ZMedia Purwodadi

10 Air Terjun di Malang yang Sangat Menabjubkan

Table of Contents
10 Air Terjun di Malang yang Sangat Menabjubkan


Oldtravian.com - Bila mendengar nama “Malang” pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisatanya yang sangat beragam. Salah satu pilihan wisata yang patut untuk anda coba selama berada di kota sejuk ini adalah wisata alamnya. Tak hanya pantai yang indah, Kota Malang juga menyimpan destinasi wisata air terjun yang patut untuk diperhitungkan keindahannya. Berikut 10 Air Terjun di Malang yang Akan Membuat Mata anda Berpaling dari Mantan.

1. Coban Tumpak Sewu

Coban Tumpak Sewu


Jangan mengaku anda sejati, jika belum mencoba sensasi menjelajahi Coban Tumpak Sewu di kawasan perbaasan Malang – Lumajang ini. Istialh “Coban” sendiri merupakan panggilan masyarakat jawa untuk air terjun sedangkan “sewu” berarti seribu. Dinamakan demikian karena memang air terjun yang mengalir dari ketinggian tidak hanya satu dua namun bisa dikatakan rombongan, hal ini lah sebabnya dinamakan Coban Sewu. Derasnya air yang meluncur dari ketinggian kurang lebih 180 meter ini memang patut diperhitungkan keindahannya.

Melihat Coban Tumpak Sewu seakan mengingatkan anda pada air terjun niagara, namun yang ini tentu saja niagara yang bermukim di Jawa Timur. Banyak yang menyebut cucuran air terjun Coban Tumpak sewu ini turun dari surga. Pasalnya airnya begitu jernih, sejuk, menyegarkan, seakan membuat siapa saja yang melihat merasa kagum.

Alamat :
Tamanayu, Pronojiwo, Lumajang arah Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 5.000,-

2. Coban Ciblungan

Coban Ciblungan


Air terjun di Coban ini tidak tinggi, namun cukup indah apalagi bagi pecinta slow speed photography, disekelilingnya banyak terdapat batu-batu besar khas sebuah air terjun. Disana anda bebas bermain air jatuh menjulur ke sungai yang tidak terlalu dalam. Fasilitas penunjang pun cukup memadai, terdapat ruang ganti atau kamar mandi di dekat rumah penduduk.

Selain tempatnya yang masih alami, salah satu coban di kawasan Malang ini juga bisa menjadi alternative wisata budaya, penduduk disana sangat ramah, disarankan untuk lebih mengenal dan berinteraksi dengan penduduk sekitar yang rata-rata petani kopi dan cengkeh. Oiya Coban Ciblungan Malang juga bagus untuk digunakan sebagai pre wedding lho.

Alamat :
Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur – Indonesia
 

3.Coban Tundo 3

Coban Tundo 3


Satu lagi keindahan Kabupaten Malang yang wajib untuk anda kunjungi. Coban Tundo namanya. Coban Tundo yang berada di kawasan Malang Selatan ini sebenarnya memiliki 3 tingkatan dalam satu kawasan sekaligus. Yakni Coban Tundo 1, 2 dan 3. Namun yang menjadi spot terfavorit adalah Coban Tundo 3 yang mana anda bisa melompat dari tebing dengan ketinggian kurang lebih 20 meter.

Sangat menarik bukan untuk dicoba? Tentu saja tidak sembarang orang bisa melakukan hal ini, hanya anda yang berjiwa pemberani yang bisa melakukan kegiatan anti mainstream ini.

Alamat :
Sumbermanjing Wetan, Desa Tambakasri, Kabupaten Malang, Jawa Timur – Indonesia


4. Coban Rondo

Coban Rondo


Hawa dingin yang menaungi kota Malang merupakan salah satu alasan mengapa kota ini banyak dirindukan. Namun tidak hanya itu saja, ada sebuh destinasi wisata alam yang sangat melekat dengan hawa sejuknya Malang Raya. Coban Rondo Malang merupakan sebuah air terjun yang sangat popular di kalangan wisatawan domestic dan mancanegara. Air terjun di Malang Raya ini bersumber dari mata air Cemoro Budo yang merupakan salah satu sumber di kawasan pegunungan. Dengan ketinggian tidak kurang dari 84 meter wisata alam ini menjadi salah satu destinasi favorite saat liburan tiba.

Nuansa keindahan dan kealamian membalut suasana air terjun yang nampak klasik diseputar pusaran air terjun tersebut. anda bisa memanjakan organ pernafasan dengan leluasa menghirup udara bersih, sejuk dan bebas dari polusi disana sebanyak dan sepuas anda.

