Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Wisata Air Terjun Di Lampung

Air Terjun Putri Malu
Rekomendasi Wisata Air Terjun Di Lampung

Oldtravian.com - Rekomendasi Wisata Air Terjun Di Lampung, Air terjun merupakan formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi kerap terjadi

Ketika penat kita seringkali ingin mencari hiburan ketempat-tempat yang indah , sejuk dan tentunya pemandangan alam yang menakjubkan, nah salah satunya dengan mengunjungi air terjun, karena air terjun dipercaya dapat menghilangkan penat sesaat, apalagi jika bisa berenang diarea sekitar air terjun.

nah berikut admin oldtravian ingin sharing tentang rekomendasi wisata air terjun yang ada di Lampung.

1. Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu
Air Terjun Putri Malu

Tempat wisata lain yang tak kalah menariknya dari keindahan alam Nusantara khususnya kota Lampung. Sebuah air terjun dengan tinggi hampir 80 meter ini mampu menyedot perhatian banyak orang karena pesonanya yang sangat luar biasa. Konon, jika mandi di bawah air terjun ini maka segala macam penyakit akan sirna. Ini lantaran airnya yang bersih dan bening plus dengan sengatan dingin yang berasal dari alam. 

Usai berenang cobalah sesekali menengok dekat hutan yang ada di sebelah air terjun, jika Anda beruntung maka bisa merasakan strawberry liar yang asam dan segar. Bisa terbayangkan berapa derajat kiranya dinginnya udara yang ada di sekitar air terjun karena strawberry saja bisa tumbuh dengan bebas.

Harga Tiket: Rp 20.000
Alamat: Banjit, Hutan Register 24, Kec. Banjit, Kab. Way Kanan, Lampung.

2. Air Terjun Lembah Pelangi

Air Terjun Lembah Pelangi
Air Terjun Lembah Pelangi

Berikutnya, masih ada air terjun lain yang tidak kalah dari air terjun putri malu. Meski tidakseindah air terjun putri malu namun air terjun ini tetap memberikan pesona alamyang luar biasa.bukan hanya karena keberadaannya yang berada tepat di batas tebing namun karena jernihnya air yang mengalir membuat air terjun ini memiliki potensi untuk dikunjungi. Barulah pada tahun 2015 lalu air terjun ini sempat heboh dan seketika menjadi terkenal. 

Awalnya, air terjun ini beranama air terjun Pondok Rejo. Dengan nama tersebut rupanya pengunjung tidak jua banyak yang datang. Setelah viral karena sering muncul di media social barulah nama air terjun ini diganti dengan nama yang lebih modern agar makin banyak orang tertarik untuk datang.

Harga Tiket: Rp 5.000
Alamat: Sukamaju, Kec. Ulubelu, Kab. Tanggamus, Lampung.

3. Air Terjun Curup Lestari

Air Terjun Curup Lestari
Air Terjun Curup Lestari

Destinasi wisata selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Air Terjun Curup Lestari. Kawasan wisata ini sudah sangat terkenal dengan keindahannya yang sangat eksotis. Meskipun untuk dapat tiba di lokasinya Anda harus melalui jalanan yang terjal dan tergolong sulit. Nantinya, akan terbayar dengan air terjun yang sangat segar dan bahkan nuansanya sangat hijau nan asri.

Air terjun ini telah mendapatkan sebuah perawatan yang sangat baik, bahkan telah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat menjadi. Mulai dari adanya parkir kendaraan yang aman, warung makanan, dan tempat ganti serta kamar mandi yang telah disediakan beberapa unit. Nantinya, pengunjung dapat bermain air yang jernih atau hanya sekedar duduk santai menikmati pemandangannya yang sejuk.

Harga Tiket: Gratis
Alamat: Kota Batu, Kec. Pubian, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

4. Air Terjun Curup Tujuh

Air Terjun Curup Tujuh
Air Terjun Curup Tujuh

Apabila pergi secara berkelompok maka Anda dapat melakukan kegiatan seru seperti kemah, panjat tebing atau trekking. Beragam aktivitas tersebut pasti akan sangat menarik jika dilakukan secara berkelompok.

Harga Tiket: Rp 5.000
Alamat: Marga Jaya, Kec. Selagai Lingga, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

5. Air Terjun Way Kalam

Air Terjun Way Kalam
Air Terjun Way Kalam

Objek wisata terakhir yang ada di Lampung adalah Air Terjun Way Kalam. Tempat wisata satu ini menjadi lokasi yang wajib Anda kunjungi selama berada di daerah ini. Menghadirkan sebuah pemandangan alam yang sangat menakjubkan dan asri. Dengan air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan dan batuan berukuran besar, menambah kesan unik dan indahnya.

Harga Tiket: Rp 5.000
Alamat: Way Kalam, Kec. Penengahan, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

6. Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan
Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan berada di Kabupaten Tanggamus, letaknya di Desa Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus dengan berada di kaki Gunung Tanggamus dan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak kurang lebih 200 meter. Tumpahan air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 11 meter.

Lokasi air terjun ini berjarak hanya 8 Km dari Kota Agung, Ibu Kota Kabupaten Tanggamus atau 80 Km dari Kota Bandar Lampung. Estimasi waktu perjalanan dari pusat Kota Bandar Lampung ke tempat ini sekitar 90 menit perjalanan.

