Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Tempat Wisata di Lampung Paling Hits dan Instagrammable Banget

Tempat Wisata di Lampung Paling Hits
Tempat Wisata di Lampung Paling Hits

Oldtavian.com - Wisata Lampung, Beragam tempat wisata di Lampung ini sayang untuk tak dikunjungi lantaran memiliki pesona menakjubkan. Beberapa rekomendasi tempat wisata di Lampung ini wajib menjadi list destinasi kamu saat berkunjung ke Kota Lampung. Tak hanya menawarkan wisata alam saja, namun juga wisata budaya dan sejarah yang patut kamu kunjungi.

1. Pulau Pahawang

Wisata Pulau Pahawang

Rekomendasi tempat wisata di Lampung yang pertama yaitu Pulau Pahawang. Pulai ini terkenal dengan keindahan pantai dan bawah lautnya. Pulai yang terletak lepas Teluk Punduh ini memiliki sejuta pesona yang tidak kalah menarik dengan objek lainnya. Banyak wisatawan yang mengatakan saat berada di Pulau Pahawan, sensasi Maldives dapat dirasakan di sini. Liburan di pantai yang indah, dengan hiasan pepohonan nyiur, dan menginap di cottage yang berada di atas laut bisa kamu rasakan saat berlibur ke Pahawang di Pesawaran.

Untuk harga tiket masuk ke Pulau Pahawang dikenakan biaya sekitar Rp30.000 untuk naik perahu ke Pulau Pahawang. Sewa snorkeling sekitar Rp50.000, sedangkan untuk menyewa penginapan di Pulau Pahawang ini berkisar Rp500.000, yang dapat digunakan hingga 9 orang. Lokasi Pulau Pahawang Lampung ini berada di area Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan, dengan rute ke pulau pahawang membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Pusat Kota Bandar Lampung.

2. Pantai Dewi Mandapa, Pesawaran

Pantai Dewi Mandapa, Pesawaran
Pantai Dewi Mandapa, Pesawaran

Lampung memang terkenal dengan keindahan alam yang luar biasa mempesona, terutama pantainya. Pantai Dewi Mandapa tak hanya sekedar hamparan pasir putih beserta ombaknya yang bakal memanjakanmu, namun terdapat pula beberapa spot wisata lain yang bisa kamu kunjungi seperti Pulau Cinta dan Dermaga Asmara.  Kamu akan menemukan dermaga kayu dengan pondok-pondok kecil, ayunan, dan properti untuk berswafoto. Cocok banget buat kamu yang suka foto-foto untuk update di media sosial kamu nih. 

Namun untuk menuju lokasinya kamu akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp20.000 per lokasi. Dijamin nggak bakal nyesel deh. Harga tiket masuknya sekitar Rp10.000 per orang (belum termasuk biaya masuk wahana lain). Lokasi Pantai ini berada di Gebang, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung.

3. Bendungan Margo Tirto, Gisting

Bendungan Margo Tirto, Gisting
Bendungan Margo Tirto

Bendungan Margo Tirto merupakan bangunan peninggalan colonial Belanda yang berdiri sejak tahun 1930 silam. Pada zaman dahulu, kolonial Belanda menjadi benteng pertahanan yang cukup kuat di wilayah Lampung. Bendungan Margo Tirto ini sempat viral di media sosial, karena foto permukaan air yang menampakkan tanaman air di dalamnya.  Kini tempat wisata yang dinamai Kampung Air Margotirto ini berubah menjadi tempat wisata favorit yang dilengkapi dengan kolam panjang berukuran 80x30 meter hingga sepeda bebek kayuh. 

Tiket masuk ke objek wisata ini dikenakan biaya sebesar Rp5.000. Untuk wahana lainnya akan dikenakan biaya tambahan ya. Lokasi tempat wisata ini berada di Campang, Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

4. Danau Suoh, Lampung Barat

Danau Suoh, Lampung
Danau Suoh


Suoh merupakan kawasan yang berada di Lampung Barat dan terkenal dengan wisata danau, serta wisata geothermalnya yang menarik. Salah satunya yaitu Danau Suoh yang menjadi tempat wisata favorit bagi penikmat alam. Kawasan ini terdiri dari empat danau, yaitu Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, serta Danau Lebar.  Keempat danau ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda sesuai Namanya. Seperti Danau Asam dengan air pH rendah dan rasanya asam, atau Danau Minyak yang permukaannya terlihat berkilau, seperti minyak mengambang. 

