiki

Pantai Sendiki


Sebuah pantai dengan warna biru air lautnya yang menyejukkan mata, serta dilengkapi dengan pasir bersih dan karang yang sesekali tersapu ombak merupakan gambaran dari Pantai Sendiki Malang. Satu lagi yang menjadi icon pantai ini adalah adanya sebuah ayunan sederhana yang dibuat dari balok kayu yang dapat anda jumpai begitu pertama kali sampai di pantai ini.

Hijaunya pepohonan yang terjaga keasriannya dengan rapi dan indah menghiasi sebagian Pantai Sendiki Malang yang begitu mempesona ini. Tidak jarang segerombolan kepiting berwarna pucat muncul dibalik lubang yang terdapat pada gundukan kecil di pasir.yang dengan lincah berlari untuk berjemur dibawah terik matahari.

Alamat :
Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur – Indonesia

8. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot


Ada sebuah keunikan yang terdapat di Pantai Sipelot ini. Ya, pantai ini seakan menghadirkan 2 kubu pasir dengan warna yang kontras. Pasir putih yang terhampar dengan kilauan air laut yang terpantul oleh sengatan cahaya sang surya dan birunya mendung merupakan kombinasi pemandangan yang memukau dari atas bukit. Dari dimensi lain pasir kecoklatan menghiasi keindahan area Pantai Sipelot Malang yang merupakan area yang membentuk teluk ini.

Mahakarya Sang Pencipta ini semakin dipercantik oleh air terjun yang mengalir dari ketinggian 10 meter dengan debit yang lumayan deras, bening dan jernih. Derasnya cucuran air terjun tersebut begitu menggema dan menarik hati anda untuk bermain disana.

Alamat :
Pujiharjo, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur – Indonesia

 

9. Pantai Goa China

Pantai Goa China


anda harus membuktikan sendiri keunikan yang dimiliki oleh Pantai Goa China di Malang ini. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki 3 pulau indah yang berada di sepanjang pesisirnya. Pulau tersebut adalah Pulau Goa, Bantengan China dan juga Pulau Nyonya yang unik. Nampak sangat alami dan juga menawan. Selain itu, Pantai Goa China Malang ini airnya cukup jernih dan sangat mengasyikkan untuk berfoto.

Satu hal lain yang cukup menarik dari Pantai Goa China yaitu Goa China sendiri. Lebih tepat goa di sini adalah sebuah rongga yang mengikis karang. Namun bagi anda yang suka menjelajah, goa ini cukup menarik untuk dijadikan tujuan berikutnya.

Alamat :
Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 10.000,- per orang

10. Pantai Jonggring Saloko


Pantai Jonggring Saloko


Pantai Jonggring Saloko merupakan pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Satu hal yang unik yang ada di pantai Jonggring Saloko Malang ini, yaitu semburan air laut yang biasa di sebut “Brosh” karena memang suara yang di hasilkan oleh semburan itu berbunyi “brooossh”.

Semburan air itu terjadi karena hantaman keras dari ombak yang menghantam karang berlubang yang berada di pinggiran pantai, semburan itu bisa mencapai ketinggian 10 meter.

Alamat :
Desa Mentaraman, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur – Indonesia

Demikianlah artikel kali ini tentang 10 Pantai Unik di Malang Raya, Semoga bermanfaat.