Di kawasan ini banyak di jumpai batu-batu besar, untuk kamu yang ingin ke sana wajib berhati-hati. Kamu juga bisa berenang menikmati segarnya air yang jatuh dari atas, namun sebelum berenang di kolam besar yang mengisi tumpahan air ini kamu harus izin dulu dengan petugas karena ada batasan untuk bisa berenang di sana.

Kamu juga jangan takut kelaparan karena di sini pihak pengelola menyediakan beberapa tempat makan yang melibatkan warga sekitar sehingga perekonomian di desa ini bisa terus berkembang.

7. Air Terjun Batu Putu

Air Terjun Batu Putu


Air Terjun Batu Putu
Air Terjun Batu Putu

Kota Bandar Lampung juga memiliki destinasi air terjun yang tak kalah indahnya. Masyarakat menyebutnya dengan Air Terjun Batu Putu letaknya di Desa Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung.

Untuk yang ingin ke lokasi, kamu cukup menempuh jarak 15 hingga 20 menit dari pusat kota Bandar Lampung. Jika sudah berada di pintu masuknya, kamu harus berjalan lagi sekitar 300 meter ke arah air terjun.

Namun tenang, kamu juga tidak akan bosan menyusuri jalan karena akan disajikan pemandangan bukti yang hijau dan asri. Selain itu, pihak pengelola juga memfasilitasi jalan setapak dengan paping jadi kamu tidak perlu takut untuk terpeleset.

Di sini kamu juga bisa berenang santai menikmati tumpahan air dari ketinggian kurang lebih 10 meter. Namun ingat, kamu juga harus tetap berhati-hati jika ingin berenang.

8. Air Terjun Curup Gangsa

Air Terjun Curup Gangsa
Air Terjun Curup Gangsa

Masih di Kabupaten Way Kanan, selain air terjun Putri Malu. Di Kabupaten ini juga terdapat air terjun ala ala Niagara di Amerika. Warga setempat menamakannya Air terjun Curup Gangsa, air terjun ini bersumber dari Way Tangkas yang mengalir dari Bukit Punggur.

Jika debit air dari sungai tersebut sedang tinggi, kamu bisa melihat keindahan alam yang tersembunyi di Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan ini. Tinggi air terjun ini sekitar 50 meter dengan lebar 20 meter. Kalian yang ingin mendapatkan foto Instagramable wajib untuk mengunjungi destinasi wisata ini. Meski wilayah air terjun ini banyak bebatuan besar, namun kamu jangan khawatir. Kamu juga bisa tetap menikmati segarnya air terjun dengan bermain air di aliran air terjun ini.

Dari Kabupaten Way Kanan, kamu akan memerlukan waktu sekitar 1 jam lebih untuk bisa ke lokasi dengan jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer. 

9. Air Terjun Ciupang

Air Terjun Ciupang
Air Terjun Ciupang

Air Terjun Ciupang beralamat di Desa Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Spot Air Terjun Ciupang menawarkan suasana yang memesona dan masih asri. Berjajar pula bebatuan yang bisa digunakan untuk memanjat dan berfoto. Ingat, harus tetap hati-hati ya, karena bebatuan ditumbuhi lumut, sehingga cukup licin!

10. Air Terjun Talang Ogan

Air Terjun Talang Ogan
Air Terjun Talang Ogan

Sesuai namanya, air terjun ini berada di Dusun Talang Ogan, Desa Talang Beringin, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus. Pemandangannya begitu indah dengan ketinggian air mencapai sekitar 30 meter.

Airnya mengalir jernih, meski musim hujan sekali pun. Air terjun ini juga memiliki kolam alami yang bisa digunakan untuk bermain air atau berenang.

11.Air Terjun Batu Lapis

Air Terjun Batu Lapis

Selain Air Terjun Talang Ogan, Kecamatan Pulau Panggung juga memiliki air terjun lainnya yang gak kalah indah. Air Terjun Batu Lapis namanya.

Air Terjun Batu Lapis memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Air terjun ini juga bisa menjadi spot foto yang keren, karena terdapat jembatan tepat di bawah air terjun.

12. Air Terjun Way Tayas

Air Terjun Way Tayas


Air Terjun Way Tayas berada di Gunung Rajabasa Kalianda Lampung Selatan. Suasana alam yang sangat asri ditambah dengan tumbuhan segar di sekitar air terjun menjadikan pemandanganya semakin menakjubkan. Bahkan jika pengunjung beruntung, Air Terjun Way Tayas sesekali akan menyuguhkan pemandangan keindahan pelangi dari pembiasan sinar matahari.

13. Air Terjun Rejosari

Air Terjun Rejosari

Air Terjun Rejosari merupakan objek wisata air terjun yang masih tergolong sangat baru. Maka tidak heran jika namanya mungkin masih terdengar sangat asing dan belum populer. Lokasi Air Terjun Rejosari berada di Desa Rejosari Kecamatan Natan Lampung Selatan. Meskipun belum banyak diketahui, akan tetapi spot atau keindahannya sangat layak dipertimbangkan dan disandingkan dengan objek wisata air terjun lainnya. tempat ini juga sangat cocok untuk melepas kepenatan dari kepadatan kota atau sekedar untuk menghirup udara sejuk dan memanjakan mata.


Demikianlah informasi tentang Rekomendasi Wisata Air Terjun Di Lampung, semoga bermanfaat.