Di sekitar Danau Belibis terdapat padang ilalang yang tumbuh liar yang menjadikan danau ini salah satu spot foto menarik di sana. Untuk masuk ke tempat wisata ini tak dikenakan biaya alias gratis. Lokasi ini berada di Dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung. 

5. Muncak Teropong Laut

Muncak Teropong Laut
Muncak Teropong Laut

Tempat wisata di Lampung yang tak kalah menarik yaitu Muncak Teropong Laut. Tempat ini menyuguhkan keindahan Teluk Lampung beserta perkotaan dari atas ketinggian. Birunya laut dan sejumlah pulau kecil akan menjadi latar berfoto yang kian cantik menjelang matahari terbenam. Terdapat sejumlah gardu berbentuk unik yang bisa kamu gunakan untuk spot foto. Jika dilihat secara jeli, tempat ini terlihat seperti versi mininya The Lodge Maribaya, Bandung ya. 

Untuk tiket masuknya masih terjangkau, yakni sebesar Rp5.000 saja. Parkir motor dikenakan biaya Rp5.000, sedangkan untuk mobil Rp10.000. lokasi tempat wisata ini berada di Desa Muncak, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung. 

6. Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus

Mata Air Way Sumpuk
Mata Air Way Sumpuk

Tempat wisata di Lampung yang satu ini sangat unik banget. Mata Air Way Sumpuk mulai hits pada 2016 akhir dan menjadi salah satu spot foto underwater yang murah meriah, tapi hasilnya tetap kece. Spot underwater ini menawarkan suasana wisata yang sangat unik. Airnya sangat bening, dan di dalamnya juga terdapat objek tenda, laptop dan benda lain yang bisa digunakan untuk berfoto. 

Tiket masuk ke lokasi ini gratis, dan hanya dikenakan biaya parkir saja. Lokasi Mata Air Way Sumpuk ini berada di Desa Umbul Buah Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus, Lampung. 7. Kebun Karet Trikora

7. Kebun Karet Trikora

Kebun Karet Trikora
Kebun Karet Trikora

Kebun karet Trikora merupakan destinasi wajib yang harus kamu kunjungi karena pesona yang disuguhkan mirip dengan pemandangan luar negeri lho. Kebun Karet Trikora menggambarkan seolah terowongan alam yang terbentuk dari rimbunnya pohon karet. Cocok banget untuk mengabadikan momen di lokasi itu instagramable banget. Perkebunan Karet Trikora yang ada di Lampung Selatan ini dikatakan mirip banget dengan pemandangan di Korea Selatan.  

Pohon-pohon karet di sebelah kanan dan kiri jalan saling bertautan, sehingga membentuk terowongan alami yang menakjubkan. Area perkebunan ini di bawah kepemilikan PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN 7). Disarankan jika kamu berkunjung kesini pada sore hari ya sekitar pukul 15.00 – 17.00 WIB. Karena penerangan disana sangat minim, maka tidak disarankan untuk berkunjung pada malam hari. Lokasi tempat ini berada 20 km dari Kota Bandar Lampung, tepatnya di Perkebunan Karet Trikora, Desa Rejomulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.

8. Bukit Kumbang, Bakauheni


Bukit Kumbang, Bakauheni
Bukit Kumbang

Rekomendasi tempat wisata di Lampung selanjutnya ada Bukit Kumbang, Bakauheni. Di Puncak Bukit Kumbang ini terdapat sebuah kuil milik sepasang suami istri etnis Tionghoa yang berasal dari Cilegon, Banten. Meski kuil tersebut mereka kelola secara pribadi, namun keindahannya kerap mengundang orang untuk berkunjung.  Buat kamu yang penasaran dan ingin mengunjungi kuil ini, kamu harus trekking dengan medan yang cukup curam. 