Alamat :
Jalan Coban Rondo, Pandesari, Kec. Batu, Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket :
Wisatawan Domestik : Rp. 15.000,-
Wisatawan Mancanegara : Rp. 25.000,-

Jam Buka :
09.00 – 17.00 WIB

5. Sumber 7 Pujon

Sumber 7 Pujon


Bagi anda yang ingin berpetualang di Malang tanpa harus menghabiskan banyak waktu, mungkin Coban Sumber Pitu cocok untuk dikunjungi. Wisata air terjun yang terletak di kawasan Pujon Selatan (Kab. Malang) ini terbilang fresh karena mulai populer sekitar tahun 2014.

Selain fresh, tidak banyak pula warga Malang yang mengetahuinya karena petunjuk jalan untuk mencapainya sangat minim. Suasana pedesaan akan anda rasakan begitu samapi di kawasan Pujon. Setelah melewati akses jalan yang menantang, kepuasan anda akan terbayarkan begitu melihat keindahan air terjunnya.

Alamat :
Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 10.000,-

6. Coban Talun

Coban Talun


Coban Talun merupakan suatu tempat wisata air terjun yang berada di kota malang. Air terjun Coban Talun ini berkawasan di di wisata bumi perkemahan yang ada di lereng gunung Arjuna bagian barat yang lokasinya kurang lebih sekitar 15 km dari kota Malang.

Di sepanjang perjalanan menuju Coban Talun Malang, anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Dengan pemandangan kanan kiri pohon apel yang banyak sekali ditanam oleh warga yang sangat menggugah selera. Untuk kondisi jalan untuk menuju lokasi Coban Talun jalannya berbatu, tapi cukup aman untuk dilewati kendaraan beroda 4.

Alamat :
DAM Coban Talun, Tulungrejo, Kec. Batu, Kota Wisata Batu, Jawa Timur

7. Coban Rais

Coban Rais


Satu lagi air terjun yang cukup terkenal dan sering dikunjungi para wisatawan adalah Air Terjun Coban Rais. Air Terjun ini berlokasi di kawasan Batu Malang tepatnya terletak di Dusun Dresel, desa Oro-oro ombo, Kota Wisata Batu. Lokasinya yang relatif di dekat kota batu menjadikan coban rais ini salah satu wisata murah meriah yang sering dikunjungi wisatawan untuk mengisi liburan. Air terjun dengan ketinggian 80 meter, cukup tinggi untuk sebuah ukuran air terjun.

Disana anda bisa mandi atau bermain-main air sesuka hati. Yang pasti tetap jaga kebersihan dan bawa kembali sampah anda dan buang pada tempat sampah, supaya alam tetap terjaga kelestariannya.

Alamat :
Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Batu, Malang, Jawa Timur – Indonesia

8. Coban Pelangi

Coban Pelangi


Coban Pelangi merupakan salah satu kawasan wisata air terjun yang berada di kabupaten Malang. Disebut Coban Pelangi karena memang di tempat ini pernah muncul sebuah pelangi dan terkena efek pembiasan dari sinar matahari yang menghantam air.

Dengan hal tersebut ditambah lagi ketinggiannya yang kurang lebih 110 meter, Coban Pelangi menjadi salah satu tempat wisata favorite para anda Malang Raya.

Alamat :
Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 6.000,- per orang

Jam Buka :
07.00 – 16.00 WIB

9. Coban 7 Tumpang

Coban 7 Tumpang


Coban pitu, dinamakan demikian karena memang tempat ini menghadirkan gemericik air terjun dengan 7 aliran namun bersumber dari 1 mata air ini menyuguhkan panorama yang lain dari yang lain. Coban ini terletak di perbukitan, sepanjang perjalanan menuju ke tempat ini anda akan disuguhi pemandangan alam yang asri.

Sebelum menjangkau lokasi Coban Sumber 7 Tumpang terlebih dahulu anda akan dimanjakan dengan panorama Coban Tunggal dengan debit yang besar dan deras melalui jalan setapak. Jadi bisa dikatakan ketika anda berkunjung, anda akan mendapatkan 2 destinasi wisata sekaligus dalam satu perjalanan.

Alamat :
Duwet Krajan, Tumpang, Malang, Jawa Timur – Indonesia

10. Coban Jahe

Coban Jahe


Coban Jahe merupakan sebuah wisata air terjun yang berbeda dari kebanyakan air terjun pada umumnya. Wisata ini nampak seperti taman bunga cantik berwarna warni yang kemudian terdapat air terjun di tengahnya.

Derasnya debit air yang meluncur dari ketinggian tidak kurang dari 45 meter menyentilkan percikan air yang mengenai berbagai benda yang terdapat dibawahnya. Coban Jahe Malang sungguh merupakan destinasi wisata alam yang instagramable.

Alamat :
Tumpang, Taji, Jabung, Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket :
Rp. 5.000,- per orang

Demikianlah artikel kali ini tentang 10 Air Terjun di Malang yang Sangat Menabjubkan, semoga bermanfaat.