Meski begitu usaha itu akan dibalas dengan pemandangan laut dari atas bukit yang sangat menawan. Tak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjungi lokasi kuil ini. Wisata ini berada di daerah Bukit Kumbang, Sumur, Bakauheni. 9. Alam Wawai Eco Park

9. Alam Wawai Eco Park

Alam Wawai Eco Park
Alam Wawai Eco Park

Tempat wisata di Lampung lainnya yaitu Alam Wawai Eco Park. Tempat ini menawarkan suasana ramah lingkungan dan dapat menjadi destinasi di akhir pekan. Alam Wawai Eco Park ini memiliki area perkemahan yang unik menyerupai pemukiman suku Indian. Tempat ini terdapat ampitheater untuk menonton pertunjukkan musik.  Wisata ini di buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk hari biasa dikenakan biaya Rp15.000, untuk akhir pekan sebesar Rp20.000. 

Untuk menuju ke lokasi Alam Wawai Eco Park tidaklah sulit dari pusat kota Bandar Lampung. Hanya berjarak sekitar 1 km dan waktu setengah jam untuk sampai ke lokasi. Lokasi tepatnya di Jl. H. Hasan Rais, Sukadana Ham, Tanjung Karang Barat, Sukadana Ham, Tj. Karang Bar., Kota Bandar Lampung, Lampung. 

10. Puncak Mas

Puncak Mas
Puncak Mas

Tempat wisata di Lampung ini menyuguhkan pemandangan indah bukit hijau dengan semilir angin sejuk. Tak heran jika tempat wisata ini menjadi destinasi favorit para wisatawan. Waktu terbaik untuk datang ke sini yaitu menjelang matahari terbenam atau malam hari. Pada saat senja, pemandangan langit kemerahan dari Puncak Mas akan terlihat sangat eksotis. 

Tiket masuknya sekitar Rp10.000 per orang. Lokasinya berada di Jalan H. Hamim RJP, Sukadana Ham, Tj. Karang Bar, Bandar Lampung. 

11. Goa Pantai Minang Rua, Bakauheni 

Goa Pantai Minang Rua, Bakauhen
Goa Pantai Minang Rua, Bakauhen

Pantai Minang Rua merupakan destinasi wisata yang berada di Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Pantai Minang Rua memiliki pasir putih yang bersih, serta beberapa bebatuan yang unik. Tiket masuknya sebesar Rp5.000 per orang. 

Biaya Parkir Rp 2.000. Bagi pengunjung yang ingin ke pantai ini cukup membayar uang masuk dan juga uang parkir dengan besaran Rp5.000 untuk sepeda motor dan mobil Rp10.000. Untuk hari besar, biaya parkir motor Rp10.000, mobil Rp20.00. lokasinya berada di Kelawi, Bakauheni, Lampung Selatan. 

12. Pulau Tegal Mas

Pulau Tegal Mas
Pulau Tegal Mas

Pulau ini merupakan pulau yang dikembangkan sebagai destinasi wisata andalan baru di Lampung. Tak kalah dengan pulau dan pantai eksotis di Bali, pasir putih, birunya laut, serta cottage dan vila bergaya tropical mewarnai Pulau Tegal Mas. Obyek wisata ini dikelola pada tahun 2017 lalu. Karena pesona keindahannya, pulau dengan luas 113 hektar ini terbilang sukses menyedot animo wisatawan untuk berkunjung. Harga tiket masuknya sebesar Rp25.000 per orang (belum termasuk sewa alat). 

Alamatnya berada di Jalan Teluk Lampung, Pidada, Panjang, Kabupaten Pesawaran, Lampung. 

Itulah rekomendasi tempat wisata di Lampung yang wajib kamu kunjungi. Informasi tersebut dikutip dari berbagai sumber. Bagi kamu yang ingin berlibur di akhir pekan ini tetap patuhi protokol Kesehatan ya.